ARTIKEL

APAKAH CARA MENGOMPRES ANAK DEMAM YANG MOMS LAKUKAN SELAMA INI SUDAH BENAR

Wednesday, 16 March 2022

Apakah Cara Mengompres Anak Demam yang Moms Lakukan Selama ini Sudah Benar

Saat anak demam, mengompresnya menggunakan air hangat seringkali menjadi solusi utama untuk mengatasinya. Meski tak langsung membuat demam pada anak langsung hilang, setidaknya cara yang satu ini bisa membantu membuka pori-pori tubuh agar panas tubuh bisa keluar, sehingga proses penyembuhannya bisa berjalan lebih cepat. Namun, sudahkah cara mengompres yang selama ini Moms lakukan sudah benar? Yuk, cek sekarang juga!

 

Cara mengompres anak demam

1. Mengompres menggunakan air hangat

Cara mengompres anak demam yang benar adalah dengan menggunakan kain bersih atau handuk kecil yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Sebagai catatan, pastikan suhu air yang Moms gunakan tidak melebihi panas tubuh Si Kecil saat mereka demam, ya. Contohnya, saat demam anak mencapai 39 derajat, maka gunakan air hangat dengan suhu antara 34-37 derajat untuk mengompresnya.

Hindari untuk mengompres anak menggunakan air dingin atau air es ya, Moms. Dilansir dari Hellosehat.com, demam merupakan cara tubuh untuk menjaga suhunya tetap normal. Namun, saat mengompres tubuh menggunakan air bersuhu dingin justru bisa dianggap sebagai ancaman oleh sistem imun, sehingga tubuh akan semakin meningkatkan suhunya dan demam tak kunjung turun. Selain itu, pastikan juga untuk beristirahat di ruangan tanpa AC (suhu ruangan) dan mandikan Si Kecil menggunakan air hangat agar demamnya cepat turun.

 

Baca Juga: Demam Anak Naik Turun Selama 2 Minggu

 

2. Mengompres di beberapa bagian tubuh yang tepat

Tak sembarang mengompres menggunakan air hangat, pastikan juga bahwa Moms sudah meletakkan kain kompresan di bagian tubuh yang tepat, yaitu di bagian dahi, leher, lipatan ketiak, dan lipatan paha (selangkangan) selama 10 menit agar lebih efektif. Dilansir dari Kompas.com, panas tubuh saat anak demam akan keluar melalui pembuluh-pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit, dan diantaranya adalah beberapa titik tadi.

Saat mengompres anak demam, cobalah untuk membuka baju Si Kecil dan memeras kain atau handuk yang digunakan agar tidak membasahi bajunya. Jika kain sudah tidak lagi hangat, rendam lagi ke dalam air hangat dan ulang proses mengompresnya ke beberapa bagian tubuh yang dianjurkan. Setelah selesai, berikan pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tebal, mudah menyerap keringat, dan nyaman untuk digunakan oleh Si Kecil. Hindari memberikannya jaket, selimut, atau kaos kaki ya Moms, karena hal ini justru bisa menjebak panas tubuhnya tidak bisa keluar dan demam tak kunjung turun.

 

3. Mengompres dengan cara menyeka

Selain mengompres di bagian dahi, leher, lipatan paha, dan lipatan ketiak, Moms juga bisa mengompresnya dengan cara menyeka seluruh bagian tubuh anak demam dengan menggunakan air hangat. Tak hanya mengompres, cara yang satu ini juga bisa dijadikan solusi untuk memandikan anak saat demam. Namun, pastikan untuk segera mengelapnya hingga kering sehingga anak tidak kedinginan ya, Moms.

 

4. Memandikan Anak dengan Air Hangat

Saat anak demam, Moms pasti memilih untuk tidak memandikan mereka dengan beragam alasan. Padahal memandikan anak saat demam dengan air hangat itu diperbolehkan lho moms. Gunakan suhu air hangat yang tepat, yaitu sekitar 30-32 derajat Celcius. Selain menurunkan suhu tubuh, memandikan anak dengan air hangat saat demam juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh anak dari kuman yang ada di kulit. Setelah dimandikan, pastikan untuk segera mengeringkan tubuh anak dan memakaikannya pakaian agar anak tidak kedinginan.

 

Cara Lain Mengatasi Demam pada Anak

Setelah membaca cara mengompres anak demam di atas, apakah teknik yang Moms lakukan selama ini sudah benar? Tak cukup hanya dengan mengompresnya menggunakan air hangat, Moms juga bisa mengatasi anak demam dengan memberikannya obat penurun panas yang sesuai usianya dan memiliki kandungan Paracetamol yang bereaksi lebih cepat meredakan demam anak. Nah, agar momen minum obatnya menjadi lebih menyenangkan, sebaiknya pilih obat khusus anak-anak yang umumnya memiliki rasa buah yang disukainya. Dengan begini, proses penyembuhannya bisa berjalan lebih cepat dan Moms tak perlu panik lagi anak demam, deh.

Artikel Lainnya: Anak Demam Saat Berpuasa, Sebaiknya Apa yang Harus Moms Lakukan?

bodrexin demam forte

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022