ARTIKEL

CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK YANG KELIRU DILAKUKAN. HMM, APA SAJA YA?

Monday, 15 March 2021

Cara Menurunkan Demam Anak yang Keliru Dilakukan. Hmm, Apa Saja Ya?

Saat anak sakit demam, orang pertama yang akan merasa panik dan cemas tentu adalah sosok ibu. Dalam situasi seperti inilah biasanya berbagai cara menurunkan panas anak akan kita cari tahu dan lakukan semaksimal mungkin. Namun sayang, tak jarang juga cara yang kita lakukan sebagai usaha menurunkan demam tubuh anak justru keliru lho, Moms. Kira-kira apa saja, ya?

 

Cara Menurunkan Panas Anak Yang Keliru

 

Memberikan Obat Penurun Demam dengan Dosis Berlebihan

Terkadang rasa panik saat anak sakit dan rasa ingin anaknya cepat sehat membuat seorang ibu memberikan obat anak demam dalam dosis yang berlebihan. Anggapannya adalah, semakin banyak obat diberikan, maka akan semakin cepat pula proses penyembuhannya. Tapi tahan dulu ya, Moms. Langkah pertama yang harus Moms lakukan sebelum memberikan obat demam adalah dengan membaca dosis dan aturan pakai yang tertera di dalam kemasan obatnya. Tak perlu khawatir, anjuran dosis ini pastinya sudah diuji dan diukur dengan tepat sesuai dengan kebutuhan obat anak saat sakit, kok.

 

Mengompres Menggunakan Air Dingin

Cara menurunkan panas anak yang keliru dilakukan selanjutnya adalah dengan mengompres tubuh menggunakan air dingin. Alih-alih bisa membantu menurunkan demam tubuh anak, cara yang satu ini justru bisa membuat anak menggigil kedinginan dan memicu suhu tubuh jauh lebih meningkat dari sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mengompres Anak Demam

 

Mengoleskan Alkohol di Beberapa Bagian Tubuh

Selain mengompres menggunakan air dingin, cara menurunkan panas anak yang masih kerap dilakukan adalah membalurkan alkohol ke seluruh tubuh. Cara yang satu ini merupakan kepercayaan orang dulu yang menganggap bahwa alkohol bisa membantu menurunkan demam anak. Namun jangan lakukan cara ini saat anak demam ya, Moms. Alih-alih demamnya menurun, Si Kecil juga bisa menghadapi risiko keracunan alkohol, lho.

Baca Juga: Demam Pada Anak Naik Turun

 

Menurunkan Demam Anak Yang Tepat

Dari beberapa kesalahan dalam menurunkan demam anak, mana yang pernah Moms alami? Untuk menghindari demam anak makin parah, Moms bisa kok melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Mengompres menggunakan air hangat di beberapa bagian tubuh, seperti dahi, lipatan ketiak, dan lipatan paha.
  2. Mencukupi kebutuhan air mineral Si Kecil. Tujuannya adalah untuk mencegah Si Kecil mengalami dehidrasi saat demam akibat cairan tubuh yang keluar melalui keringat.
  3. Memberikan makanan hangat, seperti sup yang kaya akan vitamin, nutrisi, dan juga mengandung banyak air.
  4. Memberikan obat demam seperti bodrexin Demam yang hadir dalam dua jenis, yaitu bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol dan juga bentuk tablet untuk anak-anak yang sudah bisa mengunyah yaitu bodrexin Tablet dengan kandungan Acetosal yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak, sehingga mereka tak perlu takut lagi saat tiba waktunya minum obat.

Tak perlu cemas anak tidak mau minum obat, karena kedua varian obat demam ini hadir dalam rasa jeruk yang disukai anak-anak kok, Moms. Pastikan untuk selalu membaca cara dan aturan pakainya yang bisa ditemukan dalam kemasannya, ya!

Baca Juga: Anak demam hanya di kepala

Yuk, segera lengkapi kebutuhan obat anak di rumah dengan membeli bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet rasa jeruk manis secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia,>Blibli dan Lazada sekarang juga!

Source: Klikdokter

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Agar Tepat Guna, Yuk Ketahui Perbedaan Obat Demam Anak dan Orang Dewasa Berikut Ini, Moms!

Ternyata ada perbedaan antara demam pada anak dan demam yang dialami oleh orang dewasa, termasuk dalam hal pemberian obat.

Artikel29/11/2022