ARTIKEL

ANAK DEMAM SAAT BELAJAR BERPUASA? YUK, ATASI DENGAN CARA INI, MOMS!

Friday, 16 April 2021

Anak Demam Saat Belajar Berpuasa? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini, Moms!

Selain karena musim pancaroba, kekurangan cairan tubuh dan perubahan waktu tidur bisa menjadi penyebab anak demam saat berpuasa. Tak jarang hal ini membuat anak harus membatalkan puasanya. Nah, agar anak tetap dapat menjalankan ibadah puasanya dengan lebih nyaman, kuat, dan menyenangkan, bagaimana cara mengatasinya ya, Moms?

Tidak Memaksakan Anak untuk Berpuasa

Saat anak demam di tengah aktivitas berpuasanya, langkah pertama yang bisa Moms lakukan adalah mengompres bagian tubuhnya dengan air hangat (kening, ketiak, dan lipatan paha) agar panasnya turun. Berikan juga pemahaman pada anak bahwa mereka diperbolehkan untuk tidak melanjutkan puasanya karena sedang sakit. Agar anak mengerti dan tidak merasa kecewa karena harus batal puasa, jelaskan juga mengenai beberapa kondisi seseorang diperbolehkan untuk tidak puasa, seperti:

  • Sedang sakit
  • Musafir, yaitu mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh
  • Orang yang sudah tua
  • Wanita hamil dan menyusui
  • Balita

Baca Juga: Cara Menurunkan Demam Anak Yang Keliru Dilakukan. Hmm, Apa Saja Ya?

Memenuhi Kebutuhan Air Mineral dan Nutrisi Tubuh

Untuk mencegah anak demam saat belajar berpuasa, pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan air mineral dan juga nutrisi tubuhnya melalui makanan bergizi saat sahur dan buka puasa. Selain minum air mineral yang cukup, mengonsumsi buah yang kaya vitamin C dan memiliki kadar air yang tinggi juga sangat baik untuk mendukung puasanya, lho. Pastikan juga anak mengonsumsi makanan yang mengandung protein sebagai sumber tenaga saat sahur agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Minum Obat Penurun Demam Anak Saat Sahur dan Berbuka

Jika anak terpaksa membatalkan puasanya saat demam, segera berikan obat penurun demam khusus anak-anak seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak. Tak perlu cemas anak tidak mau minum obat, karena bodrexin Demam Sirup ini hadir dalam rasa jeruk yang disukai anak-anak kok, Moms

Yuk, sediakan selalu bodrexin Demam Sirup sebagai salah satu persediaan obat di rumah dengan cara membelinya secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia, >Blibli, dan >Lazada sekarang juga. Minum bodrexin Demam Sirup, demam cepat reda, Si kecil bisa kembali berpuasa, deh!

Artikel Lainnya: Si Kecil Demam? Waspadai Beberapa Kondisi Berikut Ini Ya, Moms!

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022