ARTIKEL

BERENCANA UNTUK BEPERGIAN DI AKHIR PEKAN, NAMUN FLU BATUK PADA ANAK BELUM SEMBUH? SIMAK SOLUSINYA BERIKUT INI!

Thursday, 08 September 2022

Berencana untuk Bepergian di Akhir Pekan, Namun Flu Batuk Pada Anak Belum Sembuh? Simak Solusinya Berikut Ini!

Belakangan ini, keluhan flu batuk pada anak mengalami kelonjakan semenjak proses belajar tatap muka kembali dilaksanakan. Belum lagi ditambah dengan datangnya musim hujan yang membuat kelembapan udara semakin meningkat dan membuat daya tahan tubuh anak menurun. Tak hanya membuat istirahatnya terganggu, kondisi kesehatan ini juga bisa mengganggu banyak hal, mulai dari rutinitas harian di sekolah, waktu bermain, hingga quality time bersama keluarga saat di akhir pekan.

 

Tak perlu bingung, Moms. Jika kebetulan Moms sudah berencana untuk bepergian di akhir pekan dan tidak mungkin meninggalkan anak sendirian di rumah, coba simak beberapa solusinya berikut ini.

 

1. Pastikan kondisi anak

First thing first, pahami kondisi anak saat flu dan batuk. Selain memantau kondisi kesehatan anak dan memeriksakannya langsung pada dokter, Moms juga bisa menanyakannya langsung pada mereka. Jika keluhan flu dan batuk pada anak dirasa tidak terlalu parah, maka Moms bisa melanjutkan rencana perjalanannya.

 

2. Tetap menggunakan masker selama bepergian

Tak hanya berlaku untuk anak yang sedang mengalami flu dan batuk, sebaiknya ajak seluruh anggota keluarga untuk melakukannya juga.  Tujuannya adalah untuk mencegah penularan virus pada anggota keluarga lainnya. Ajarkan juga untuk mengganti masker medis setiap empat jam sekali ya, Moms.

 

3. Menggunakan alat makan dan minum yang berbeda

Tujuannya adalah untuk mencegah penularan, karena virusnya bisa saja menempel di piring atau gelas yang dipakai oleh Si Kecil. Bila perlu, Moms juga bisa membawa alat makan sendiri dari rumah untuk memastikan kebersihannya.

 

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Flu dan batuk pada anak bisa terjadi akibat imun tubuh yang menurun. Untuk membantu meningkatkan imun tubuhnya, berikan makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan serta menu makanan seperti sayur sop, sayur bayam, capcay, atau makanan berkuah lain yang disukai Si Kecil selama bepergian ya, Moms.

 

Artikel Lainnya: Simak! Efek Samping Lain yang Mungkin Dialami Si Kecil Setelah Vaksin

 

5. Batasi kegiatan saat bepergian

Jika sebelumnya sudah menyusun rencana kegiatan untuk dilakukan saat bepergian, Moms bisa memangkas beberapa aktivitas yang sekiranya masih bisa dilakukan di kesempatan lain. Sebaliknya, Moms bisa menghabiskan waktu dengan bersantai baik di hotel maupun penginapan bersama anak dan keluarga. Tak hanya membantu anak mendapatkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan imun tubuhnya, cara yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan bonding dengan keluarga, loh.

 

6. Menghindari makanan manis

Selama anak mengalami flu dan batuk, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen, minuman manis dan bersoda, cokelat, atau snack manis lainnya. Sebab, mengonsumsi makanan tinggi gula bisa mengganggu daya tahan tubuhnya, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhannya.

 

7. Menyediakan perlengkapan obat yang dibutuhkan

Saat anak mengalami flu yang disertai batuk berdahak, sediakan obat dengan kandungan Paracetamol untuk menurunkan demam, Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak dan Phenylephrine (PE) yang bekerja secara efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan. Namun, jika batuk yang dialami tidak berdahak, Moms bisa menyediakan obat flu dan batuk anak yang mengandung DPH (Diphenhydramine). Kandungan inilah yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat

 

8. Memberikan obat tepat waktu

Solusi mengatasi flu batuk pada anak saat bepergian adalah dengan memberikan obat yang sesuai dengan jenis batuk dan usia anak tepat waktu selama bepergian, memiliki kandungan yang bekerja secara efektif untuk meredakan flu, batuk, dan gejala penyertanya.

 

Nah, setelah membaca beberapa solusi di atas, Moms jadi lebih siap dan tenang saat mengajak anak bepergian meski sedang flu dan batuk, deh.

 

Baca Juga:

  BACA JUGA