ARTIKEL

CARA MEREDAKAN DEMAM SAAT ANAK TUMBUH GIGI

Monday, 13 March 2023

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi adalah proses yang harus dilalui oleh si Kecil dan dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti ketidaknyamanan, rewel, bahkan demam. Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi?

Meski ‘demam tumbuh gigi’cukup terdengar familiar bagi para orangtua, namun ternyata tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Namun tidak bisa dipungkiri, demam seringkali muncul bertepataan dengan tumbuh gigi. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Rumah Sakit Anak Seattle (SCH) memperingatkan bahwa demam bukanlah tanda tumbuh gigi, melainkan gejala infeksi. Infeksi ini biasanya terjadi lebih sering saat anak berusia 6-12 bulan. Ini bertepatan dengan usia di mana sebagian besar anak mulai tumbuh gigi. Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

 

1. Terpapar kuman

Pada usia 6-12 bulan, si Kecil mulai memiliki keinginan untuk bereksplorasi dengan mengisap dan mengunyah berbagai benda saat mereka menjelajahi dunianya dan memasukkan benda ke dalam mulut. Hal ini membuat si Kecil terpapar kuman dan virus yang mungkin menjadi penyebab demam.

 

2. Kehilangan antibodi

Ketika bayi berusia 6–12 bulan, mereka mulai kehilangan antibodi yang ditransfer oleh Moms sejak kelahiran mereka. Ini berarti sistem kekebalan mereka harus merespons lebih banyak infeksi seperti flu, batuk, atau penyakit lainnya yang membawa demam sebagai gejala penyerta.

 

Singkatnya, demam dapat terjadi bersamaan dengan tumbuh gigi. Namun, demam adalah tanda infeksi, bukan gejala normal tumbuh gigi. Gejala utama yang dialami saat si Kecil tumbuh gigi adalah nyeri. Saat gigi tumbuh dari garis gusi, hal itu menyebabkan kerusakan pada gusi. Nyeri gusi ini mungkin disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam gusi yang baru saja pecah. Kondisi ini diperburuk karena si Kecil belum bisa mengungkapkan rasa nyeri yang terjadi pada gusinya, akibatnya si Kecil lebih gampang rewel dan menangis.

 

Baca Juga: Anak Demam Naik Turun, Apa Hal yang Perlu Moms Perhatikan?

 

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Moms dapat mencoba beberapa strategi untuk membantu meringankan ketidaknyamanan tumbuh gigi pada si Kecil:

  • Menggosok gusi: Gunakan jari yang bersih untuk memberikan tekanan lembut pada gusi.
  • Berikan teether: Untuk anak yang berusia lebih kecil dan baru mengalami tumbuh gigi pertamanya, Anda mungkin bisa memberikan teether berbahan karet agar bisa digigit oleh gusi si Kecil.

Jika si Kecil mengalami demam bersamaan dengan tumbuh gigi, periksakanlah ke dokter segera agar dapat penanganan dan obat pereda demam untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak sekaligus meredakan nyeri. Moms, perhatikan juga kebutuhan nutrisinya dengan memberikan si Kecil makanan bergizi dengan tekstur lebih lunak agar asupan gizinya tetap terpenuhi dalam kondisi ini.

  BACA JUGA

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022