ARTIKEL

CARA MEREDAKAN BATUK ANAK SECARA ALAMI TANPA DRAMA AGAR LEKAS SEMBUH

Saturday, 16 October 2021

Cara Meredakan Batuk Anak Secara Alami Tanpa Drama Agar Lekas Sembuh

Langsung memberikan obat adalah cara meredakan batuk anak yang seringkali kita lakukan. Namun, tak jarang juga cara yang satu ini justru menimbulkan banyak drama pada anak, misalnya saja anak menolak minum obat dengan tangisan histeris, menutup mulutnya rapat-rapat saat akan diberi obat, bahkan hingga terjadi argumentasi yang cukup alot antara orangtua dan anak. 

Well, beberapa kendala ini mungkin terjadi akibat kurangnya informasi dan pemahaman anak soal obat, terutama anggapan anak-anak yang mengatakan bahwa semua obat memiliki rasa yang pahit, aneh, dan tidak enak. Jika sudah begini, kita tentu perlu memutar otak dan mencari cara lain untuk mengatasi batuk yang diderita Si Kecil. Bagaimana ya caranya?

 

Cara Meredakan Batuk Anak: 

 

1. Berkumur Air Garam

Jika Si Kecil sudah bisa berkumur, maka cara yang satu ini bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan gatal pada tenggorokan saat anak batuk. Moms cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat, mengaduknya hingga rata, dan ajak Si Kecil untuk berkumur dengan campuran air garam ini. Lakukan secara berulang agar gatal pada tenggorokan cepat mereda dan anak kembali bisa tidur dengan lebih nyaman.

 

2. Memberikan Madu

Cara meredakan batuk anak yang selanjutnya adalah dengan memberikan satu sendok madu pada anak 30 menit sebelum tidur di malam hari. Tujuannya adalah untuk melegakan tenggorokan dan sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Rasa manis yang dimiliki oleh madu tentu akan membuat anak dengan senang hati untuk mengonsumsinya. Konon, cara yang satu ini juga cukup ampuh untuk membuat tidur Si Kecil menjadi lebih nyaman lho, Moms!

Baca Juga: Cara Agar Si Kecil Mau Minum Ramuan Herbal Batuk Anak. Penasaran?

 

4. Campuran Jahe dan Madu

Moms juga bisa mencampurkan madu dengan air rebusan jahe untuk meredakan batuk dan melegakan tenggorokan Si Kecil berkat sensasi hangat yang terkandung pada bahan alami jahe. Sifat analgesic pada jahe dan kandungan oleoresin di dalamnya memiliki kemampuan antitusif untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

 

5. Aroma Irisan Bawang Merah

Orangtua zaman dulu juga seringkali memanfaatkan bawang merah untuk membantu mengencerkan dahak pada anak usia balita. Caranya adalah dengan mengiris beberapa bawang merah, lalu menaruhnya dalam sebuah wadah dan ditempatkan di dekat tempat tidur anak. Uap dari bawang merah inilah yang konon bisa membantu meredakan batuknya, Moms.

 

6. Memberikan Obat Batuk dengan Rasa yang Manis

Jika selama ini anggapan obat batuk yang terasa pahit membuat anak menjadi takut untuk minum obat, maka cara meredakan batuk anak tanpa drama yang bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan obat batuk yang memiliki rasa manis, seperti bodrexin Herbal BatukTak hanya memiliki rasa manis berkat kandungan madu di dalamnya, bodrexin Herbal Batuk juga mengandung jahe, daun mint, daun cengkeh, kayu manis, dan kandungan lainnya yang ampuh untuk meredakan batuk secara alami. Dengan begini, pasti Si Kecil tak lagi takut untuk minum obat. 

Baca Juga: JAMU ANAK KECIL UNTUK BATUK KERING, APA SAJA YA?

 

 

Source: Fimela, Hellosehat

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022