ARTIKEL

TIDAK PERLU BINGUNG LAGI MEMILIH GENDONGAN BAYI

Wednesday, 18 November 2015

SHARE      

Tidak Perlu Bingung Lagi Memilih Gendongan Bayi

Bonding dengan si kecil bisa terpupuk terus dengan kebersamaan. Termasuk selalu berjalan-jalan bersama. Tapi menggendong bayi dengan tangan dalam jangka waktu lama selain melelahkan, juga membuat Moms kurang leluasa bergerak. Menggunakan baby wraps atau gendongan bayi bisa jadi solusi, asalkan memilihnya tepat. Ini panduannya.

Pilih yang aman
Kain batik yang digunakan orangtua dulu untuk menggendong cara konvensional memang nyaman. Bahannya sejuk dan dingin. Tetapi untuk menggendong bayi menggunakan kain tradisional memang butuh keterampilan tersendiri. Simpul ikatan harus kuat dan tetap nyaman baik di bahu Moms maupun pada posisi bayi. Saat ini banyak beredar bermacam model gendongan bayi di pasaran. Gendong depan, belakang, atau, tiduran. Model apa yang cocok ya Moms? Perhatikan usia si kecil. Jika umurnya masih di bawah tiga bulan sebaiknya gunakan model gendongan bayi yang memposisikan buah hati dapat tiduran dengan nyaman. Sebab di usia tersebut bayi belum dapat menopang kepalanya sendiri. Untuk usia 3-6 bulan boleh dikenalkan dengan gendongan model duduk. Posisikan bayi selalu di depan ya Moms agar mudah terawasi. Jika usianya sudah semakin besar boleh digendong belakang.

Nyaman untuk Moms dan bayi
Pilih bahan yang nyaman di kulit bayi ya Moms. Bahan yang lembut, empuk, dan sejuk menghindarkan kulit bayi dari lecet dan alergi. Cari tahu juga ya Moms bagian-bagian dalam gendongan yang akan menopang badan bayi terutama bagian leher, kepala, pinggang juga selangkangannya. Sementara untuk kenyamanan Moms perhatikan tali yang akan melingkar di bahu Moms ya. Sesuaikan gendongan bayi dengan berat badan si kecil juga ya Moms.

Mudah digunakan
Membawa bayi berjalan-jalan tentu tidak berarti si bayi akan terus ada di gendongan Moms selama berjam-jam. Ada kalanya bayi harus menyusui atau diganti popoknya. Pilih gendongan yang mudah Moms gunakan untuk mengeluarkan dan memasukkan bayi sendiri ya. Termasuk mengatur kekencangan pengaitnya.

Fashionable juga penting
Namanya juga wanita, tampil gaya tetap jadi pertimbangan dong. Pilih motif yang sesuai dengan kepribadian Moms. Warna manis yang feminin, atau motif tegas yang maskulin bisa Moms pilih. Gendongan bayi dengan beberapa gradasi warna akan memudahkan Moms saat memadupadankan pakaian saat berjalan-jalan dengan si kecil.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

Demam Pada Anak Naik Turun, Pertanda Demam Berdarah?

Moms, demam pada anak naik turun biasanya disebabkan virus bakteri yang menyerang tubuh/ gejala dari demam berdarah. Bagaimana cara mengatasinya?

Artikel25/08/2021

Tanda Demam Pada Anak Mulai Berbahaya dan Perlu Dibawa ke Dokter

Anak demam belum pulih dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, Moms perlu waspada jika anak juga mengalami beberapa gejala penyerta berikut ini.

Artikel19/08/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perhatikan Juga Gejala Penyertanya Ya, Moms!

Demam bisa jadi menandakan kalau Si Kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahuinya, simak gejala penyerta untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang ia derita berikut ini ya, Moms!

Artikel13/08/2021