ARTIKEL

MENGATASI FLU BATUK ANAK DENGAN MENGHIRUP UAP PANAS, MOMS PERNAH COBA?

Friday, 25 February 2022

SHARE      

Mengatasi Flu Batuk Anak dengan Menghirup Uap Panas, Moms Pernah Coba?

Meski merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak, namun flu dan batuk bisa menimbulkan rasa tidak nyaman si saluran pernapasannya, terutama di bagian di tenggorokan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas dan juga istirahatnya di malam hari. Jika sudah begini, kita sebagai orang tua tentu akan berusaha mengatasi flu batuk anak dengan berbagai macam cara, termasuk salah satunya adalah dengan memanfaatkan uap panas. Namun, apakah manfaatnya?

 

Mengatasi anak flu batuk dengan uap panas

Cara ini biasanya banyak dilakukan untuk mengatasi flu batuk anak secara cepat di rumah. Pasalnya, saat anak mengalami flu, biasanya hidungnya akan tersumbat dan membuatnya kesulitan untuk bernapas, terutama saat tidur di malam hari. Belum lagi ditambah keluhan batuk yang mengikuti. Untuk mengatasi hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan Si Kecil, Moms bisa memanfaatkan uap hangat.

 

Caranya adalah dengan menyediakan semangkuk air hangat, kemudian ajak Si Kecil untuk menghirup uapnya selama 15 menit. Pastikan suhu airnya tidak terlalu panas dan tutup sekeliling mangkuknya menggunakan handuk atau kain tipis untuk mengurangi risiko air mengenai tubuh Si Kecil ya, Moms.

 

Selain menghirup uap panas, Moms juga bisa mengatasi flu batuk anak dengan cara berikut ini:

  • Menghindari konsumsi makanan atau minuman tinggi gula pada anak, seperti permen, cokelat, soda, boba, martabak, soda, dan makanan manis lainnya. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga proses penyembuhan flu dan batuk anak menjadi lebih lama.
  • Menghindari makanan berminyak, karena bisa memperparah peradangan di saluran pernapasan (tenggorokan).
  • Memenuhi kebutuhan air minum anak saat flu dan batuk dengan cara memberinya air hangat. Tujuannya adalah untuk menenangkan tenggorokan sekaligus membantu mendorong virus atau bakteri yang menempel menuju lambung dan segera dikeluarkan melalui saluran pencernaan.
  • Pastikan Si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup, salah satunya adalah dengan menjauhkan gadget dari jangkauannya.

Baca Juga: Anak Batuk Pilek dan Muncul Bunyi Grok-Grok Saat Tidur? Atasi dengan Cara Ini, Moms!

 

Bolehkah mengatasi flu batuk anak dengan memberikan obat?

 

Tentu boleh, Moms. Jika flu dan batuk pada anak membuatnya merasa tidak nyaman dan mengganggu istirahatnya, Moms bisa memberikan obat yang mengandung Paracetamol untuk menurunkan demam, Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak dan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan. 

 

 

Si Kecil mengalami flu dan disertai batuk tidak berdahak? Moms bisa memberikan obat flu dan batuk anak yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

 

 

Pastikan untuk memilih obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak agar momen minum obatnya menjadi lebih menyenangkan dan proses penyembuhannya jadi lebih cepat ya, Moms.

  BACA JUGA

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi. Lalu, bagaimana membedakannya?

Artikel17/05/2022

Batuk Pada Anak Terjadi Lebih dari Satu Minggu, Berbahayakah?

Batuk pada anak menjadi salah satu kondisi kesehatan yang sangat dikhawatirkan oleh sebagian besar orang tua. Apa yang harus Moms lakukan?

Artikel09/05/2022