ARTIKEL

TIPS MEMBUJUK ANAK AGAR MAU MAKAN KETIKA SAKIT

Monday, 12 February 2018

Tips Membujuk Anak Agar Mau Makan Ketika Sakit

Ketika Buah Hati terserang flu batuk, ia mungkin akan menderita sakit tenggorokan dan nyeri telan sehingga membuatnya enggan makan. Seperti halnya anak yang susah minum obat, Buah Hati yang susah makan ketika sakit pastilah membuat Moms panik dan sedih. Namun meskipun demikian mereka harus tetap mendapatkan nutrisi agar bisa sehat dan ceria seperti sedia kala. Nah, agar mereka tak menolak saat disuapi, Moms bisa lakukan beberapa trik berikut ini:

Buatkan menu makanan spesial
Untuk mempercepat pemulihan dari sakit, Moms bisa memberi Buah Hati makanan favoritnya namun dengan tampilan lebih cantik. Misalnya sup ayam sayur yang bergizi tinggi dengan wortel yang dipotong memakai food cutter berbentuk bintang, menyusun brokoli seperti pohon dan keju seperti pegunungan. Semoga dengan cara ini dia bisa ke ceria kembali dan tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Merawatnya dengan bahasa kasih
Di saat Buah Hati sakit dan mogok makan, coba berikan perhatian dan kasih sayang dengan bahasa kasih yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya untuk Buah Hati membutuhkan bahasa kasih ‘quality time’, Moms dan suami bisa menjanjikan untuk terus menemaninya main jika ia mau makan. Atau untuk Buah Hati yang bertipe ‘apresiasi’, tunjukkan perhatian dengan memuji dan menyorakinya setiap kali ia berhasil menelan suapan yang Moms berikan. Semoga dengan cara ini moodnya bisa membaik dan jadi lebih kooperatif.

Alihkan perhatian
Ada anak-anak yang sangat fokus jika sedang bermain dengan mainan kesukaannya, sampai-sampai mereka lupa dengan aksi mogok makannya. Apakah Buah Hati Moms merupakan tipe anak seperti ini? Next time, Moms bisa coba alihkan perhatian Buah Hati dengan mengajak main, membacakan Cerita Berbo, atau memutar serial TV anak favoritnya.

Jelaskan pentingnya makan
Jika Buah Hati Moms termasuk anak yang kritis dan sering bertanya, ada baiknya Moms langsung memberi penjelasan mengenai cara kerja makanan di tubuh kita. Bagi Buah Hati yang masih terlalu kecil untuk mengerti, Moms bisa coba jelaskan dengan perumpamaan. Misalnya tubuh kita seperti mainan yang bergantung pada baterai (makanan). Jika baterainya habis, pasti tidak akan bisa berfungsi lagi. Tubuh buah hati juga begitu, tanpa diberi makan tubuhnya bisa lemas dan tak kunjung sembuh. Moms juga bisa mengingatkannya akan hal-hal yang bisa dinikmati ketika sehat seperti es krim, pergi ke mall, ke taman bermain, dan hal lainnya yang disukai Buah Hati agar dia semangat untuk segera sembuh.

Jangan lupa berikan ia bodrexin Flu & Batuk PE untuk bantu meredakan gejala sakit flunya ya Moms! Dilengkapi dengan Phenylephrine, bodrexin Flu & Batuk PE ini diformulasikan khusus dengan bahan yang pas dan efektif untuk meredakan demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat yang disertai batuk berdahak. Jika Buah Hati sering batuk namun tak mengeluarkan dahak, Moms bisa berikan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE untuk membantu mengurangi frekuensi batuknya. Dengan bodrexin, dunia cerah kembali...

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023