ARTIKEL

BAHAN ALAMI HERBAL JAMU ANAK KECIL UNTUK BATUK KERING, APA SAJA YA?

Monday, 10 May 2021

SHARE      

Bahan Alami Herbal Jamu Anak Kecil Untuk Batuk Kering, Apa Saja Ya?

Meracik sendiri ramuan herbal batuk kering dan berdahak untuk anak memang hal yang cukup menyenangkan. Pasalnya, banyak bahan herbal yang bisa kita manfaatkan dan didapatkan dengan mudah pula. Bahkan, kita juga bisa menanamnya di halaman rumah lho, Moms. Apa saja ya bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk anak?

Jamu Anak Kecil untuk Batuk Kering dari Jahe

Ramuan herbal batuk kering untuk anak yang pertama adalah jahe. Tak hanya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita, jahe juga seringkali dimanfaatkan sebagai obat pereda batuk berkat kandungan minyak esensial, antioksidan, gingerol, zingerone, dan shogaol di dalamnya. Selain itu, jahe juga bersifat analgesic dan mengandung oleoresin yang dikenal akan kemampuan antitusif untuk mengurangi sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Untuk mengonsumsi jamu anak kecil, Moms bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Membersihkan jahe, kemudian geprek hingga pipih.
  • Panaskan air matang menggunakan panci, lalu masukkan jahe ke dalamnya. Diamkan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, saring air rebusan jahe dan tunggu hingga hangat.
  • Agar lebih nikmat, Moms bisa menambahkan gula merah atau madu secukupnya untuk membuat rasa air jahe ini menjadi manis dan juga menghangatkan tenggorokan Si Kecil.

Thymi Herba

Dilansir dari Healthline.com, selain digunakan sebagai bahan masakan, Thyme atau Thymi herba juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan ramuan herbal untuk mengatasi batuk pada anak secara alami, serta mengobati berbagai gangguan pernapasan. Hal ini dikarenakan Tymi herba mengandung senyawa aktif yang disebut flavonoid, serupa dengan antioksidan yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Ditambah lagi, Thymi herba juga mengandung timol dan karvakrol yang berfungsi sebagai ekspektoran yang akan membantu melegakan tenggorokan anak saat batuk. Dengan begini, Si Kecil bisa istirahat dengan lebih nyenyak dan nyaman, deh.

Madu

Bahan alami selanjutnya yang juga sangat mudah didapatkan untuk membantu mengobati batuk anak adalah madu. Dilansir dari laman online Kompas.com, sebuah penelitian menemukan bahwa memberikan madu pada anak 30 menit sebelum tidur di  malam hari bisa membantu meredakan batuk dan membuat tidurnya menjadi lebih nyaman lho, Moms. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan dalam madu sebagai perlawanan terhadap beberapa penyakit, seperti batuk sebagai salah satu gejala pilek pada anak.

Baca Juga: Tetap Tenang, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Sebelum Pergi ke Dokter

Daun Cengkeh

Sama halnya dengan Thymi herba, daun cengkeh juga berfungsi sebagai ekspektoran yang bisa membantu meringankan flu dan batuk berkat kandungan eugenol yang bersifat anti jamur dan bakteri di dalamnya. Maka tidak heran kalau banyak orang akan memanfaatkan daun cengkeh sebagai teh untuk dikonsumsi saat batuk melanda.

Jamu anak kecil untuk batuk kering dan berdahak ini tentu bisa Moms racik sendiri di rumah. Namun, sebagai pertolongan paling cepat dan efektif untuk anak saat batuk, Moms juga bisa memberikan obat batuk untuk anak-anak seperti bodrexin Herbal Batuk yang juga mengandung beberapa bahan alami seperti jahe, madu, daun cengkeh, Thymi herba, kayu manis, dan jeruk nipis untuk meringankan batuk anak. Hadir dalam kemasan sirup manis rasa madu, praktis, mudah dibawa, dan sudah sesuai dosis yang dianjurkan, bodrexin Herbal Batuk sangat cocok diminum bagi anak usia dua tahun ke atas untuk membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan saat batuk.

Yuk, buat tidur Si Kecil kembali nyenyak di malam hari dengan menyediakan selalu menyediakan obat dan siap memberikan pelukan hangat dan uluran tangan saat mereka sakit, Moms!

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

  BACA JUGA

3 Tips Agar Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak

Bingung bagaimana Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak? Tak perlu bingung, Moms. Yuk, coba beberapa tips berikut ini.

Artikel26/05/2021

5 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami. Mana yang Ingin Moms Coba?

5 cara mengatasi batuk pada anak secara alami tidak memberikan efek samping yang membahayakan. Nah, beberapa cara berikut ini, mana yang ingin Moms coba pertama kali? Yuk, simak!

Artikel18/05/2021

Tetap Tenang, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Sebelum Pergi ke Dokter

Tak perlu panik berlebihan,berikut ini tips mengatasi anak demam yang bisa Moms lakukan di rumah, lho. Apa saja, ya?

Artikel29/04/2021