ARTIKEL

INI CARA BERMAIN ANAK MASA KINI

Monday, 12 October 2015

SHARE      

Ini Cara Bermain Anak Masa Kini

Anak-anak berkembang sesuai zamannya. Kita tidak bisa memaksakan cara kita pada mereka, bahkan cara bermain sekalipun. Generasi sekarang misalnya hidup di era digital. Kita menyebutnya sebagai generasi Z. Menurut pakar pendidikan Satrianawati, SPd, MPd, generasi Z suka tantangan, terbiasa dengan segala yang instan, dan cenderung tak sabaran. Permainan apa yang cocok untuk mereka agar tumbuh kembangnya juga optimal?

1. Ketika anak hendak melakukan hal yang kurang berkenan, hindari kata "jangan" namun hindarkan ia dari bahaya. Arahkan perhatian anak kepada hal-hal yang lain. Misalnya dengan mengatakan, "Sini Nak, coba lihat ini?" Rasa ingin tahu anak sangat besar sehingga mereka cenderung melakukan berbagai hal yang dilarang.

2. Sedini mungkin biasakan anak untuk memegang kertas, buku, dan alat tulis untuk membiasakan anak terlibat dalam kegiatan bermain yang belajar. Tunjukkan gambar dan ceritakan hal menyenangkan.

3. Kecenderungan untuk bersikap individualis karena terbiasa bermain sendiri (dengan gadget) perlu diantisipasi. Biasakan untuk berbagi dan berinteraksi dengan teman, di rumah atau di sekolah bahkan ajak juga anak berinteraksi dengan alam sekitar. Misalnya, ketika orangtua menyiram bunga, ajaklah anak untuk membantu. Sikap sederhana ini secara tidak langsung menumbuhkan kepedulian pada lingkungan.

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Demam pada anak naik turun, Apakah Si Kecil mengalami gejala demam berdarah? SImak gejala dan Pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021