ARTIKEL

ANAK BATUK PILEK DAN MUNCUL BUNYI GROK-GROK SAAT TIDUR? ATASI DENGAN CARA INI, MOMS!

Wednesday, 16 February 2022

Anak Batuk Pilek dan Muncul Bunyi Grok-Grok Saat Tidur? Atasi dengan Cara Ini, Moms!

Sebagai seorang ibu, melihat anak batuk pilek terutama di masa pandemi seperti saat ini tentu menimbulkan panik yang berbeda dari biasanya. Apalagi jika kondisi ini sampai membuat istirahatnya di malam hari menjadi tidak nyaman, mulai dari hidung tersumbat yang menyebabkan anak kesulitan bernapas melalui hidung, tenggorokan gatal, hingga muncul bunyi “grok-grok” akibat dahak yang mengganggu sistem pernapasan. Lantas, apakah ini merupakan hal yang normal? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

 

Mengapa napas Si Kecil berbunyi saat tidur?

 

Dilansir dari laman situs Popmama.com, bunyi napas grok-grok yang dialami oleh Si Kecil saat tidur di malam hari umumnya terjadi akibat adanya penumpukkan lendir di saluran pernapasan (tenggorokan). Moms tak perlu khawatir karena kondisi ini wajar terjadi, apalagi jika Si Kecil sedang mengalami flu dan batuk.

 

Mengutip sebuah artikel dari laman online Haibunda.com, dr.Darmawan B Setyanto, Sp.A(K), selaku dokter spesialis anak menjelaskan bahwa dinding saluran napas manusia menghasilkan dahak atau cairan lendir secara alami yang memiliki berbagai fungsi. Salah satunya adalah menyaring dan menahan zat asing seperti debu atau partikel yang memicu terjadinya gangguan di saluran pernapasan.

 

Saat gangguan terjadi, lendir akan menjalankan perannya sebagai mucociliary clearance untuk membersihkan saluran pernapasan dari debu atau benda asing yang menempel. Saat proses pembersihan berlangsung, lendir dan benda asing (kotoran, debu, atau partikel lain) bergerak ke arah tenggorokan. Pergerakan inilah yang menstimulasi tubuh untuk melakukan batuk atau bersin. Tujuannya adalah untuk mendorong gumpalan lendir keluar dari dalam tubuh. Nah, udara di saluran pernapasan yang melewati cairan lendir inilah yang menimbulkan suara grok-grok saat Si Kecil tidur.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Anak Flu Batuk Saat School From Home

 

Bagaimana cara mengatasi napas berbunyi saat anak batuk pilek?

Meski napas berbunyi saat anak tidur merupakan keluhan yang wajar terjadi, namun hal ini tentu tidak boleh dianggap sepele. Nah, untuk meringankan napas Si Kecil dan mencegahnya mengalami sesak napas, Moms bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  • Melonggarkan pakaian anak (pastikan tidak ada yang mengikat terutama di bagian leher dan dada). Ajak Si Kecil untuk tidur dengan posisi duduk dengan sedikit membungkuk. Posisi inilah yang dapat membantunya bernapas dengan lebih mudah sekaligus membuat tubuhnya lebih rileks.
  • Jika bunyinya semakin keras, segera bangunkan Si Kecil dan minta ia bernapas menggunakan mulut (Moms bisa memberikan contoh agar dapat ditiru oleh Si Kecil). Selain bisa meringankan napas berbunyi, teknik ini juga sangat efektif untuk meringankan sesak napas, sehingga anak bisa bernapas lebih dalam dan lega saat tidur.
  • Memberikan satu sendok madu sebelum tidur di malam hari. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu dipercaya bisa melegakan tenggorokan sehingga Si Kecil bisa tidur dengan lebih nyaman.

 

Selain dengan melakukan beberapa cara di atas, pastikan juga untuk memerhatikan kondisi Si Kecil secara rutin ya, Moms. Jika ada gejala penyerta seperti napas tersengal-sengal dan cepat, demam, dan batuk yang cukup intens, segera periksakan kondisi kesehatan Si Kecil secara langsung pada dokter.

 

Namun, jika napas berbunyi yang dialami disebabkan oleh anak batuk pilek, maka Moms juga bisa memberikan obat flu dan batuk khusus anak yang mengandung Phenylephrine yang bekerja sebagai dekongestan, serta kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

Sebaliknya, jika Si Kecil mengalami flu dan batuk berdahak, sebaiknya berikan obat yang mengandung Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, dan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan.

Artikel Lainnya: Anak Batuk Pilek Demam Panas Naik Turun

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022