ARTIKEL

CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK YANG KELIRU DILAKUKAN. HMM, APA SAJA YA?

Monday, 15 March 2021

SHARE      

Cara Menurunkan Demam Anak yang Keliru Dilakukan. Hmm, Apa Saja Ya?

Saat anak sakit demam, orang pertama yang akan merasa panik dan cemas tentu adalah sosok ibu. Dalam situasi seperti inilah biasanya berbagai cara menurunkan demam anak akan kita cari tahu dan lakukan semaksimal mungkin. Namun sayang, tak jarang juga cara yang kita lakukan sebagai usaha menurunkan panas tubuh anak justru keliru lho, Moms. Kira-kira apa saja, ya?

Memberikan Obat Penurun Demam dengan Dosis Berlebihan

Terkadang rasa panik saat anak sakit dan rasa ingin anaknya cepat sehat membuat seorang ibu memberikan obat dalam dosis yang berlebihan. Anggapannya adalah, semakin banyak obat diberikan, maka akan semakin cepat pula proses penyembuhannya. Tapi tahan dulu ya, Moms. Langkah pertama yang harus Moms lakukan sebelum memberikan obat demam adalah dengan membaca dosis dan aturan pakai yang tertera di dalam kemasan obatnya. Tak perlu khawatir, anjuran dosis ini pastinya sudah diuji dan diukur dengan tepat sesuai dengan kebutuhan obat anak saat sakit, kok.

Mengompres Menggunakan Air Dingin

Cara menurunkan demam anak yang keliru dilakukan selanjutnya adalah dengan mengompres tubuh menggunakan air dingin. Alih-alih bisa membantu menurunkan suhu tubuh anak, cara yang satu ini justru bisa membuat anak menggigil kedinginan dan memicu suhu tubuh jauh lebih meningkat dari sebelumnya.

Mengoleskan Alkohol di Beberapa Bagian Tubuh

Selain mengompres menggunakan air dingin, cara menurunkan demam anak yang masih kerap dilakukan adalah membalurkan alkohol ke seluruh tubuh. Cara yang satu ini merupakan kepercayaan orang dulu yang menganggap bahwa alkohol bisa membantu menurunkan panas anak. Namun jangan lakukan cara ini saat anak demam ya, Moms. Alih-alih demamnya menurun, Si Kecil juga bisa menghadapi risiko keracunan alkohol, lho.

Dari beberapa kesalahan dalam menurunkan demam anak, mana yang pernah Moms alami? Untuk menghindari demam anak makin parah, Moms bisa kok melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Mengompres menggunakan air hangat di beberapa bagian tubuh, seperti dahi, lipatan ketiak, dan lipatan paha.
  • Mencukupi kebutuhan air mineral Si Kecil. Tujuannya adalah untuk mencegah Si Kecil mengalami dehidrasi saat demam akibat cairan tubuh yang keluar melalui keringat.
  • Memberikan makanan hangat, seperti sup yang kaya akan vitamin, nutrisi, dan juga mengandung banyak air.
  • Memberikan obat demam seperti bodrexin Demam yang hadir dalam dua jenis, yaitu bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol dan juga bentuk tablet untuk anak-anak yang sudah bisa mengunyah yaitu bodrexin Tablet dengan kandungan Acetosal yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak, sehingga mereka tak perlu takut lagi saat tiba waktunya minum obat.

Tak perlu cemas anak tidak mau minum obat, karena kedua varian obat demam ini hadir dalam rasa jeruk yang disukai anak-anak kok, Moms. Pastikan untuk selalu membaca cara dan aturan pakainya yang bisa ditemukan dalam kemasannya, ya!

Yuk, segera lengkapi kebutuhan obat anak di rumah dengan membeli bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet rasa jeruk manis secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia,Blibli dan Lazada sekarang juga!

Source: Klikdokter

  BACA JUGA

Tetap Tenang, Ini Tips Mengatasi Anak Demam Sebelum Pergi ke Dokter

Tak perlu panik berlebihan,berikut ini tips mengatasi anak demam yang bisa Moms lakukan di rumah, lho. Apa saja, ya?

Artikel29/04/2021

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perlukah untuk Tes Darah?

Tes darah karena si Kecil demam tak kunjung turun, sebelum anak tes darah Moms wajib simak hal-hal berikut ini, ya!

Artikel21/04/2021

Anak Demam Saat Belajar Berpuasa? Yuk, Atasi Dengan Cara Ini, Moms!

Anak demam di tengah aktivitas berpuasa karena musim pancaroba, kekurangan cairan tubuh dan perubahan waktu tidur. Atasi dengan cara berikut ini!

Artikel16/04/2021