ARTIKEL

ANAK DEMAM SAAT BELAJAR BERPUASA? YUK, ATASI DENGAN CARA INI, MOMS!

Friday, 16 April 2021

SHARE      

Anak Demam Saat Belajar Berpuasa? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini, Moms!

Selain karena musim pancaroba, kekurangan cairan tubuh dan perubahan waktu tidur bisa menjadi penyebab anak demam saat berpuasa. Tak jarang hal ini membuat anak harus membatalkan puasanya. Nah, agar anak tetap dapat menjalankan ibadah puasanya dengan lebih nyaman, kuat, dan menyenangkan, bagaimana cara mengatasinya ya, Moms?

Tidak Memaksakan Anak untuk Berpuasa

Saat anak demam di tengah aktivitas berpuasanya, langkah pertama yang bisa Moms lakukan adalah mengompres bagian tubuhnya dengan air hangat (kening, ketiak, dan lipatan paha) agar panasnya turun. Berikan juga pemahaman pada anak bahwa mereka diperbolehkan untuk tidak melanjutkan puasanya karena sedang sakit. Agar anak mengerti dan tidak merasa kecewa karena harus batal puasa, jelaskan juga mengenai beberapa kondisi seseorang diperbolehkan untuk tidak puasa, seperti:

  • Sedang sakit
  • Musafir, yaitu mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh
  • Orang yang sudah tua
  • Wanita hamil dan menyusui
  • Balita

Baca Juga: Cara Menurunkan Demam Anak Yang Keliru Dilakukan. Hmm, Apa Saja Ya?

Memenuhi Kebutuhan Air Mineral dan Nutrisi Tubuh

Untuk mencegah anak demam saat belajar berpuasa, pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan air mineral dan juga nutrisi tubuhnya melalui makanan bergizi saat sahur dan buka puasa. Selain minum air mineral yang cukup, mengonsumsi buah yang kaya vitamin C dan memiliki kadar air yang tinggi juga sangat baik untuk mendukung puasanya, lho. Pastikan juga anak mengonsumsi makanan yang mengandung protein sebagai sumber tenaga saat sahur agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Minum Obat Penurun Demam Anak Saat Sahur dan Berbuka

Jika anak terpaksa membatalkan puasanya saat demam, segera berikan obat penurun demam khusus anak-anak seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak. Tak perlu cemas anak tidak mau minum obat, karena bodrexin Demam Sirup ini hadir dalam rasa jeruk yang disukai anak-anak kok, Moms

Yuk, sediakan selalu bodrexin Demam Sirup sebagai salah satu persediaan obat di rumah dengan cara membelinya secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia, >Blibli, dan >Lazada sekarang juga. Minum bodrexin Demam Sirup, demam cepat reda, Si kecil bisa kembali berpuasa, deh!

Artikel Lainnya: Si Kecil Demam? Waspadai Beberapa Kondisi Berikut Ini Ya, Moms!

  BACA JUGA

Tetap Tenang, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Sebelum Pergi ke Dokter

Tak perlu panik berlebihan,berikut ini tips mengatasi anak demam yang bisa Moms lakukan di rumah, lho. Apa saja, ya?

Artikel29/04/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perlukah untuk Tes Darah?

Tes darah karena si Kecil demam tak kunjung turun, sebelum anak tes darah Moms wajib simak hal-hal berikut ini, ya!

Artikel21/04/2021

Waspada Musim Pancaroba, Ini Dia Ciri-ciri Demam Berdarah Pada Anak yang Tidak Boleh Diabaikan!

Ini dia ciri-ciri demam berdarah pada anak yang tidak boleh Moms abaikan disaat musim pancaroba tiba, Simak, yuk!

Artikel12/04/2021