ARTIKEL

ANAK MENGALAMI DEMAM, PERLUKAH TETAP MASUK SEKOLAH?

Friday, 09 June 2023

Anak Mengalami Demam, Perlukah Tetap Masuk Sekolah?

Pendidikan maupun kesehatan anak memang sangat penting. Sayangnya, ada kondisi tertentu yang mungkin membuat Moms sulit memutuskan apakah si Kecil tetap perlu berangkat ke sekolah atau tidak. Misalnya saja ketika si Kecil mengalami demam menjelang waktu penting seperti ujian sekolah. Sebenarnya, perlukah anak demam tetap masuk sekolah? Beberapa hal berikut mungkin dapat menjadi pertimbangan Moms untuk mengambil keputusan.

 

Gejala demam membaik

Dilansir dari healthline.com, para profesional kesehatan merekomendasikan agar anak yang mengalami demam tetap tinggal di rumah sampai mereka cukup sehat untuk kembali ke sekolah. Kriteria ‘sehat’ yang dimaksudkan adalah sekitar 24 jam setelah gejala mulai membaik dan suhu tubuh sudah stabil tanpa obat. Suhu tubuh dapat dikatakan stabil di kisaran 36,6 – 37,2 derajat Celcius. Oleh karena itu, lakukan observasi suhu tubuh si Kecil secara berkala setiap 3-4 jam sekali ya Moms!

 

Hanya mengalami gejala yang ringan

Anak dapat kembali bersekolah jika suhu sudah kembali normal meskipun masih mengalamai gejala ringa seperti pilek. Pastikan untuk menyediakan tisu untuk mereka dan memberi mereka obat bebas yang dapat membantu mengendalikan gejala yang tersisa.

 

Anak sudah terlihat normal

Jika anak Anda terlihat dan bertingkah seolah merasa jauh lebih baik, biasanya aman bagi mereka untuk kembali ke sekolah. Namun ingat, gunakan intuisi Moms sebagai orangtua. Apabila si Kecil masih terlihat kurang fit meskipun suhu tubuh sudah turun dan tidak mengalami gejala lain, pertimbangkan untuk menyuruh si Kecil tetap di rumah.Jika Moms masih belum yakin, cobalah berkonsultasi dulu pada dokter.

 

Jika gejala sakit yang dialami si Kecil sudah sesuai dengan ciri-ciri di atas, maka kemungkinan ia memang sudah berada di tahap penyembuhan dan Moms dapat mempertimbangkannya untuk kembali masuk sekolah. Tentunya dengan persiapan yang baik seperti membawakannya bekal makanan bergizi, mengingatkan si Kecil untuk rajin mengonsumsi air putih, menggunakan masker, dan menghindari dulu untuk berinteraksi dekat dengan orang lain. Cara tersebut akan membuat anak yang kondisinya baru membaik tetap terlindungi. Namun ingat agar tidak memaksakan kondisi si Kecil ya Moms, apapun kondisinya kesehatan si Kecil adalah yang utama.

 

Hal diatas dapat dikecualikan apabila Si Kecil demam di saat hari penting di Sekolah, misalnya musim Ujian Sekolah. Moms dapat membicarakan kondisi tersebut kepada wali kelasnya Beberapa sekolah mengizinkan anak yang sakit untuk melakukan ujian susulan di saat mereka sudah sembuh atau mungkin memberikan tugas pengganti. Semoga si Kecil lekas sembuh dan selalu sehat ya Moms!

 

Baca Juga: 4 Ide Bekal Lezat dan Sehat untuk si Kecil, Agar Tidak Mudah Sakit

  BACA JUGA