ARTIKEL

MANFAAT MANDI AIR HANGAT UNTUK MENGATASI FLU DAN BATUK PADA ANAK

Wednesday, 27 July 2022

SHARE      

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Bagi kebanyakan orangtua, mengajak Si Kecil untuk mandi air hangat merupakan cara yang sering dilakukan untuk mengatasi flu dan batuk pada anak. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena ternyata mandi air hangat bisa memberikan manfaat yang cukup baik bagi tubuh anak saat sedang sakit. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

 

Flu dan batuk pada anak

Pada anak-anak, flu dan batuk merupakan penyakit yang sulit dipisahkan dan seringkali terjadi. Tak perlu khawatir, karena kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi sebagai respon tubuh terhadap infeksi virus atau benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan, seperti debu, polusi, atau allergen (pemicu alergi). Saat flu, umumnya anak akan mengalami beberapa gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, demam ringan, nafsu makan yang berkurang, hingga batuk.

 

Meredakan flu dan batuk pada anak dengan mandi air hangat

Saat anak sakit flu dan batuk, maka menandakan bahwa daya tahan tubuhnya sedang dalam kondisi yang kurang baik. Namun tak perlu khawatir, Moms bisa mengatasi keluhan yang satu ini dengan perawatan mandiri di rumah kok, salah satunya adalah mandi dengan air hangat. Namun perlu diingat bahwa manfaat mandi air hangat hanya sebatas meringankan gejala flu dan batuk ya Moms, bukan menyembuhkannya secara total. Umumnya, gejala flu dan batuk ini akan mereda dengan sendirinya dalam hitungan hari dan dengan perawatan maksimal di rumah.

 

Baca Juga: Selain Flu, Ini Dia Penyebab Anak Demam Tiba-tiba yang Harus Moms Waspadai!

 

Selain meringankan gejala flu dan batuk seperti hidung tersumbat, mandi air hangat saat anak sakit juga bisa memberikan manfaat lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, sehingga Si Kecil bisa istirahat dengan lebih nyaman.
  • Udara lembap dari uap air yang keluar bisa mencairkan lendir yang tersumbat di dalam hidung, sehingga bisa dikeluarkan dengan lebih mudah.
  • Membantu meredakan sakit kepala yang muncul saat anak mengalami flu dan batuk.
  • Meredakan rasa nyeri badan saat anak sakit.

 

Cara mengatasi flu dan batuk pada anak

Selain mandi air hangat, berikut ini beberapa cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

  • Menghindari konsumsi makanan atau minuman tinggi gula pada anak. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga proses penyembuhan flu dan batuk anak menjadi lebih lama.
  • Menghindari makanan berminyak karena bisa memperparah peradangan di saluran pernapasan.
  • Memenuhi kebutuhan air minum anak saat flu dan batuk dengan cara memberinya air hangat untuk menenangkan tenggorokan sekaligus membantu mendorong virus dan bakteri yang menempel dan segera dikeluarkan melalui saluran pencernaan.
  • Pastikan Si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup, salah satunya adalah dengan menjauhkan gadget dari jangkauannya.

 

Jika keluhannya cukup mengganggu, Moms juga bisa mengatasinya dengan memberikan obat flu dan batuk khusus anak-anak yang memiliki kandugan sebagai berikut.

 

  • Paracetamol untuk menurunkan demam 
  • Guaifenesin dan Bromhexine yang berperan mengencerkan dan mengeluarkan dahak
  • Phenylephrine (PE) yang bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan. Jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak, berikan obat flu dan batuk yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

 

Selain itu, pastikan bahwa obat flu dan batuk khusus anak yang Moms berikan memiliki rasa yang disukai anak-anak ya, Moms. Dengan begini, momen minum obat menjadi lebih menyenangkan dan proses penyembuhannya bisa berjalan dengan lebih cepat, deh.

 

 

 

 

Baca Juga:

  BACA JUGA

Cara Mengatasi Flu dan Batuk Pada Anak

Selain dengan memberikan perhatian penuh pada anak saat sakit, yuk simak cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

Artikel16/06/2021