ARTIKEL

TETAP TENANG, INI TIPS MENGATASI ANAK DEMAM SEBELUM PERGI KE DOKTER

Thursday, 29 April 2021

SHARE      

Tetap Tenang, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Sebelum Pergi ke Dokter

Siapa diantara Moms yang masih saja merasa sangat panik saat anak demam dan ingin langsung memeriksakannya ke dokter? Well, sebenarnya tak perlu panik berlebihan, karena biasanya ini merupakan demam biasa dan bisa diatasi dengan tips mengatasi anak demam yang bisa Moms lakukan di rumah, lho. Apa saja, ya?

Tenangkan Diri

Tips mengatasi anak demam yang pertama tentu dengan bersikap tenang dan tidak panik. Dengan begini, Moms bisa berpikir lebih jernih dan bisa menemukan solusi untuk menurunkan panas anak, mulai dari bertanya pada teman, mencari informasinya di internet, atau dengan mengonsultasikan kondisi anak secara online di beberapa aplikasi kesehatan yang saat ini mudah ditemukan. Dari sini, Moms bisa mengetahui langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan panas anak.

Memberikan Obat yang Mengandung Paracetamol

Langkah selanjutnya tentu dengan memberikan obat penurun panas yang mengandung Paracetamol, seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak. Tak boleh berlebihan, berikan dosis sesuai takaran pada anak agar proses penyembuhannya berjalan dengan lancar. Oh iya, obat ini bisa diminum sebelum makan, lho. Pastikan untuk selalu membaca dosis dan aturan pakai yang tertera di kemasan obatnya ya, Moms. 

Baca Juga: Fakta Penting Paracetamol: Obat Penurun Panas Untuk Anak!

Mengompres Menggunakan Air Hangat 

Setelah itu, Moms juga bisa mengompres beberapa bagian tubuh seperti dahi dan lipatan pembuluh darahnya (lipatan ketiak dan paha) menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Tujuannya adalah agar panas tubuhnya bisa keluar dari pori-pori tubuh. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam satu hari sampai panasnya berkurang.

Tanyakan Apakah Ada Keluhan Lain yang Menyertai

Selain panas tubuhnya yang naik, tanyakan juga apakah anak Anda mengalami keluhan lain yang menyertai, seperti sakit kepala, nyeri otot, sakit tenggorokan akibat gejala flu. Dengan begini, Moms bisa memberikan penanganan yang tepat untuk membantunya cepat sembuh dan merasa nyaman kembali dengan badannya. 

Baca Juga: Si Kecil Demam? Waspadai Beberapa Kondisi Berikut Ini Ya, Moms!

Pastikan Anak Beristirahat Total

Tips mengatasi anak demam sebelum membawanya ke dokter adalah dengan memastikan bahwa Si Kecil beristirahat total dan berhenti dari semua aktivitas hariannya. Dengan begini, daya tahan tubuh Si Kecil bisa kembali naik dan demam bisa segera turun.

Cegah Dehidrasi

Saat demam, anak banyak kehilangan cairan tubuhnya. Inilah alasan mengapa kita harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuhnya, baik melalui air mineral, buah-buahan segar, hingga makanan bergizi yang mengandung banyak air seperti sup. Mengingat bahwa anak juga akan kehilangan nafsu makannya saat demam, pastikan untuk tetap bersabar dalam membujuknya agar mau makan dan memenuhi kebutuhan nutrisinya ya, Moms.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Meski sedang demam, pastikan untuk selalu mengajak anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama sebelum makan, setelah memegang barang, setelah menggunakan toilet, atau saat kebetulan berada di dekat orang sakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dipercaya sangat ampuh untuk membunuh kuman dan juga virus yang menempel pada tubuh.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar Rumah

Saat musim pancaroba seperti saat ini, pastikan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama di sekitar rumah. Salah satu tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya penyakit demam berdarah yang mengancam keluarga Anda. Caranya adalah dengan melakukan 3M, yaitu:

  1. Menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi atau ember dan memastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk yang berkembangbiak.
  2. Menutup tempat penampungan air, seperti ember, tempayan, toren air, dan memastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk penyebab demam berdarah bertelur dan berkembangbiak.
  3. Menimbun barang bekas atau memanfaatkannya kembali menjadi barang yang terpakai.

Baca Juga: Cara Menghindari Gigitan Nyamuk Penyebar Penyakit

Pantau Perkembangan Kesehatan Anak

Setelah melakukan beberapa tips mengatasi anak demam di atas, pantau juga perkembangan kesehatan anak. Jika demam tak kunjung turun bahkan terus naik hingga 40 derajat Celcius dalam waktu tiga hari, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat ya, Moms.
Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat dan bersih untuk menjaga kesehatan keluarga. Pastikan juga Moms sudah melengkapi kebutuhan obat keluarga di rumah dengan dengan bodrexin Demam Sirup rasa jeruk yang disukai anak dengan cara membelinya langsung di minimarket terdekat atau secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada, ya!

Source: Hello Sehat, Kompas.com

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Demam pada anak naik turun, Apakah Si Kecil mengalami gejala demam berdarah? SImak gejala dan Pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021