ARTIKEL

FAKTA MINUM AIR HANGAT UNTUK MENGATASI FLU DAN BATUK PADA ANAK

Wednesday, 17 August 2022

Fakta Minum Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Musim pancaroba seperti saat ini tentu sangat identik dengan keluhan flu dan batuk pada anak. Tak jarang, gejala yang terjadi seperti sakit tenggorokan membuat Si Kecil menjadi tidak nafsu makan dan menghambat proses pemulihannya. Lantas, benarkah bahwa rutin minum air hangat bisa membantu mengatasi flu dan batuk pada anak?

 

Manfaat minum air hangat untuk mengatasi flu dan batuk pada anak

Minum air hangat secara rutin merupakan cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang paling sederhana dan efektif. Dilansir dari Kompas.com, air hangat memicu produksi saliva lebih banyak yang mampu membantu melubrikasi tenggorokan, sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman saat flu dan batuk. Tak hanya itu saja, minum air mineral hangat juga membantu mengencerkan mukus sinus atau lendir, sehingga bisa meredakan rasa sesak yang timbul saat batuk.

 

Selain air mineral hangat, Moms juga bisa memberikan beberapa jenis air hangat lainnya saat Si Kecil mengalami flu dan batuk, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Air hangat yang dicampurkan dengan lemon dan madu. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan madu ampuh untuk melegakan tenggorokan.
  2. Air kaldu hangat untuk menghidrasi tubuh sekaligus memenuhi asupan nutrisi pada tubuh.
  3. Teh hangat untuk membantu menenangkan saat anak flu dan batuk, sehingga mereka bisa istirahat lebih nyaman dan tenang terutama di malam hari.

 

Namun, jika flu dan batuk Si Kecil cukup mengganggu dan membuat tidurnya tidak nyaman, Moms bisa mengatasinya dengan cara memberikan obat flu dan batuk khusus anak-anak yang dilengkapi dengan Phenylephrine. Tujuannya adalah untuk meredakan demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat yang disertai batuk berdahak.

 

Baca Juga: Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

 

Namun, jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak, Moms bisa berikan obat yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan flu dan batuk seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

 

Penting untuk mengetahui gejala Si Kecil dalam memberikan obat yang sesuai. Dengan begini, proses pemulihan flu dan batuk yang dialami Si Kecil bisa berlangsung lebih cepat, deh.

 

 

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Ternyata mandi air hangat bisa memberikan manfaat yang cukup baik bagi tubuh anak saat sedang sakit. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

Artikel27/07/2022

Cara Mengatasi Flu dan Batuk Pada Anak

Selain dengan memberikan perhatian penuh pada anak saat sakit, yuk simak cara mengatasi flu dan batuk pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

Artikel16/06/2021