ARTIKEL

PENTING DIKETAHUI! ATURAN MEMBERIKAN OBAT FLU & BATUK PADA ANAK

Monday, 27 June 2022

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat. Apalagi jika keluhannya cukup mengganggu dan membuat istirahat Si Kecil menjadi tidak nyenyak di malam hari. Tak perlu panik, dilansir dari laman Halodoc.com, berikut ini aturan memberikan obat flu dan batuk pada anak yang penting untuk Moms dan suami ketahui.

 

1. Mengetahui jenis batuk yang dialami Si Kecil

Pertama, ketahui dulu jenis batuk yang dialami oleh Si Kecil. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan pemberian obat flu dan batuk pada anak. Batuk sendiri terbagi menjadi dua, yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Biasanya saat batuk juga akan disertai dengan kondisi lain, seperti demam, sakit kepala, bersin, dan hidung tersumbat.

 

2. Memilih obat flu dan batuk untuk anak dengan cermat

Setelah mengetahui jenis batuk anak, maka akan semakin mudah pula bagi Anda dalam memilih obat batuk yang tepat bagi Si Kecil. Jika mengalami flu dan batuk berdahak, pilihlah obat batuk expectorant (pengencer dahak) dan decongestant untuk meredakan hidung tersumbat. Sebaliknya, jika Si Kecil mengalami flu dan batuk tidak berdahak, pilihlah obat batuk antitusif untuk mengurangi frekuensi batuknya.

 

Baca Juga: Agar Anak Tidak Mudah Kena Flu Dan Batuk, Hindari Konsumsi Makanan Ini Ya, Moms!

 

3. Baca dengan teliti instruksi penggunaan pada kemasan

Selain memberikan obat sesuai dengan jenis batuk yang dialami, pastikan juga untuk selalu membaca informasi yang tertera dalam kemasan obat, terutama soal indikasi efek samping yang mungkin muncul, kandungan obat, dan dosis yang dianjurkan untuk menghindari kesalahan dosis konsumsi obat, dan juga frekuensi pemberian obat yang tepat. Moms tidak perlu bingung, karena biasanya di dalam kemasan obat flu dan batuk anak juga telah disediakan sendok takaran yang bisa dipakai dan setiap aturan pemberian obatnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Namun, untuk anak yang berusia dibawah 5 tahun sebaiknya diberi dosis sesuai petunjuk dokter, ya.

 

4. Mengetahui efek samping obat

Penting juga untuk mengetahui efek samping yang mungkin muncul dari pemberian obat flu dan batuk untuk anak. Umumnya, efek samping yang akan muncul adalah rasa kantuk setelah mengonsumsi obatnya. Informasi seputar efek samping ini juga bisa Moms temukan pada kemasan obatnya. Lagi-lagi, jangan sampai kelewatan untuk membacanya ya, Moms.

 

5. Memberikan obat flu dan batuk dengan cara yang menyenangkan

Agar anak tidak takut minum obat, berikan obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak dengan rasa buah-buahan manis yang mereka sukai. Moms bisa memberikan obat ini sambil nonton film favorit Si Buah Kecil atau sambil membacakan dongeng untuknya. Hindari pemberian obat batuk khusus orang dewasa, pasalnya kandungan obat di dalamnya tidak sesuai dengan kebutuhan obat yang bisa ditolerir oleh tubuh anak-anak.

 

Jika keluhan batuk pada anak terjadi lebih dari satu minggu, sebaiknya segera konsultasikan kondisinya pada dokter ya, Moms!

 

Source: Halodoc.com

 

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Libur Sekolah Tiba, Tapi Kasus COVID-19 Meningkat, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Liburan sekolah namun pandemi COVID-19. Moms perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berlibur agak tetap aman dan menyenangkan.

Artikel04/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023