ARTIKEL

FLU DAN BATUK, TANDA GEJALA ALERGI PADA ANAK?

Wednesday, 09 December 2020

SHARE      

Flu dan Batuk, Tanda Gejala Alergi Pada Anak?

Bunda, rasanya sakit flu dan batuk sudah menjadi keluhan yang paling banyak dialami, baik oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Namun, tahukah Bunda bahwa flu dan batuk juga bisa muncul akibat anak mengalami alergi, terutama saat mereka terpapar langsung dengan sumber alergi atau yang disebut juga dengan alergen. Lalu, bagaimana cara membedakan flu dan batuk akibat alergi dan virus, ya?

Flu dan Batuk Sebagai Tanda Anak Mengalami Alergi

Pilek dan flu merupakan dua penyakit berbeda yang disebabkan oleh virus, bersifat menular, dan berlangsung tidak lebih dari dua minggu. Saat anak mengalami salah satunya, biasanya mereka juga akan menunjukkan beberapa gejala penyertanya, seperti demam, sakit tenggorokan, dan rasa nyeri di beberapa bagian tubuhnya.

Hal ini tentu berbeda dengan flu sebagai tanda alergi yang bisa berlangsung berbulan-bulan dan disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan saat merespon benda asing yang kadang tidak berbahaya seperti debu dan serbuk sari (alergen), sehingga tubuh mengeluarkan zat kimia histamin. Zat kimia inilah yang membuat saluran di hidung membengkak dan membuat Si Kecil bersin-bersin dan batuk. Meski tidak menular, alergi ini biasanya diturunkan secara genetik.

Apa Saja Pemicu Flu dan Batuk karena Alergi?

Flu dan batuk karena alergi biasanya akan muncul saat anak berada di luar ruangan atau terpapar langsung dengan beberapa sumber alerginya (alergen) seperti:

  • Debu
  • Serbuk sari
  • Bulu hewan (anjing, kucing, burung)
  • Jamur
  • Makanan tertentu

Berbeda dengan flu dan batuk akibat virus, saat anak mengalami alergi mereka akan merasakan tenggorokannya seperti tergelitik yang membuatnya terbatuk-batuk. Batuk ini biasanya akan semakin parah di malam hari karena Si Kecil akan lebih sering berbaring, di mana dahak akan mengendap dan tidak bisa keluar. Untuk itu, sangat penting bagi kita sebagai orangtua untuk mengetahui penyebab utama anak mengalami flu dan batuk. Jika karena alergi, berikut ini beberapa hal yang bisa Bunda lakukan:

  • Mencari tahu alergennya. Biasanya pemicu yang paling banyak adalah debu, serbuk sari, dan bulu hewan. Untuk itu, pastikan rumah selalu dalam kondisi bersih dari debu dan ajak Si Kecil untuk menggunakan masker.
  • Menjauhkan Si Kecil dari area yang berdebu
  • Tidak memelihara binatang di rumah terutama yang berbulu jika anak memiliki alergi
  • Mengatasi flu atau pilek akibat alergi dengan memberikan obat seperti bodrexin Pilek Alergi PE yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk manis untuk membantu meringankan pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin karena alergi berkat kandungan Phenylephrine yang aman sebagai dekongestan di dalamnya.
  • Minum air yang cukup untuk membantu agar tenggorokan tidak kering.
  • Mandi air hangat untuk membantu mengencerkan dahak di tenggorokan dan juga mengatasi hidung tersumbat berkat uap hangat yang keluar.

Tak hanya flu dan batuk akibat alergi, Bunda juga harus menjaga kesehatan Si Kecil agar tidak mengalami flu dan batuk yang ditularkan oleh virus, sehingga mereka bisa tetap beraktivitas dengan nyaman setiap harinya. Bagaimana caranya?

  • Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga sirkulasi udara di rumah agar tidak terlalu lembap
  • Mengajak anak untuk rajin cuci tangan setelah beraktivitas atau memegang benda tertentu
  • Menggunakan masker saat harus keluar rumah
  • Menjauhi kerumunan
  • Mencukupi kebutuhan air minum dan istirahat cukup setiap malamnya.

Selain bodrexin Pilek Alergi PE, sediakan juga persediaan obat flu dan batuk yang aman untuk anak lainnya seperti bodrexin Flu & Batuk PE dengan kandungan PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan dan efektif untuk membantu melegakan hidung tersumbat saat Si Kecil mengalami flu dan batuk berdahak karena kandungan Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya.

Lengkapi juga dengan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH dengan kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

Nah, ketiga jenis obat ini bisa Bunda dapatkan secara nyaman dan praktis dengan cara membelinya secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada Oh iya, hadir dalam kemasan jeruk manis kesukaan anak, pasti momen minum obat mereka bisa jadi menyenangkan deh, Bun!

Sumber: Alodokter

  BACA JUGA

3 Tips Agar Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak

Bingung bagaimana Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak? Tak perlu bingung, Moms. Yuk, coba beberapa tips berikut ini.

Artikel26/05/2021

5 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami. Mana yang Ingin Moms Coba?

Mengatasi batuk pada anak secara alami seringkali dijadikan solusi utama bagi kaum orang tua karena dianggap tidak memberikan efek samping yang membahayakan.

Artikel18/05/2021

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Ramuan Herbal Batuk Kering untuk Anak, Apa Saja Ya?

Meracik sendiri jamu anak kecil untuk batuk kering dan berdahak. Apa saja ya bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk anak? Lihat daftar lengkapnya disini ya, Moms!

Artikel10/05/2021