ARTIKEL

ANAK SAKIT SAAT PANDEMI, INI YANG HARUS MOMS WASPADAI

Friday, 04 June 2021

SHARE      

Anak Sakit Saat Pandemi, Ini yang Harus Moms Waspadai

Anak sakit saat pandemi tentu membuat kita merasa panik, meski keluhannya hanyalah flu dan batuk saja. Pasalnya, penularan virus COVID-19 masih menunjukkan angka yang meresahkan. Untuk itu, simak beberapa kondisi yang mesti Moms waspadai, terutama saat anak mengalami keluhan sakit di tubuhnya selama pandemi.

 

Waspada Anak Sakit Saat Pandemi

 

Keluhan Semakin Parah

Kondisi yang perlu Moms waspadai ketika anak sakit saat pandemi adalah saat keluhannya semakin parah. Biasanya hal yang membuat keluhan semakin parah adalah menurunnya imun anak akibat rasa bosan dan rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Namun tenang, semua ini bisa dicegah jika Moms mengetahui gejala awal anak batuk pilek dan langsung menanganinya dengan baik selama di rumah.

 

Risiko Penularan ke Anggota Keluarga

Hal selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah risiko penularan ke anggota keluarga lainnya. Selama pandemi, sumber daya manusia yang ada di rumah otomatis akan sangat terbatas, di mana kita harus mengurus segala urusan rumah tangga, anak,  hingga pekerjaan kantor sendiri. Untuk itu, selalu jaga kesehatan keluarga dengan baik. Jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit, hendaknya untuk segera membawa dan merawatnya di ruang terpisah. Pastikan untuk selalu menggunakan masker selama di rumah dan menjaga kebersihan rumah secara rutin ya, Moms.

Baca Juga: Pertolongan Pertama untuk Anak Demam di Masa Pandemi

 

Ketersediaan Rumah Sakit yang Sangat Terbatas

Anak sakit saat pandemi membutuhkan perhatian dan perawatan khusus dari orang tuanya di rumah. Pasalnya, saat ini ketersediaan rumah sakit sangatlah terbatas. Bahkan, untuk memeriksakan anak langsung pada dokter saat ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, usahakan untuk langsung memberikan pertolongan pertama saat anak sakit ya Moms, terutama saat anak Flu dan Batuk dengan memberikannya obat.

 

Ancaman Virus yang Berbahaya

Meski hanya flu dan batuk biasa, tak bisa dipungkiri bahwa rasa takut akan selalu ada, karena keluhan penyakit ini hampir mirip dengan gejala yang dialami oleh penderita COVID-19.  Untuk memastikan kondisi anak saat sakit, Moms bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Mengecek suhu tubuh menggunaka termometer badan dan saturasi oksigen pada anak secara berkala menggunakan oxymeter
  • Pastikan Si Kecil minum vitamin dan makan makanan bergizi
  • Menggunakan masker selama di rumah
  • Minum obat flu dan batuk yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan demam yang terjadi saat anak batuk pilek, PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat saat flu, memiliki kandungan Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya juga sangat baik untuk meredakan batuk berdahak yang menyertai flu pada anak, kandungan PH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Tak kalah pentingnya juga untuk memilih obat batuk dengan rasa yang disukai anak-anak, misalnya rasa buah-buahan yang manis.
  • Melakukan test swab secara berkala untuk memastikan kondisi kesehatan keluarga.

Baca Juga: Pandemik Belum Berlalu, Tetap Waspada Penyebab dan Gejala Flu Disertai Batuk Pada Anak

 

Yuk,  jaga kesehatan keluarga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjauhi  kerumunan, tetap berada di rumah, mencuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air bersih, memakai masker, dan melengkapi obat-obatan di rumah mulai dari sekarang!

  BACA JUGA