ARTIKEL

MENGATASI FLU PADA ANAK, PERLUKAH LANGSUNG KE DOKTER?

Tuesday, 07 December 2021

Mengatasi Flu Pada Anak, Perlukah Langsung ke Dokter?

Mengatasi flu pada anak tidak perlu langsung dibawa ke dokter kok, Moms. Pasalnya, flu merupakan hal yang wajar terjadi pada anak akibat adanya infeksi virus yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Umumnya, anak akan mengalami beberapa gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, demam ringan, dan juga nafsu makan yang berkurang saat flu. Namun tenang Moms, kondisi seperti ini tidak perlu dikhawatiran karena bisa kita tangani sendiri di rumah dan akan membaik dalam hitungan hari. 

Nah, agar proses penyembuhan sakit flu pada anak berlangsung lebih cepat, coba lakukan beberapa cara berikut ini ya, Moms!

 

Mengatasi Flu Pada Anak: 

 

Istirahat di Rumah  

Saat flu, Si Kecil akan membawa virus dalam tubuhnya. Oleh karena itu, pastikan agar ia mendapatkan istirahat yang cukup (terutama di malam hari) di rumah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya dan mempercepat proses penyembuhannya. Berikan juga pemahaman pada Si Kecil untuk ‘memisahkan diri’ sejenak agar tidak menularkan virus ke anggota keluarga lainnya di rumah. 

 

Minum Air Hangat 

Agar proses penyembuhannya juga berjalan lancer, pastikan untuk memenuhi kebutuhan air mineral Si Kecil dengan cara memberikannya air minum hangat ya, Moms. Pasalnya, saat flu anak cenderung banyak kehilangan cairan tubuhnya. Cara ini juga dipercaya mampu mendorong virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan (tenggorokan) ke dalam lambung untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan juga keringat. 

 

Menerapkan Protokol Kesehatan yang Ketat di Rumah 

Untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penularan virusnya, pastikan juga untuk menerapkan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh anggota keluarga di rumah, seperti:

  • Menggunakan masker saat berinteraksi di rumah dan menggantinya setiap empat jam sekali
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih setelah makan atau memegang benda tertentu
  • Menutup mulut dan hidung saat bersin menggunakan tangan atau lipatan siku

Baca Juga: Moms! Ini Dia Cara Mudah Untuk Mencegah Penularan Virus

 

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Melalui Makanan

Meski saat flu anak juga akan kehilangan nafsu makannya, namun bukan berarti kita berhenti berusaha memenuhi kebutuhan nutrisinya lewat makanan ya, Moms. Untuk mengatasinya, coba berikan makanan seperti sayur sop yang tinggi kadar air dan juga nutrisi yang terkandung dalam sayuran serta daging di dalamnya. Berikan juga buah favorit Si Kecil, seperti jeruk dan semangka yang tinggi kadar airnya dan mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Tak perlu makan banyak dan habis sekali waktu, yang penting sering sehingga kebutuhan nutrisinya tetap terjaga.

Baca Juga: Hangatnya Makanan Ini Bisa Bantu Redakan Flu

 

Memberikan Obat

Mengatasi flu pada anak juga bisa dengan memberikan obat flu yang cocok untuk anakdan mengandung Phenylephrine di dalamnya berperan sebagai dekongestan dan efektif untuk membantu melegakan hidung tersumbat saat mengalami flu. Jika Si Kecil juga mengalami keluhan batuk berdahak, Moms bisa memberikan obat batuk berdahak anak dengan kandungan Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya meredakan batuk berdahak yang menyertai flu pada anak. Kandungan 

Sebaliknya, jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak, coba berikan obat flu dan batuk tidak berdahak anak yang mengandung DPH (Diphenhydramine). Kandungan inilah yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

Baca Artikel Lainnya: Batuk Pada Anak Disertai Napas Cepat? Waspadai Penyakit Ini Ya, Moms!

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022