ARTIKEL

4 CARA MEREDAKAN BATUK PADA ANAK YANG AMAN, MUDAH DAN EFEKTIF. PERNAH MOMS COBA?

Tuesday, 05 January 2021

4 Cara Meredakan Batuk Pada Anak yang Aman, Mudah dan Efektif. Pernah Moms Coba?

Sebagai orangtua apalagi seorang ibu, mengetahui cara meredakan batuk pada anak tentu menjadi hal yang sangat penting, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Nah, untuk menambah jurus ampuh Moms dalam menjaga kesehatan Si Kecil di rumah, yuk simak beberapa hal berikut ini.

 

Cara Meredakan Batuk Pada Anak

 

Minum Air Hangat

Penyebab batuk yang terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa adalah karena adanya virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan. Virus inilah yang nantinya akan berkembang biak dan menyebabkan tenggorokan terasa gatal akibat lendir atau dahak yang dihasilkan. Untuk itu, banyak orang akan menyarankan agar minum air hangat secara rutin saat batuk melanda. Tujuannya antara lain untuk mengencerkan dahak, menjaga selaput lendir tetap lembap untuk mencegah produksi lendir yang berlebihan, dan juga mendorong virus yang menempel di tenggorokan untuk kemudian dikeluarkan melalui keringat maupun urin.

 

Madu dan Jeruk Nipis atau Lemon

Selain banyak dikonsumsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, perasan jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai cara meredakan batuk pada anak maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan jeruk nipis atau lemon kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi rasa gatal di tenggorokan, sehingga Si Kecil bisa beraktivitas atau istirahat dengan nyaman. Agar tidakN terlalu asam, Moms bisa mencampurkannya dengan sedikit air hangat dan juga madu sebelum memberikannya pada Si Kecil dua sampai tiga kali dalam satu minggu sebelum tidur di malam hari hingga batuknya mereda. Namun, pastikan Si Kecil perutnya sudah terisi sebelum meminumnya, ya.

 

Menggunakan Irisan Bawang Merah

Saat anak batuk, tak jarang pula orangtua yang memanfaatkan bawang merah sebagai cara meredakan batuk anak di rumah. Caranya adalah dengan mengiris bawang merah dan ditempatkan dalam satu wadah yang diletakkan di samping tempat tidur Si Kecil. Irisan bawang merah ini menghasilkan uap yang konon bisa meredakan batuk anak lho, Moms!

Baca Juga: Anak Panas Karena Batuk Pilek, Wajar Atau Tidak, Ya?

 

Minum Obat

Selain beberapa cara di atas, langkah paling mudah dan efektif lainnya yang bisa Moms lakukan adalah dengan memberikan obat batuk khusus anak untuk meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Saat Si Kecil mengalami batuk berdahak, segera berikan bodrexin Flu & Batuk PE yang mengandung Guaifenesin dan Bromhexine yang sangat ampuh untuk meredakan batuk berdahak. Tak hanya itu, obat ini juga dilengkapi dengan kandungan PE (Phenylephrine) sebagai dekongestan yang sangat efektif untuk melegakan hidung tersumbat saat flu.

cara meredakan batuk anak dengan obat batuk bodrexin rasa jeruk

Namun, jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak Moms bisa memberikannya bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH dengan kandungan DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan batuk tidak berdahak dan beberapa gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Dengan begini, Si Kecil bisa istirahat dengan nyaman di malam hari.

cara meredakan batuk pada anak yang efektif dengan obat bodrexin

Selain memberikan obat batuk, ajak juga Si Kecil untuk memakai masker saat mereka sakit dan juga menjaga kebersihan rumah dengan baik. Oh iya, Moms juga tak perlu bingung, obat batuk yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk manis dan aman diminum oleh anak usia enam tahun ke atas ini bisa Bunda dapatkan juga secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia,>Blibli dan >Lazada. Yuk beli sekarang juga sebagai persediaan obat di rumah, Moms!

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Libur Sekolah Tiba, Tapi Kasus COVID-19 Meningkat, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Liburan sekolah namun pandemi COVID-19. Moms perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berlibur agak tetap aman dan menyenangkan.

Artikel04/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023