ARTIKEL

ANAK PANAS KARENA BATUK PILEK, WAJAR ATAU TIDAK, YA?

Tuesday, 02 February 2021

Anak Panas karena Batuk Pilek, Wajar atau Tidak, Ya?

Anak panas karena batuk pilek bukanlah hal yang harus Moms takutkan. Namun, lain ceritanya jika hal ini terjadi di masa pandemi, di mana akan menimbulkan satu kepanikan baru bagi para orang tua. Tapi tak perlu panik berlebihan Moms, karena umumnya demam ini adalah hal yang wajar terjadi sebagai respon tubuh saat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh saat anak mengalami flu dan batuk. Kondisi ini biasanya juga akan membaik dengan sendirinya dalam dua atau tiga hari jika Moms melakukan beberapa hal berikut ini.

Memastikan Anak Istirahat dengan Cukup Saat Anak Panas karena Batuk Pilek

Demam yang terjadi saat anak batuk pilek atau flu biasanya hanya terjadi dalam waktu yang singkat dan suhunya tidak terlalu tinggi. Hal ini terjadi akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh anak akibat infeksi virus yang dialaminya. Nah, agar demam anak cepat turun, pastikan selalu Si Kecil istirahat dengan cukup setiap harinya terutama saat sakit ya, Moms. Tujuannya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuhnya sehingga Si Kecil bisa sehat kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Membatasi Kegiatannya di Rumah

Saat anak panas karena anak batuk pilek, langkah selanjutnya yang bisa Moms lakukan adalah dengan membatasi kegiatannya di rumah, termasuk waktu bermainnya. Cara ini harus dilakukan agar anak bisa beristirahat dengan cukup dan juga tidak menularkan penyakitnya ke anggota keluarga lainnya. Pastikan bahwa Si Kecil juga selalu memakai masker dan juga mencuci tangan setelah beraktivitas ya, Moms.

Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Demam yang menyerang anak saat flu dan batuk juga bisa memicu dehidrasi. Untuk mengatasinya, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya, terutama air hangat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mendorong virus yang menempel di saluran pernapasannya (tenggorokan).

Cara Meredakan Anak Batuk Pilek dengan Memberikan Obat Flu dan Batuk

Cara meredakan batuk pada anak agar kondisi anak tak memburuk, Moms juga bisa memberikan obat khusus anak seperti bodrexin Flu & Batuk PE yang dilengkapi dengan kandungan PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan yang sangat efektif untuk melegakan hidung tersumbat saat flu dan juga mengandung Guaifenesin dan Bromhexine flu untuk meredakan batuk berdahak yang menyertai.

Obat flu dan batuk untuk anak

Namun, jika flu Si Kecil disertai batuk tidak berdahak, cara meredakan anak batuk pilek bisa memberikannya bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH dengan kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan batuk tidak berdahak dan beberapa gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Dengan begini, demam Si Kecil bisa segera menurun.

Obat flu dan Batuk anak tidak berdahak

Tak perlu khawatir, kedua obat ini hadir dalam kemasan sirup obat batuk dengan rasa jeruk manis yang disukai oleh anak, sehingga momen minum obat Si Kecil bisa menjadi lebih menyenangkan. Moms bisa mendapatkan kedua obat ini dengan membelinya di Alfamart atau secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia,>Blibli dan >Lazada. Agar persediaan obat di rumah makin lengkap, beli juga varian obat dari bodrexin.

Bagaimana Demam yang Berbahaya?

Anak panas saat batuk pilek menjadi hal yang tidak wajar dan berbahaya jika suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius dan disertai kejang, kehilangan kesadaran, diare, dan gejala lainnya. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Sebagai bentuk usaha pencegahan penyakit berbahaya, salah satunya COVID-19, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, dan menjalankan pola hidup sehat dengan baik ya, Moms.

Source: alodokter, sehatQ

  BACA JUGA