ARTIKEL

SELAIN FLU, INI DIA PENYEBAB ANAK DEMAM TIBA-TIBA YANG HARUS MOMS WASPADAI!

Wednesday, 20 July 2022

Selain Flu, Ini Dia Penyebab Anak Demam Tiba-tiba yang Harus Moms Waspadai!

Tak hanya flu, ternyata masih banyak penyebab anak demam tiba-tiba yang jarang sekali kita sadari. Meski bukanlah penyakit yang serius, namun peningkatan suhu pada anak apalagi saat angka kenaikan penularan virus seperti saat ini harus segera diatasi dengan baik sebelum menimbulkan keluhan yang lebih parah. Tentunya Moms tidak ingin Si Kecil mengalaminya, bukan?

 

Penyebab anak demam tiba-tiba

Agar lebih waspada, yuk simak beberapa kemungkinan penyebab demam yang dialami oleh anak secara tiba-tiba berikut ini, Moms!

 

1. Anak mengalami dehidrasi

Dilansir dari laman situs Okezone.com, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab demam pada anak, terutama mereka yang aktif bermain di luar rumah saat cuaca panas. Paparan sinar matahari inilah yang akan menghilangkan cairan tubuh dan memicu peningkatan suhu badan Si Kecil. Jika dibiarkan begitu saja, maka anak bisa mengalami dehidrasi yang juga disertai gejala lain seperti mata terlihat cekung, kulit tidak elastis, anak rewel, dan mudah lelah. 

2. Stres

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa mengalami stress yang memicu menurunnya sistem imun tubuhnya, sehingga lebih mudah mengalami demam. Umumnya, stress yang terjadi pada anak muncul saat ia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya, misalnya berada di sekolah baru, lingkungan permainan yang masih terasa asing, atau saat harus bertemu banyak orang setelah sekian lama tidak berjumpa.

3. Gejala demam berdarah

Si Kecil termasuk anak yang aktif bermain di luar rumah? Jika iya, maka Moms harus lebih waspada, karena mereka akan lebih mudah terkena gigitan nyamuk penyebab demam berdarah. Kondisi inilah yang bisa menjadi penyebab anak demam tiba-tiba, berlangsung dalam waktu yang lama, muncul bercak merah, tubuh terasa lemas, dan gejala demam berdarah lainnya.

 

Baca Juga: Anak Panas Tinggi 39 Derajat

 

Nah, dari ketiga penyebab anak demam tiba-tiba di atas, mana yang paling mungkin dialami oleh anak jika dilihat dari kebiasaannya setiap hari, Moms? Jika Si Kecil mulai menunjukkan gejala demamnya, segera redakan dengan beberapa cara berikut ini, ya!

  • Jika Si Kecil demam akibat dehidrasi, atasi dengan mengajak Si Kecil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya dengan minum air mineral maksimal delapan gelas setiap harinya. 
  • Moms bisa memberikan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat, dengan begini panas tubuhnya tidak terjebak dan suhu tubuhnya bisa kembali normal dalam waktu yang cepat.
  • Mengompres menggunakan air hangat di bagian kening, lipatan paha, dan lipatan ketiak untuk membantu menurunkan panas tubuhnya.
  • Membatasi kegiatan Si Kecil di rumah dan memastikan bahwa Si Kecil istirahat dengan cukup.
  • Memberikan obat penurun demam yang mengandung Paracetamol dan juga obat yang mengandung rasa yang disukai oleh anak-anak.

 

Pastikan juga untuk selalu mengawasi perkembangan kondisi tubuh Si Kecil ya, Moms. Jika ada gejala lain yang menyertai, segera konsultasikan pada dokter untuk mencegah keluhannya menjadi lebih parah dan Si Kecil bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat untuk membatu proses pemulihannya, deh. Cermati juga bahwa kini terdapat obat demam anak yang sesuai usia anak lho, moms.

 

bodrexin sirup rasa jeruk

 

Baca Juga:

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023