ARTIKEL

SELAIN FLU, INI DIA PENYEBAB ANAK DEMAM TIBA-TIBA YANG HARUS MOMS WASPADAI!

Wednesday, 20 July 2022

SHARE      

Selain Flu, Ini Dia Penyebab Anak Demam Tiba-tiba yang Harus Moms Waspadai!

Tak hanya flu, ternyata masih banyak penyebab anak demam tiba-tiba yang jarang sekali kita sadari. Meski bukanlah penyakit yang serius, namun peningkatan suhu pada anak apalagi saat angka kenaikan penularan virus seperti saat ini harus segera diatasi dengan baik sebelum menimbulkan keluhan yang lebih parah. Tentunya Moms tidak ingin Si Kecil mengalaminya, bukan?

 

Penyebab anak demam tiba-tiba

Agar lebih waspada, yuk simak beberapa kemungkinan penyebab demam yang dialami oleh anak secara tiba-tiba berikut ini, Moms!

 

1. Anak mengalami dehidrasi

Dilansir dari laman situs Okezone.com, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab demam pada anak, terutama mereka yang aktif bermain di luar rumah saat cuaca panas. Paparan sinar matahari inilah yang akan menghilangkan cairan tubuh dan memicu peningkatan suhu badan Si Kecil. Jika dibiarkan begitu saja, maka anak bisa mengalami dehidrasi yang juga disertai gejala lain seperti mata terlihat cekung, kulit tidak elastis, anak rewel, dan mudah lelah. 

2. Stres

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalami stress yang memicu menurunnya sistem imun tubuhnya, sehingga lebih mudah mengalami demam. Umumnya, stress yang terjadi pada anak muncul saat ia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya, misalnya berada di sekolah baru, lingkungan permainan yang masih terasa asing, atau saat harus bertemu banyak orang setelah sekian lama tidak berjumpa.

3. Gejala demam berdarah

Si Kecil termasuk anak yang aktif bermain di luar rumah? Jika iya, maka Moms harus lebih waspada, karena mereka akan lebih mudah terkena gigitan nyamuk penyebab demam berdarah. Kondisi inilah yang bisa menjadi penyebab anak demam tiba-tiba, berlangsung dalam waktu yang lama, muncul bercak merah, tubuh terasa lemas, dan gejala demam berdarah lainnya.

 

Baca Juga: Anak Panas Tinggi 39 Derajat

 

Nah, dari ketiga penyebab anak demam tiba-tiba di atas, mana yang paling mungkin dialami oleh anak jika dilihat dari kebiasaannya setiap hari, Moms? Jika Si Kecil mulai menunjukkan gejala demamnya, segera redakan dengan beberapa cara berikut ini, ya!

  • Jika Si Kecil demam akibat dehidrasi, atasi dengan mengajak Si Kecil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya dengan minum air mineral maksimal delapan gelas setiap harinya. 
  • Moms bisa memberikan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat, dengan begini panas tubuhnya tidak terjebak dan suhu tubuhnya bisa kembali normal dalam waktu yang cepat.
  • Mengompres menggunakan air hangat di bagian kening, lipatan paha, dan lipatan ketiak untuk membantu menurunkan panas tubuhnya.
  • Membatasi kegiatan Si Kecil di rumah dan memastikan bahwa Si Kecil istirahat dengan cukup.
  • Memberikan obat penurun demam yang mengandung Paracetamol dan juga obat yang mengandung rasa yang disukai oleh anak-anak.

 

Pastikan juga untuk selalu mengawasi perkembangan kondisi tubuh Si Kecil ya, Moms. Jika ada gejala lain yang menyertai, segera konsultasikan pada dokter untuk mencegah keluhannya menjadi lebih parah dan Si Kecil bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat untuk membatu proses pemulihannya, deh. Cermati juga bahwa kini terdapat obat demam anak yang sesuai usia anak lho, moms.

 

bodrexin sirup rasa jeruk

 

Baca Juga:

  BACA JUGA

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Ternyata mandi air hangat bisa memberikan manfaat yang cukup baik bagi tubuh anak saat sedang sakit. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

Artikel27/07/2022

Mengapa Anak Tidak Nafsu Makan Saat Flu Batuk Ya, Moms? Simak Tips Mengatasinya!

Saat Si Kecil mengalami flu batuk, membuat nafsu makannya menurun. Tak perlu khawatir, beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Artikel29/06/2022

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022