ARTIKEL

PENYEBAB ANAK BATUK PILEK TERJADI BERULANG, ALERGI ATAU VIRUS YA?

Tuesday, 17 May 2022

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Sebagai orang tua, mengetahui penyebab anak batuk pilek adalah hal yang sangat penting agar dapat mengatasinya dengan cepat dan tepat. Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi yang dipicu oleh beberapa hal seperti debu, udara dingin, makanan, bulu binatang, dan beberapa alergen (pemicu alergi) lainnya. Selain itu, imunitas tubuh pada anak terutama balita yang belum sempurna juga membuat mereka lebih rentan flu dan batuk lebih sering. Lalu, bagaimana membedakannya?

 

Penyebab anak batuk pilek karena infeksi

 

Batuk dan pilek yang dialami oleh anak-anak paling sering terjadi karena adanya infeksi virus atau bakteri, terutama saat cuaca yang tidak menentu, udara yang lembap, terpapar orang yang sedang sakit, atau saat kondisi imun tubuh sedang menurun. Berikut ini beberapa gejala yang mungkin muncul beberapa hari setelah terinfeksi virus.

 

  • Sering bersin, hidung berair dan tersumbat
  • Tenggorokan terasa sakit saat menelan
  • Nyeri otot
  • Napas terasa hangat atau panas
  • Demam dan sakit kepala
  • Batuk dan terdapat dahak yang berwarna putih, kuning, atau hijau

 

Meski keluhannya cukup mengganggu dan membuat anak menjadi tidak nyaman, namun Moms tak perlu khawatir karena batuk yang dialami akibat virus bisa pulih dengan sendirinya dalam hitungan kurang dari dua minggu tentunya dengan perawatan yang suportif. Saat anak mengalami batuk akibat infeksi virus, pastikan anak memiliki istirahat yang cukup, kebutuhan cairan tubuhnya terpenuhi (baik melalui makanan maupun minuman), dan juga memberikannya obat batuk herbal yang sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Moms! Ini Dia Cara Mudah Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Tak perlu bingung saat memilih obat, karena sudah ada bodrexin Herbal Batuk yang mengandung 10 bahan alami di dalamnya, diantaranya adalah jeruk nipis dan jahe yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan batuk, dan juga melegakan tenggorokan.  Hadir dalam kemasan sirup sachet, bodrexin Herbal Batuk memiliki rasa manis dari madu yang disukai oleh anak-anak, sehingga momen minum obatnya bisa menjadi lebih menyenangkan.

 

bodrexin herbal batuk anak

 

Penyebab anak batuk pilek karena alergi

 

Berbeda dengan flu dan batuk akibat infeksi, batuk yang muncul akibat alergi justru bisa muncul berulang kali apalagi saat terpapar dengan alergen (pemicu alergi), biasanya disertai dengan beberapa gejala yang mungkin timbul berikut ini.

 

  • Rasa gatal di hidung, tenggorokan, dan mata yang cukup mengganggu
  • Hidung berair dan tersumbat
  • Bersin-bersin, biasanya paling sering dialami di pagi dan malam hari
  • Batuk
  • Mata bengkak dan berair
  • Ruam kulit atau muncul bentol biduran

 

Untuk mengatasinya, lakukan observasi dan temukan pemicu alergi yang dialami oleh Si Kecil atau mengonsultasikannya langsung pada dokter. Selain itu, pastikan juga bahwa rumah dalam kondisi bersih, bebas debu dan bulu binatang, serta memastikan bahwa ventilasi di rumah berjalan dengan lancar, sehingga udara  yang ada di dalam rumah pun tetap terjaga kesehatannya.

 

Artikel Lainnya: Penyebab Anak Panas

 

Source:

Omni Hospital

Alodokter.com

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Libur Sekolah Tiba, Tapi Kasus COVID-19 Meningkat, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Liburan sekolah namun pandemi COVID-19. Moms perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berlibur agak tetap aman dan menyenangkan.

Artikel04/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023