ARTIKEL

CARA MEREDAKAN BATUK ANAK SAAT TIDUR

Sunday, 07 November 2021

Cara Meredakan Batuk Anak Saat Tidur

Saat anak mengalami batuk, tidurnya pun akan terganggu di malam hari akibat tenggorokan yang gatal dan hidung tersumbat. Tak heran jika Si Kecil akan sering terbangun sepanjang malam. Jika sudah begini, bagaimana ya cara meredakan batuk pada anak saat tidur agar ia bisa beristirahat dengan lebih nyenyak?

 

Cara Meredakan Batuk Anak Saat Tidur: 

 

1. Berikan Madu, Moms!

Mengalami batuk saat tidur di malam hari rasanya tentu sangat tidak nyaman, apalagi bagi anak-anak. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, segera bangunkan dia dan berikan satu sendok madu ya, Moms. Dilansir dari Orami.com, madu dipercaya mampu mengobati batuk kering pada anak. Hal ini karena kandungan dextromethorphan di dalamnya. Selain dengan memberikannya secara langsung, Moms juga bisa mencampurkannya dengan air hangat atau teh. 

Baca Juga: Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

 

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara meredakan batuk anak saat tidur, terutama batuk kering adalah dengan mengajaknya untuk berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan satu sendok garam. Tujuannya adalah untuk mengurangi iritasi yang terjadi di saluran pernapasan (tenggorokan) akibat batuk kering. Pastikan agar Si Kecil tidak menelannya ya, Moms.

 

3. Memberikan Obat

Jika batuk terasa sangat mengganggu, maka cara meredakan batuk anak yang paling cepat adalah dengan memberikan obat batuk sesuai dengan batuk yang diderita oleh Si Kecil. Jika ia mengalami batuk kering, maka berikanlah obat yang mengandung Phenylephrine yang bekerja sebagai dekongestan serta kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. 

Namun, jika Si Kecil mengalami batuk berdahak, maka Moms bisa memberikan obat batuk yang mengandung Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan.

 

Agar tidak kebingungan saat anak batuk di malam hari, pastikan untuk melengkapi persediaan obat di rumah ya, Moms. Dengan melakukan beberapa cara meredakan batuk anak di atas, Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak di malam hari, deh.

Artikel Lainnya: Demam Anak Naik Turun Disertai Batuk Pilek

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Libur Sekolah Tiba, Tapi Kasus COVID-19 Meningkat, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Liburan sekolah namun pandemi COVID-19. Moms perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berlibur agak tetap aman dan menyenangkan.

Artikel04/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023