ARTIKEL

INI CARA BERMAIN ANAK MASA KINI

Monday, 12 October 2015

Ini Cara Bermain Anak Masa Kini

Anak-anak berkembang sesuai zamannya. Kita tidak bisa memaksakan cara kita pada mereka, bahkan cara bermain sekalipun. Generasi sekarang misalnya hidup di era digital. Kita menyebutnya sebagai generasi Z. Menurut pakar pendidikan Satrianawati, SPd, MPd, generasi Z suka tantangan, terbiasa dengan segala yang instan, dan cenderung tak sabaran. Permainan apa yang cocok untuk mereka agar tumbuh kembangnya juga optimal?

1. Ketika anak hendak melakukan hal yang kurang berkenan, hindari kata "jangan" namun hindarkan ia dari bahaya. Arahkan perhatian anak kepada hal-hal yang lain. Misalnya dengan mengatakan, "Sini Nak, coba lihat ini?" Rasa ingin tahu anak sangat besar sehingga mereka cenderung melakukan berbagai hal yang dilarang.

2. Sedini mungkin biasakan anak untuk memegang kertas, buku, dan alat tulis untuk membiasakan anak terlibat dalam kegiatan bermain yang belajar. Tunjukkan gambar dan ceritakan hal menyenangkan.

3. Kecenderungan untuk bersikap individualis karena terbiasa bermain sendiri (dengan gadget) perlu diantisipasi. Biasakan untuk berbagi dan berinteraksi dengan teman, di rumah atau di sekolah bahkan ajak juga anak berinteraksi dengan alam sekitar. Misalnya, ketika orangtua menyiram bunga, ajaklah anak untuk membantu. Sikap sederhana ini secara tidak langsung menumbuhkan kepedulian pada lingkungan.

  BACA JUGA

Nafas Anak Pendek Saat Batuk, Kapan Perlu Waspada?

Batuk pada anak seringkali merupakan respons alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi saluran pernapasan. Perlu diwaspadai jika anak mengalami nafas pendek dan cepat saat batuk.

Artikel14/02/2024

Anak Lemas Saat Demam, Ini Tips Memulihkan Energinya!

Demam pada anak seringkali diiringi oleh gejala lemas, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan. Dengan perawatan yang tepat, kita dapat membantu anak pulih lebih cepat dan mengembalikan energinya.

Artikel07/02/2024

Tips Menyimpan Obat Flu Batuk Berbentuk Dry Syrup

Penyimpanan obat flu batuk berbentuk dry syrup yang tepat sangat penting untuk mencegah obat dari kerusakan serta membantu mencegah kontaminasi dan memperpanjang masa kedaluwarsa obat.

Artikel24/01/2024