ARTIKEL

DARI SEKIAN BANYAK CARA MEREDAKAN BATUK PADA ANAK, MANA YANG PERNAH MOMS COBA?

Tuesday, 05 January 2021

SHARE      

Dari Sekian Banyak Cara Meredakan Batuk Pada Anak, Mana yang Pernah Moms Coba?

Sebagai orangtua apalagi seorang ibu, mengetahui cara meredakan batuk pada anak tentu menjadi hal yang sangat penting, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Nah, untuk menambah jurus ampuh Moms dalam menjaga kesehatan Si Kecil di rumah, yuk simak beberapa hal berikut ini.

Cara Meredakan Batuk dengan Minum Air Hangat

Penyebab batuk yang terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa adalah karena adanya virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan. Virus inilah yang nantinya akan berkembang biak dan menyebabkan tenggorokan terasa gatal akibat lendir atau dahak yang dihasilkan. Untuk itu, banyak orang akan menyarankan agar minum air hangat secara rutin saat batuk melanda. Tujuannya antara lain untuk mengencerkan dahak, menjaga selaput lendir tetap lembap untuk mencegah produksi lendir yang berlebihan, dan juga mendorong virus yang menempel di tenggorokan untuk kemudian dikeluarkan melalui keringat maupun urin.

Madu dan Jeruk Nipis atau Lemon

Selain banyak dikonsumsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, perasan jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai cara meredakan batuk pada anak maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan jeruk nipis atau lemon kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan, sehingga Si Kecil bisa beraktivitas atau istirahat dengan nyaman. Agar tidakN terlalu asam, Moms bisa mencampurkannya dengan sedikit air hangat dan juga madu sebelum memberikannya pada Si Kecil dua sampai tiga kali dalam satu minggu sebelum tidur di malam hari hingga batuknya mereda. Namun, pastikan Si Kecil perutnya sudah terisi sebelum meminumnya, ya.

Menggunakan Irisan Bawang Merah

Saat anak batuk, tak jarang pula orangtua yang memanfaatkan bawang merah sebagai cara meredakan batuk anak di rumah. Caranya adalah dengan mengiris bawang merah dan ditempatkan dalam satu wadah yang diletakkan di samping tempat tidur Si Kecil. Irisan bawang merah ini menghasilkan uap yang konon bisa meredakan batuk anak lho, Moms!

Baca Juga: Anak Panas Karena Batuk Pilek, Wajar Atau Tidak, Ya?

Minum Obat

Selain beberapa cara di atas, langkah paling mudah dan efektif lainnya yang bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan obat batuk khusus anak untuk meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Saat Si Kecil mengalami batuk berdahak, segera berikan bodrexin Flu & Batuk PE yang mengandung Guaifenesin dan Bromhexine yang sangat ampuh untuk meredakan batuk berdahak. Tak hanya itu, obat ini juga dilengkapi dengan kandungan PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan yang sangat efektif untuk melegakan hidung tersumbat saat flu.

Namun, jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak Moms bisa memberikannya bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH dengan kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan batuk tidak berdahak dan beberapa gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Dengan begini, Si Kecil bisa istirahat dengan nyaman di malam hari.

Selain memberikan obat batuk, ajak juga Si Kecil untuk memakai masker saat mereka sakit dan juga menjaga kebersihan rumah dengan baik. Oh iya, Moms juga tak perlu bingung, obat batuk yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk manis dan aman diminum oleh anak usia enam tahun ke atas ini bisa Bunda dapatkan juga secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia,>Blibli dan >Lazada. Yuk beli sekarang juga sebagai persediaan obat di rumah, Moms!

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Demam pada anak naik turun, Apakah Si Kecil mengalami gejala demam berdarah? SImak gejala dan Pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021