ARTIKEL

JANGAN GEGABAH, YUK KENALI KANDUNGAN OBAT FLU DAN BATUK ANAK YANG AMAN UNTUK DIKONSUMSI

Wednesday, 21 July 2021

Jangan Gegabah, Yuk Kenali Kandungan Obat Flu dan Batuk Anak yang Aman untuk Dikonsumsi

Memilih obat flu dan batuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebagai orang tua siaga, perlu ketelitian juga dari kita dalam mengetahui kandungan obat dan efek samping yang mungkin timbul saat dikonsumsi oleh anak. Nah, agar proses penyembuhan berjalan dengan lebih cepat, yuk kenali beberapa kandungan obat flu dan batuk yang aman dikonsumsi oleh anak berikut ini.

 

Kandungan Obat Flu dan Batuk Anak 

 

1. Paracetamol

Kandungan pertama pada obat flu dan batuk adalah Paracetamol. Dalam dunia medis, Paracetamol termasuk dalam kategori obat analgesik atau pereda rasa sakit yang dimanfaatkan sebagai penurun demam pada saat anak mengalami flu dan batuk. Pemberian obat yang mengandung Paracetamol juga tak sembarangan, karena harus disesuaikan dengan usia dan keluhan yang dialami. Biasanya, Paracetamol diberikan dengan dosis 10-15 mg per kilogram berat badan anak dengan frekuensi pemberian obat setiap 4-6 jam sekali dan tidak boleh diberikan lebih dari lima kali sehari.

 

2. Phenylephrine (PE)

Selain Paracetamol, kandungan lain dari obat flu dan batuk anak adalah Phenylephrine yang berperan sebagai dekongestan, yaitu untuk melegakan hidung tersumbat agar Si Kecil bisa bernapas lega dan beristirahat dengan lebih nyaman, serta zat DPH yang bersifat sebagai antihistamin dan antitusif yang sangat baik untuk mengencerkan dahak.

 

Baca Juga: Mengatasi batuk pada anak secara alami

 

3. Guaifenesin

Kandungan obat flu dan batuk anak selanjutnya adalah Guaifenesin yang berperan sebagai ekspektoran untuk membantu mengencerkan dahak, terutama saat Si Kecil mengalami batuk berdahak yang menyertai flu. Pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan air minum Si Kecil saat harus mengonsumsi obat yang mengandung Guaifenesin ya, Moms.

 

Tak hanya ketiga kandungan di atas, pastikan juga untuk memilih obat flu dan batuk anak dengan rasa yang disukai oleh anak-anak ya Moms, seperti rasa buah jeruk manis agar momen minum obatnya menjadi lebih menyenangkan. Saat anak mau minum obat, maka proses penyembuhannya bisa lebih lancar, deh. 

Baca Juga: Jamu Anak Kecil Untuk Redakan Batuk Kering

Source: 

  • hellosehat.com
  • alodokter.com
  BACA JUGA

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022