ARTIKEL

DEHIDRASI BIKIN ANAK DEMAM, BENARKAH?

Monday, 13 August 2018

Dehidrasi Bikin Anak Demam, Benarkah?

Buah Hati seringkali mengalami demam? Sebenarnya, demam tak selalu berarti ia benar-benar sakit. Demam bisa saja muncul pasca imunisasi, berkeringat terlalu banyak, akan tumbuh gigi, dan sebab lainnya. Namun yang pasti, saat si Buah Hati sedang mengalami demam, coba perhatikan asupan cairan yang masuk ke tubuhnya. Sebab, kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat demam yang dialami anak semakin parah.

Saat tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis suhu tubuh akan meningkat. Hal ini disebabkan tubuh kesulitan mengatur metabolisme dan kesulitan mengatur suhu tubuh. Jika suhu tubuh semakin meningkat, maka terjadilah demam. Sedangkan bagi yang sebelumnya memang sedang mengalami demam, lalu tidak memenuhi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum, maka dehidrasi juga bisa terjadi. Inilah yang akhirnya memperparah kondisi demam Buah Hati dan membuat suhu tubuhnya tidak kunjung turun.

Jadi dehidrasi dan demam memang saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu penting bagi Moms untuk selalu memastikan kebutuhan cairan Buah Hati tercukupi, khususnya saat demam. Jika Buah Hati tidak bisa minum dalam jumlah banyak sekaligus, Moms bisa menawarinya minum lebih sering, memberikan jus buah, ataupun makanan berkuah seperti sup dan soto.

Ketika Buah Hati demam, Moms juga bisa memakaikannya pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Hal ini berguna untuk menjaga suhu tubuh Buah Hati tetap stabil. Saat memakai baju yang tebal atau berlapis, Buah Hati justru akan berkeringat secara berlebihan dan hal ini juga dapat memicu dehidrasi sehingga demam bertambah parah.

Selain menjaga agar kebutuhan cairan terpenuhi, berikan obat penurun panas demam seperti bodrexin sebagai pertolongan pertama. Moms bisa memberinya bodrexin Tablet dengan rasa jeruk manis ini sudah dikenal dan dipercaya dari generasi ke generasi untuk menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi. Moms juga bisa memberikannya bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol, aman dan efektif menurunkan panas demam Buah Hati. bodrexin, dunianya cerah kembali.

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Khawatir si Kecil Dehidrasi? Ini Tips Mendorong Anak Minum Lebih Banyak

Untuk dampak kesehatan yang mungkin terjadi, penting untuk memastikan anak-anak Moms minum cukup air sepanjang hari.

Artikel20/09/2023

Si Kecil Sering Demam? Ini 8 Strategi untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan anak dan mencegah infeksi yang berulang.

Artikel29/06/2023