ARTIKEL

SELAIN SAKIT TENGGOROKAN, FLU DAN BATUK PADA ANAK JUGA PICU BEBERAPA KONDISI INI

Monday, 26 September 2022

SHARE      

Selain Sakit Tenggorokan, Flu dan Batuk pada Anak juga Picu Beberapa Kondisi Ini

Bagi orang dewasa, mengalami flu dan batuk mungkin menjadi hal yang biasa saja. Namun akan lain ceritanya jika yang mengalami adalah anak-anak. Selain tenggorokan yang terasa sakit saat menelan, demam, dan bersin-bersin akibat infeksi virus dan bakteri, flu dan batuk pada anak juga ternyata bisa memicu beberapa kondisi lainnya, loh. Bahkan, tak jarang juga kondisi ini juga turut membuat orang tua merasa cemas. Agar lebih waspada, yuk simak penjelasannya berikut ini!

 

1. Kehilangan nafsu makan

Saat anak mengalami flu dan batuk, umumnya mereka juga akan menderita sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan. Hal inilah yang akhirnya membuat nafsu makannya menurun. Selain kesulitan menelan makanan, indera perasa dan penciuman anak juga akan terganggu saat flu dan batuk. Kondisi ini juga akhirnya membuat mereka tidak bisa merasakan rasa makanan yang masuk, sehingga keinginannya untuk makan pun menurun bahkan menghilang.

 

2. Berat badan menurun drastis

Saat anak kehilangan nafsu makan ketika flu dan batuk, maka asupan nutrisi dalam tubuhnya tidak tercukupi dengan baik. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka tak heran jika berat badannya juga akan terus menurun saat sakit.

 

3. Badan terasa lemas

Bersin berulang kali dan batuk yang terlalu keras saat berusaha mengeluarkan dahak juga tak jarang membuat anak merasa kelelahan, sakit di bagian tenggorokan, dada, dan juga otot perut yang terasa tegang. Kondisi inilah yang juga membuat mereka selalu merasa lemas dan hanya ingin tidur saja saat flu dan batuk.

 

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Yuk Ajak Anak Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Tidak Mudah Kena Flu dan Batuk

 

Nah, jika hal ini dialami oleh Si Kecil, segera lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi flu dan batuk pada anak ya, Moms.

 

1. Membuatkan menu favorit Si Kecil

Meski flu dan batuk pada anak dapat menghilangkan nafsu makannya, namun bukan berarti kita menyerah untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya ya, Moms. Moms harus memutar otak agar anak tetap mau makan meski dalam porsi kecil, misalnya dengan membuatkan menu favorit namun dengan tampilan yang lebih cantik dan unik, menawarkan snack sehat, atau membuatkan jus buah untuk mencegah dehidrasi yang bisa menghambat proses pemulihan anak.

 

2. Merawat Si Kecil sesuai love languagenya

Mengetahui love language atau bahasa kasih yang dimiliki oleh Si Kecil dapat mempermudah Moms dalam merawatnya ketika sakit. Sebagai contohnya, jika Si Kecil meiliki bahasa kasih ‘quality time’, Moms dan suami bisa menjanjikan untuk terus menemaninya saat makan dan bermain selama sakit atau dengan memujinya setiap kali ia berhasil menelan suapan makanan jika love language  Si Kecil adalah ‘apresiasi’. Semoga dengan cara ini moodnya bisa membaik dan jadi lebih kooperatif ya, Moms!

 

3. Menjelaskan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh lewat makanan

Agar Si Kecil tetap mau makan saat flu dan batuk, Moms bisa memberi penjelasan mengenai cara kerja makanan dan pentingnya nutrisi bagi tubuh kita. Agar lebih mudah, Moms bisa coba jelaskan dengan perumpamaan dan penjelasan sederhana yang bisa dipahami oleh anak. Misalnya tubuh kita seperti mobil yang hanya bisa berjalan jika ada bensin. Jika bensinnya habis, pasti tidak bisa berfungsi dengan baik. Sama seperti tubuh kita, tanpa diberi makan maka bisa lemas dan sakitnya tak kunjung sembuh, sehingga tidak bisa beraktivitas dengan nyaman.

 

Moms juga bisa mengingatkannya akan hal-hal yang bisa dinikmati ketika sehat seperti makan es krim, pergi ke mall, ke taman bermain, main bersama teman dan keluarga, dan hal lainnya yang disukai Si Kecil agar dia semangat untuk segera sembuh.

  

4. Memberikan obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak

Jika keluhan flu dan batuk pada anak semakin membuatnya merasa tidak nyaman, segera berikan obat flu dan batuk khusus anak-anak yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan flu dan batuk seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Agar anak mau minum obat, pilih obat flu batuk khusus anak-anak yang memiliki rasa manis dan pastikan untuk memberikannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan ya, Moms.

 

Baca Juga:

  BACA JUGA

Musim Hujan Tiba, Yuk Ajak Anak Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Tidak Mudah Kena Flu dan Batuk

Agar anak tidak mudah kena flu dan batuk saat musim hujan, yuk ajak mereka melakukan beberapa hal berikut ini.

Artikel13/09/2022

Berencana untuk Bepergian di Akhir Pekan, Namun Flu Batuk Pada Anak Belum Sembuh? Simak Solusinya Berikut Ini!

Berencana untuk Bepergian di Akhir Pekan, Namun Flu Batuk Pada Anak Belum Sembuh? Coba simak beberapa solusinya berikut ini.

Artikel08/09/2022

Fakta Minum Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Air hangat memicu produksi saliva lebih banyak yang mampu membantu melubrikasi tenggorokan, sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman saat flu dan batuk.

Artikel17/08/2022