ARTIKEL

5 TIPS MENGATASI ANAK FLU BATUK SAAT SCHOOL FROM HOME

Monday, 07 February 2022

5 Tips Mengatasi Anak Flu Batuk Saat School From Home

Flu dan batuk adalah keluhan kesehatan yang paling sering dialami oleh anak-anak. Selain perubahan cuaca dan tingkat kelembapan udara yang tinggi, flu dan batuk pada anak juga terjadi akibat daya tahan tubuh yang lemah, sehingga memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Tak hanya membuat istirahatnya terganggu, kondisi kesehatan ini juga tentunya bisa mengganggu proses belajarnya selama di rumah.

 

Tips Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Sekolah di Rumah

Namun tak perlu khawatir, agar Si Kecil bisa belajar dengan lebih nyaman dan kondusif, yuk simak tips mengatasi anak flu batuk saat school from home berikut ini.

 

  1. Menggunakan masker selama sekolah di rumah

anak flu dan batuk, ajaklah ia untuk tetap menggunakan masker medis untuk mencegah penularan virus pada anggota keluarga lainnya. Ajarkan juga untuk mengganti masker medis setiap empat jam sekali ya, Moms.

  1. Menggunakan alat makan dan minum yang berbeda

Tujuannya adalah untuk mencegah penularan, karena virusnya bisa saja menempel di piring atau gelas yang dipakai oleh Si Kecil.  

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Flu dan batuk pada anak bisa terjadi akibat imun tubuh yang menurun. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil melalui asupan makanan bergizi, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Untuk membantu meningkatkan imun tubuhnya, berikan makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan serta menu makanan seperti sayur sop, sayur bayam, capcay, atau makanan berkuah lain yang disukai Si Kecil.

  1. Menghindari makanan manis

Selama anak mengalami flu dan batuk, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen, minuman seperti boba, atau cokelat, atau snack manis lainnya. Pasalnya mengonsumsi makanan tinggi gula bisa mengganggu daya tahan tubuhnya, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhannya.

  1. Memberikan obat

Tips mengatasi anak flu batuk tidak berdahak dengan keluhan yang cukup mengganggu kegiatan sekolahnya adalah dengan memberikan obat yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan demam, Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak dan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan. 

Baca Juga:  Anak Panas karena Batuk Pilek, Wajar atau Tidak, Ya?

Namun, jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak, coba berikan obat flu dan batuk anak yang mengandung DPH (Diphenhydramine). Kandungan inilah yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Agar anak bersemangat untuk minum obat jika suatu saat mereka sakit, pastikan juga untuk memberikan obat dengan rasa yang disukai anak-anak dan sesuaikan dosis yang tepat ya, Moms.

 

 

Selain dengan melakukan beberapa tips mengatasi flu batuk anak saat sekolah, penting juga untuk menjaga daya tahan tubuhnya dengan memberikan suplemen tambahan seperti vitamin C dan vitamin D secara rutin, terutama saat pandemi. Dengan begini, Moms tidak perlu panik dan Si Kecil bisa sekolah dengan lebih nyaman, deh.

 

Source: Hellosehat, Alodokter

Baca Juga: Memberikan Pakaian dan Selimut Tebal Pada Anak Demam? Its A Big No, Moms!

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022