ARTIKEL

TAK PERLU PANIK, INTIP CARA MENGATASI ANAK DEMAM SETELAH VAKSIN BERIKUT INI

Thursday, 05 August 2021

SHARE      

Tak Perlu Panik, Intip Cara Mengatasi Anak Demam Setelah Vaksin Berikut Ini

Meski menjadi hal yang wajar terjadi, demam yang dialami oleh anak setelah vaksin tentu cukup membuat kita merasa khawatir. Nah, untuk menghadapi situasi seperti ini, cara mengatasi anak demam setelah vaksin tentu menjadi hal penting yang wajib Moms ketahui agar dapat membantu meredakan demam anak dan juga menghilangkan rasa panik. Kira-kira bagaimana ya caranya?

 

Mengamati Kondisi Anak Beberapa Jam Setelah Vaksin atau Imunisasi

Cara mengatasi anak demam setelah vaksin yang pertama adalah dengan mengamati kondisi anak beberapa jam (3-4 jam) setelah ia menerima suntikan vaksin atau imunisasinya. Biasanya, anak akan merasa tidak nyaman pada tubuhnya dan kesulitan untuk mengomunikasikannya dengan baik. Inilah yang akhirnya membuat mereka rewel, diam, bahkan hingga menangis. Oleh karena itu, luangkan waktu dan dampingi Si Kecil agar mereka merasa lebih aman dan nyaman ya, Moms.

 

Segera Mengompres Saat Demam Muncul

Tak perlu khawatir saat anak mengalami demam setelah vaksin ya Moms, karena kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi sebagai respon tubuh saat ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Saat suhu tubuhnya naik, Moms bisa mengompresnya menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat, lalu kompreskan di beberapa bagian tubuh seperti kening, lipatan ketiak, dan juga lipatan pahanya. 

Baca Juga: cara menurunkan panas anak

Sedangkan untuk bagian tubuh bekas suntikannya, Moms bisa mengompresnya menggunakan air dingin. Tujuannya adalah untuk meredakan rasa nyeri dan mencegah pembengkakan yang mungkin terjadi.

 

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuhnya

Cara mengatasi anak demam setelah vaksin berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya. Pasalnya, demam seringkali menyebabkan dehidrasi pada anak, apalagi pada anak-anak di mana kondisi imun tubuhnya masih berkembang. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan tubuhnya dengan baik ya Moms, baik melalui air mineral, makanan, maupun buah-buahan agar tubuhnya tetap terhidrasi dan proses pemulihannya bisa berjalan lebih cepat.

 

Memberikan Pakaian yang Nyaman

Alih-alih memakaikan pakaian tebal dan melapisinya dengan selimut, Moms bisa memberikan pakaian anak yang tidak terlalu tebal dan mudah menyerap saat anak mengalami demam setelah vaksin. Tujuannya adalah agar anak tetap merasa nyaman dan panas tubuhnya tidak semakin naik. 

 

Istirahat Cukup

Langkah selanjutnya adalah dengan mengajak anak untuk istirahat cukup setelah vaksin. Agar demamnya cepat reda, cobalah untuk mengatur ventilasi ruangan agar sirkulasi udaranya berjalan dengan baik dan tidak lembap. Pastikan ruangan juga dalam kondisi bersih dan nyaman ya Moms agar istirahat Si Kecil bisa lebih nyaman dan kembali pulih dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: Perlukah Memberikan Vaksin Flu untuk Buah Hati?

 

Menyiapkan Obat yang Mengandung Paracetamol

Saat anak merasa tidak nyaman dengan perubahan suhu tubuhnya, cara mengatasi anak demam selanjutnya adalah dengan memberikan obat yang mengandung Paracetamol. Agar momen minum obatnya lebih menyenangkan, Moms bisa memberikan obat dengan pilihan rasa manis yang disukai anak-anak, misalnya saja obat dengan rasa jeruk agar mereka lebih bersemangat. Jika demam tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Moms.

 

  BACA JUGA