ARTIKEL

BAHAN ALAMI HERBAL JAMU ANAK KECIL UNTUK BATUK KERING, APA SAJA YA?

Monday, 10 May 2021

Bahan Alami Herbal Jamu Anak Kecil Untuk Batuk Kering, Apa Saja Ya?

Meracik sendiri ramuan herbal batuk kering dan berdahak untuk anak memang hal yang cukup menyenangkan. Pasalnya, banyak bahan herbal yang bisa kita manfaatkan dan didapatkan dengan mudah pula. Bahkan, kita juga bisa menanamnya di halaman rumah lho, Moms. Apa saja ya bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk anak?

Jamu Anak Kecil untuk Batuk Kering dari Jahe

Ramuan herbal batuk kering untuk anak yang pertama adalah jahe. Tak hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita, jahe juga seringkali dimanfaatkan sebagai obat pereda batuk berkat kandungan minyak esensial, antioksidan, gingerol, zingerone, dan shogaol di dalamnya. Selain itu, jahe juga bersifat analgesic dan mengandung oleoresin yang dikenal akan kemampuan antitusif untuk mengurangi sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Untuk mengonsumsi jamu anak kecil, Moms bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Membersihkan jahe, kemudian geprek hingga pipih.
  • Panaskan air matang menggunakan panci, lalu masukkan jahe ke dalamnya. Diamkan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, saring air rebusan jahe dan tunggu hingga hangat.
  • Agar lebih nikmat, Moms bisa menambahkan gula merah atau madu secukupnya untuk membuat rasa air jahe ini menjadi manis dan juga menghangatkan tenggorokan Si Kecil.

Thymi Herba

Dilansir dari Healthline.com, selain digunakan sebagai bahan masakan, Thyme atau Thymi herba juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan ramuan herbal untuk mengatasi batuk pada anak secara alami, serta mengobati berbagai gangguan pernapasan. Hal ini dikarenakan Tymi herba mengandung senyawa aktif yang disebut flavonoid, serupa dengan antioksidan yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Ditambah lagi, Thymi herba juga mengandung timol dan karvakrol yang berfungsi sebagai ekspektoran yang akan membantu melegakan tenggorokan anak saat batuk. Dengan begini, Si Kecil bisa istirahat dengan lebih nyenyak dan nyaman, deh.

Madu

Bahan alami selanjutnya yang juga sangat mudah didapatkan untuk membantu mengobati batuk anak adalah madu. Dilansir dari laman online Kompas.com, sebuah penelitian menemukan bahwa memberikan madu pada anak 30 menit sebelum tidur di  malam hari bisa membantu meredakan batuk dan membuat tidurnya menjadi lebih nyaman lho, Moms. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan dalam madu sebagai perlawanan terhadap beberapa penyakit, seperti batuk sebagai salah satu gejala pilek pada anak.

Baca Juga: Tetap Tenang, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Sebelum Pergi ke Dokter

Daun Cengkeh

Sama halnya dengan Thymi herba, daun cengkeh juga berfungsi sebagai ekspektoran yang bisa membantu meringankan flu dan batuk berkat kandungan eugenol yang bersifat anti jamur dan bakteri di dalamnya. Maka tidak heran kalau banyak orang akan memanfaatkan daun cengkeh sebagai teh untuk dikonsumsi saat batuk melanda.

Jamu anak kecil untuk batuk kering dan berdahak ini tentu bisa Moms racik sendiri di rumah. Namun, sebagai pertolongan paling cepat dan efektif untuk anak saat batuk, Moms juga bisa memberikan obat batuk untuk anak-anak seperti bodrexin Herbal Batuk yang juga mengandung beberapa bahan alami seperti jahe, madu, daun cengkeh, Thymi herba, kayu manis, dan jeruk nipis untuk meringankan batuk anak. Hadir dalam kemasan sirup manis rasa madu, praktis, mudah dibawa, dan sudah sesuai dosis yang dianjurkan, bodrexin Herbal Batuk sangat cocok diminum bagi anak usia dua tahun ke atas untuk membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan saat batuk.

Yuk, buat tidur Si Kecil kembali nyenyak di malam hari dengan menyediakan selalu menyediakan obat dan siap memberikan pelukan hangat dan uluran tangan saat mereka sakit, Moms!

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022