ARTIKEL

MENGAPA ANAK TIDAK NAFSU MAKAN SAAT FLU BATUK YA, MOMS? SIMAK TIPS MENGATASINYA!

Wednesday, 29 June 2022

Mengapa Anak Tidak Nafsu Makan Saat Flu Batuk Ya, Moms? Simak Tips Mengatasinya!

Saat Si Kecil mengalami flu batuk, umumnya mereka juga akan menderita sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan. Hal inilah yang akhirnya membuat nafsu makannya menurun. Namun, sebagai ibu pastinya kita ingin selalu memastikan bahwa kebutuhan nutrisi anak tetap tercukupi dengan baik meski sedang sakit kan, Moms? Tak perlu khawatir, beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk mengatasinya.

 

Membuatkan menu favorit Si Kecil

Langkah pertama untuk memancing nafsu makan Si Kecil saat flu batuk adalah dengan membuatkan menu favoritnya, namun dengan tampilan yang lebih cantik dan unik. Selain bisa membantu mempercepat pemulihan tubuhnya, cara yang satu ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk yang satu ini, Moms bisa memasak sop ayam sayur dengan isian sayur wortel yang dipotong menggunakan food cutter berbentuk bintang atau bentuk unik lainnya, membuatkan telur mata sapi dengan hiasan sayur brokoli yang menyerupai rambut, atau nasi goreng dengan campuran sayuran warna-warni di dalamnya.

 

Merawat Si Kecil sesuai love languagenya

Sebagai seorang ibu, apakah Moms sudah tau love language atau bahasa kasih yang dimiliki oleh Si Kecil? Jika sudah tau, maka Moms bisa merawatnya dengan cara memberikan perhatian dan kasih sayang dengan bahasa kasih yang sesuai dengan kebutuhannya, terutama saat Si Kecil mogok makan selama flu dan batuk. Sebagai contohnya, jika Si Kecil meiliki bahasa kasih ‘quality time’, Moms dan suami bisa menjanjikan untuk terus menemaninya saat makan dan bermain selama sakit. Atau untuk Si Kecil yang bertipe ‘apresiasi’, tunjukkan perhatian dengan memujinya setiap kali ia berhasil menelan suapan yang Moms berikan. Semoga dengan cara ini moodnya bisa membaik dan jadi lebih kooperatif ya, Moms!

 

Menjelaskan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh lewat makanan

Agar Si Kecil tetap mau makan saat flu dan batuk, Moms juga bisa mengakalinya dengan langsung memberi penjelasan mengenai cara kerja makanan dan pentingnya nutrisi bagi tubuh kita. Untuk yang satu ini, Moms bisa coba jelaskan dengan perumpamaan. Misalnya tubuh kita seperti mainan yang bergantung pada baterai yang asalnya dari makanan. Jika baterainya habis, pasti tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Sama seperti tubuh kita, tanpa diberi makan maka bisa lemas dan sakitnya tak kunjung sembuh. Moms juga bisa mengingatkannya akan hal-hal yang bisa dinikmati ketika sehat seperti makan es krim, pergi ke mall, ke taman bermain, main bersama teman dan keluarga, dan hal lainnya yang disukai Si Kecil agar dia semangat untuk segera sembuh.

 

Baca Juga: Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

 

Memberikan obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak

Jika sakit flu dan batuk pada anak semakin membuatnya merasa tidak nyaman, Moms juga bisa memberikan obat flu dan batuk khusus anak-anak yang dilengkapi dengan Phenylephrine. Tujuannya adalah untuk meredakan demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat yang disertai batuk berdahak. Namun, jika Si Kecil sering batuk tidak berdahak, Moms bisa berikan obat yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan flu dan batuk seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

 

Agar Si Kecil tidak merasa takut saat tiba waktunya minum obat, pastikan untuk memilih obat batuk yang mengandung rasa manis dan disukai anak-anak ya, Moms. Dengan begini, proses pemulihan flu dan batuk yang dialami Si Kecil bisa berlangsung lebih cepat, deh.

 

bodrexin flu batuk PE

 

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA

Hati-hati si Kecil Terkena Flu Batuk Usai Libur Lebaran, Cegah dengan Cara Ini!

Untuk mencegah si Kecil terkena flu dan batuk setelah libur lebaran Moms bisa melakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut ini:

Artikel19/04/2023

Berencana untuk Bepergian di Akhir Pekan, Namun Flu Batuk Pada Anak Belum Sembuh? Simak Solusinya Berikut Ini!

Berencana untuk Bepergian di Akhir Pekan, Namun Flu Batuk Pada Anak Belum Sembuh? Coba simak beberapa solusinya berikut ini.

Artikel08/09/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022