ARTIKEL

WEDANG JAHE, SALAH SATU CARA MENGATASI BATUK PADA ANAK SECARA ALAMI

Wednesday, 25 May 2022

Wedang Jahe, Salah Satu Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

Tak hanya berlaku bagi orang dewasa, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi batuk pada anak secara alami. Lantas, apa yang menjadikan jahe sebagai bahan alami yang sangat baik untuk meredakan batuk? Simak penjelasannya berikut ini yuk, Moms!

 

Manfaat jahe untuk mengatasi batuk pada anak secara alami

Kandungan zat anti-inflamasi dan antitusif yang terdapat pada jahe menjadi alasan mengapa banyak orang memanfaatkannya untuk keperluan kesehatan, salah satunya adalah untuk meredakan batuk, baik pada orang dewasa maupun batuk pada anak. Dilansir dari Alodokter.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan gingerol yang terdapat dalam jahe juga bisa melegakan saluran pernapasan sehingga mampu mengurangi gejala sesak napas atau asma yang seringkali muncul ketika seseorang mengalami batuk.

Tak hanya meredakan batuk, jahe juga dikenal sebagai bahan alami yang bisa meredakan keluhan sakit tenggorokan berkat kandungan zat anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan manusia.

 

Baca Juga: Mengenal Kehebatan Si Jahe sebagai Obat Batuk Herbal Alami untuk Anak

 

Cara memanfaatkan jahe sebagai obat batuk pada anak secara alami

Kalau pada umumnya orang dewasa akan mengonsumsinya dalam kondisi mentah atau dengan meminum air rebusan jahe untuk mengatasi batuk sekaligus menghangatkan tenggorokan, maka lain ceritanya jika ingin memberikannya pada Si Kecil. Agar rasanya lebih nikmat, Moms bisa menambahkan susu dan madu pada air rebusan jahe, sehingga Si Kecil lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

 

Jika Moms tertarik, berikut ini langkah membuat wedang jahe nikmat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk pada anak.

  • Pilih dan gunakan jahe dengan kualitas yang bagus, cuci bersih, kemudian kupas kulitnya. Setelah itu, iris tipis jahenya dan digeprek sebelum merebusnya ke dalam air bersih.
  • Panaskan air, masukkan irisan jahe, dan biarkan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, tiriskan dan saring air rebusan jahenya.
  • Tambahkan madu dan susu saat air rebusan jahe sudah hangat atau suam-suam kuku, kemudian aduk rata.
  • Wedang jahe siap dikonsumsi Si Kecil, deh.

 

Baca Juga: Bahan Alami Herbal Jamu Anak Kecil Untuk Batuk Kering, Apa Saja Ya?

 

Cara efektif lain yang bisa Moms lakukan untuk meredakan batuk pada anak adalah dengan memberikan bodrexin Herbal Batuk dengan kandungan 10 bahan alami, salah satunya jahe yang juga bisa melegakan tenggorokan. Hadir dalam kemasan sachet yang praktis, bodrexin Herbal Batuk merupakan obat batuk dalam bentuk sirup dengan rasa madu yang manis dan disukai anak-anak. Dengan begini, momen minum obat Si Kecil menjadi lebih menyenangkan, deh.

 

bodrexin herbal batuk

Yuk, lengkapi persediaan obat batuk anak di rumah dengan bodrexin Herbal Batuk yang bisa Moms beli di toko obat kesayangan sekarang juga!

 

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA