ARTIKEL

BEBAS RIBET, INI DIA CARA ALAMI MENGATASI ANAK FLU BATUK YANG BISA MOMS LAKUKAN DI RUMAH

Monday, 08 August 2022

SHARE      

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Memasuki musim pancaroba, flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Apalagi mengingat bahwa mereka sudah kembali menjalani sekolah tatap muka dan bertemu dengan teman-temannya, sehingga kemungkinan tertular pun juga semakin besar. Jika sudah begini, pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

 

1. Mengatasi anak flu batuk dengan uap panas

Saat anak mengalami flu, biasanya hidungnya akan tersumbat dan membuatnya kesulitan untuk bernapas, terutama saat tidur di malam hari. Belum lagi ditambah keluhan batuk yang mengikuti. Untuk mengatasi hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan Si Kecil, Moms bisa memanfaatkan uap hangat, nih. Caranya cukup tuangkan air panas dalam wadah, lalu ajak Si Kecil untuk menghirup uapnya. Agar semakin optimal, gunakan kain atau handuk untuk menyelubungi Si Kecil saat menghirup uap panasnya ya, Moms.

 

Baca Juga: Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

 

2. Meredakan batuk dengan air perasan jeruk lemon

Meredakan batuk pada anak secara alami juga bisa dilakukan dengan pemberian air perasan jeruk nipis atau lemon. Dilansir dari Popmama.com, lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dipercaya bisa melegakan dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan saat batuk.

Caranya, cukup siapkan satu buah lemon dan ¼ gelas air hangat. Peras lemonnya, kemudian campurkan dengan air hangat dan aduk hingga tercampur rata dan berikan pada Si Kecil. Agar rasanya tidak terlalu asam dan Si Kecil pun suka, Moms bisa menambahkan satu sendok madu ke dalamnya. Lakukan cara ini secara teratur (dua hingga tiga kali seminggu) hingga batuknya mereda ya, Moms.

 

3. Minum Air Putih Hangat

Cara mengatasi flu batuk pada anak yang paling sering dan mudah dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk rajin minum air putih hangat. Tujuannya adalah agar bakteri yang menempel di saluran pernapasan terdorong masuk ke saluran pencernaan untuk kemudian dikeluarkan melalui keringat. Selain itu, minum air putih hangat saat batuk juga sangat diperlukan agar cairan dalam tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi.

 

4. Berkumur menggunakan air garam

Mengatasi batuk pada anak secara alami selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Sebab, garam memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri yang ada di mulut. Untuk mempraktikkannya, masukkan setengah sendok makan garam ke dalam gelas, lalu larutkan menggunakan air hangat, lalu ajak Si Kecil untuk berkumur dengan air garam sambil mengangkat kepala (gargling). Setelah itu, buang air garam yang sudah dikumur-kumur. Lakukan cara ini secara rutin tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya, Moms.

 

Jika keluhan batuk anak semakin mengganggu, Moms juga bisa memberikan obat pereda batuk yang sesuai gejalanya ya. Pantau perkembangan kesehatan Si Kecil setiap harinya, jika tak kunjung membaik sebaiknya segera konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya, Moms.

 

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi. Lalu, bagaimana membedakannya?

Artikel17/05/2022