ARTIKEL

MENGAPA ANAK SERING DEMAM SETELAH PLAYDATE?

Wednesday, 15 March 2023

Mengapa Anak Sering Demam Setelah Playdate?

Mengajak si Kecil playdate bersama teman-teman sebayanya tentu sangat menyenangkan. Apalagi kegiatan bermain dengan teman sebaya bisa menstimulasi perkembangan sosial dan psikomotorik anak. Namun tidak jarang, setelah playdate anak justru mengalami demam. Tentu hal ini membuat Moms resah. Sebenarnya kenapa anak sering demam setelah playdate? Bagaimana Moms harus menyikapinya?

 

Ini adalah mimpi terburuk setiap orang tua ketika si kecil terserang flu dari anak lain atau teman keluarga saat bermain. Tapi apakah itu berarti kita semua melarang si Kecil untuk bermain dan berinteraksi dengan anak-anak lain? Tentu saja tidak. Namun ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat mengajak anak playdate:

 

Periksa kondisi setiap orang

Meski pandemi sudah berlalu, memastikan kondisi setiap anak dan orangtua yang akan hadir dalam playdate sehat adalah keharusan. Pastikan Moms dan teman-teman Moms berkomitmen untuk saling menjaga kesehatan. Jangan ragu untuk menunda atau mereschedule jadwal playdate apabila ada yang sakit.

 

Rencanakan lokasi di luar ruangan

Kita semua tahu bahwa sirkulasi udara adalah hal yang penting dalam menjaga kesehatan. Jika memungkinkan, pilihlah lokasi bermain di area outdoor. Playdate yang direkomendasikan misalnya kegiatan berenang, bersepeda, atau menyewa trampolin untuk bermain di luar ruangan dan permainan outdoor lainnya. Jika tidak memungkinkan pastikan ruangan bermain anak-anak memiliki ventilasi yang baik.

 

Siapkan barang-barang penting

Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer, tisu, dan semprotan disinfektan. Pakaian ganti juga tidak boleh tertinggal. Pastikan untuk mencuci tangan atau membersihkan sanitasi sebelum masuk atau makan. Moms bahkan dapat memilih untuk membawa makanan ringan dalam kemasan satuan sehingga anak-anak bisa berbagi camilan dengan aman. Perhatikan juga asupan cairan yang diminum si Kecil selama bermain, pastikan tercukupi.

 

Mencuci tangan dan mandi

Setelah selesai bermain, pastikan anak-anak mencuci tangan dan berganti pakaian. Setibanya di rumah, pastikan mereka juga mandi dengan bersih. Ini adalah cara terbaik untuk melawan infeksi kuman.

 

Pantau kondisi si Kecil beberapa waktu pasca playdate berlangsung. Ukur suhunya secara berkala dan beri asupan makanan bergizi untuk si Kecil. Apabila terjadi demam, jangan panik Moms! Berikan si Kecil obat pereda demam sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan biarkan si Kecil untuk beristirahat.

 

Artikel Lainnya: Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

  BACA JUGA