ARTIKEL

TIPS AMAN MENCUCI HIDUNG ANAK DI RUMAH, BANTU MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT

Tuesday, 31 January 2023

Tips Aman Mencuci Hidung Anak di Rumah, Bantu Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat merupakan masalah utama yang terjadi saat si Kecil terserang batuk pilek. Jangankan beraktivitas, ketika bernapas pun si Kecil akan mengalami kesulitan karena belum memiliki kemampuan untuk membuang ingusnya sendiri. Akibatnya istirahat si Kecil pun terganggu, asupan makan dan minum menjadi berkurang, sehingga si Kecil menjadi rewel akibat rasa tidak nyaman saat bernapas. Sebagai orangtua, wajar jika Moms merasa tidak tega.

Belakangan, mungkin Moms pernah melihat atau membaca informasi mengenai tindakan cuci hidung untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara ini ternyata bisa dilakukan pada siapa saja, termasuk pada anak-anak. Alat yang digunakan pun beragam mulai dari suntikan (spuit) yang diisi cairan salin (cairan infus isotonik atau hipertonik) hingga alat semprot khusus cuci hidung. Namun kegunaannya sama-sama membantu membersihkan segala sumbatan lendir dan kotoran dari dalam hidung. Lantas bagaimana tips aman mencuci hidung anak di rumah untuk membantu mengatasi hidung tersumbat?

 

Artikel Lainnya:  Anak Demam Naik Turun, Apa Hal yang Perlu Moms Perhatikan?

 

Mencuci Hidung Anak di Rumah

 

Tindakan irigasi nasal, yang lebih dikenal dengan tindakan cuci hidung, merupakan tindakan yang aman dilakukan oleh orang tua kepada si Kecil asalkan sesuai dengan petunjuk dokter. Awalnya tindakan ini direkomendasikan oleh dokter Telinga Hidung Tenggorok (THT) atau dokter anak kepada pasien-pasien dengan keluhan hidung tersumbat seperti selesma, rinosinusitis akut, rinitis alergi, dan rinosinusitis kronik. Jika Moms ingin melakukan tindakan ini pada si Kecil di rumah, cobalah melakukan langkah-langkah berikut:

 

  1. Siapkan spuit dan cairan NaCl dalam kondisi steril
  2. Posisikan anak tegak (bisa sambil berdiri ataupun duduk) di dekat wastafel ataupun baskom. Minta si Kecil membuka mulutnya untuk menghindari cairan tertelan.
  3. Semprotkan spuit yang sudah diisi NaCl ke dalam salah satu lubang hidung kemudian akan diikuti mengalirnya air bekas cucian dari lubang hidung yang lainnya.
  4. Ulangi bergantian dengan lubang hidung sebelahnya.
  5. Bersihkan wajah anak dari sisa cairan. Jika ada cairan yang masuk ke mulut, tidak perlu panik. Minta si Kecil meludahkannya dan jika tertelanpun tidak memberi efek buruk.

 

Dengan dialirkannya cairan salin di rongga hidung, produksi cairan dan kelembapan rongga hidung akan lebih terkendali sehingga berkumpulnya kuman bakteri dapat dicegah. Kandungan ion-ion dalam cairan pembersih juga memberi manfaat tersendiri seperti membantu perbaikan sel selama proses radang, mencegah kerusakan sel,  menuruknan kekentalan dahak, dan mengurangi kematian sel epitel (sel pelapis atau pelindung permukaan tubuh, dalam hal ini sel epitel yang terdapat pada lubang hidung) yang terdapat pada lubang hidung.

 

Tindakan ini pada dasarnya minim efek samping, namun Moms perlu memperhatikan, kebersihan dari cairan pencuci maupun peralatan yang dipergunakan. Untuk mengatasi risiko kontaminasi kuman pada peralatan Moms bisa mencuci setiap peralatan yang digunakan dengan air sabun dan melakukan sterrilisasi dengan air mendidih maupun sterilizer.

 

Mencuci hidung adalah alternatif cara yang bisa Moms lakukan untuk meringankan gejala hidung tersumbat pada si Kecil. Namun, pemberian obat flu ataupun pilek alergi juga tetap perlu dilakukan agar anak bisa sembuh lebih cepat. Pastikan Moms memberikan obat flu maupun pilek khusus anak yang mengandung Phenylephrine (PE) dan parasetamol, hingga bisa bekerja efektif meredakan gejala flu dan pilek pada anak.

 

Sumber: idai.or.id

  BACA JUGA