ARTIKEL

5 CARA MENGATASI BATUK PADA ANAK SECARA ALAMI. MANA YANG INGIN MOMS COBA?

Tuesday, 18 May 2021

5 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami. Mana yang Ingin Moms Coba?

Mengatasi batuk pada anak secara alami seringkali dijadikan solusi utama bagi kaum orang tua karena dianggap tidak memberikan efek samping yang membahayakan. Nah, dari beberapa cara mengatasi batuk pada anak berikut ini, mana yang ingin Moms coba pertama kali? Yuk, simak!

 

Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

 

  • Air Perasan Jeruk Lemon

Tak hanya orang dewasa, ternyata memanfaatkan air perasan jeruk lemon juga ampuh untuk meredakan batuk pada anak secara alami. Dilansir dari Popmama.com, lemon kaya akan kandungan vitamin C, sehingga dengan mengonsumsi air perasan lemon dipercaya bisa melegakan dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan saat batuk. Untuk membuatnya, Moms cukup menyiapkan satu buah lemon dan ¼ gelas air hangat. Peras lemonnya, kemudian campurkan dengan air hangat dan aduk hingga tercampur rata dan berikan pada Si Kecil. Moms juga bisa lho menambahkan satu sendok madu agar rasanya menjadi lebih manis dan Si Kecil pun suka. Lakukan cara ini secara teratur (dua hingga tiga kali seminggu) hingga batuknya mereda ya, Moms.

 

  • Kumur-kumur Menggunakan Air Garam

Mengatasi batuk pada anak secara alami selanjutnya adalah dengan mengajak anak untuk berkumur menggunakan air garam. Alasannya adalah karena garam dipercaya memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri yang ada di mulut. Untuk mempraktikkannya, masukkan setengah sendok makan garam ke dalam gelas, lalu larutkan menggunakan air hangat. Selanjutnya, ajak Si Kecil untuk berkumur dengan air garam dan katakana padanya untuk berkumur sambil mengangkat kepala agar air garam menyentuh tenggorokan (gargling), kemudian buang air garam yang sudah dikumur-kumur. Lakukan cara ini secara rutin tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya, Moms.

Baca Juga: Cara Meredakan Flu dan Batuk Pada Anak Secara Alami Saat Musim Hujan

 

  • Mencium Aroma Irisan Bawang Merah

Hingga saat ini, masih banyak orang yang percaya bahwa meletakkan irisan bawang merah di dekat tempat tidur mampu membantu meredakan batuk anak. Caranya adalah dengan mengiris bawang merah, taruh dalam wadah kecil, dan letakkan di samping tempat tidur anak. Konon, uap dan aroma yang dikeluarkan oleh irisan bawang inilah yang akan melegakan tenggorokan anak dan meredakan batuknya. Tertarik untuk mencobanya, Moms?

 

  • Minum Air Putih Hangat

Cara mengatasi batuk pada anak yang paling sering dan mudah dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk rajin minum air putih hangat. Tujuannya adalah agar bakteri yang menempel di saluran pernapasan terdorong masuk ke saluran pencernaan untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan juga keringat. Selain itu, minum air putih hangat saat batuk juga sangat diperlukan agar cairan dalam tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Ramuan Herbal Batuk Kering untuk Anak, Apa Saja Ya?

 

  • Minum Obat Batuk Herbal

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan obat pereda batuk herbal yang mengandung bahan alami pilihan, seperti jahe, Thymi herba, daun cengkeh, madu, dan beberapa bahan lainnya yang kaya antioksidan untuk membantu melegakan tenggorokan anak, seperti bodrexin Herbal Batuk. Hadir dalam kemasan sachet praktis dengan rasa yang manis, bodrexin Herbal Batuk sangat cocok dikonsumsi oleh anak usia dua tahun ke atas saat mereka batuk. Dengan begini, Moms tak perlu lagi meracik obat herbal sendiri di rumah, deh.

bodrexin herbal anak kemasan sachet

Nah, dari beberapa cara mengatasi batuk pada anak secara alami di atas, mana yang sering Moms lakukan di rumah?

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Tips Meningkatkan Imunitas si Kecil di Musim Pancaroba

Moms perlu meningkatkan imunitas si Kecil agar ia tidak mudah tertular penyakit di musim pancaroba. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan imunitas si Kecil:

Artikel15/11/2023