ARTIKEL

MUSIM HUJAN TIBA, YUK AJAK ANAK LAKUKAN 5 HAL INI AGAR ANAK TIDAK MUDAH KENA FLU DAN BATUK

Tuesday, 13 September 2022

Musim Hujan Tiba, Yuk Ajak Anak Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Tidak Mudah Kena Flu dan Batuk

Saat musim hujan tiba, rasa khawatir kaum ibu pun otomatis akan meningkat. Sebab, momen pergantian cuaca, udara yang lembap, dan hembusan angin yang lebih kencang dari biasanya seringkali membuat daya tahan tubuh anak melemah, sehingga mereka akan cenderung lebih mudah sakit, terutama flu dan batuk. Apalagi saat ini mereka sudah harus kembali mengikuti proses belajar di sekolah secara offline dimana risiko terpapar virus dan bakteri pun semakin besar.

                                 

Nah, kalau sudah begini, rasa khawatir saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil. Agar anak tidak mudah kena flu dan batuk, yuk ajak mereka melakukan beberapa hal berikut ini.

 

1. Tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik

Mengingat bahwa pandemi belum berakhir, maka langkah awal yang harus Moms lakukan adalah mengafirmasi anak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti:

  • Menggunakan masker medis. Bila perlu lapisi juga dengan masker kain selama sekolah, berinteraksi dengan teman atau guru, serta mengganti masker medis setiap empat jam sekali.
  • Memberikan pemahaman pada anak agar tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak saat waktu istirahat.
  • Tidak berbagi makanan atau minuman dengan orang lain.
  • Mengingatkan anak untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun dan membilasnya menggunakan air bersih.
  • Melengkapi hygene kit anak, mulai dari tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, dan masker medis cadangan.
  • Mengajak anak untuk mandi dan membersihkan badan serta mengganti pakaian segera setelah mereka pulang sekolah.

 

2. Memastikan kondisi kesehatan anak

Selanjutnya, ajarkan juga Si Kecil untuk memahami kondisi tubuhnya sendiri dan segera memberitahu orang tuanya ketika mereka merasa ada sesuatu yang aneh pada tubunya.Misalnya saja saat mereka mulai merasakan gejala sakit flu dan batuk, seperti tenggorokan sakit saat menelan, sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat, tenggorokan terasa gatal dan serak, atau keluhan lainnya. Dengan begini, Moms bisa langsung mengatasinya.

  

3. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Agar dapat mengawali hari dengan lebih bersemangat dan imun tubuhnya dalam kondisi baik, ajak Si Kecil untuk tidak melewatkan sarapan sebelum beraktivitas. Tak perlu makanan berat, Moms bisa memberikan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur rebus, roti, sereal, atau oatmeal. Dengan begini, daya tahan tubuh anak dapat terjaga dengan baik dan staminanya terjaga, sehingga anak tak mudah terserang penyakit, deh.

 

4. Membawa bekal dari rumah

Untuk mencegah anak jajan sembarangan saat kembali bersekolah, ada baiknya untuk membawakan bekal makanan favoritnya. Moms bisa memberikan aneka macam sayuran, sumber protein, dan juga buah-buahan segar, seperti jeruk, anggur, pepaya, pisang, atau semangka yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Selain menyiapkan bekal untuk anak, Moms juga bisa sekalian mengikuti tren “bekal anak sekolah” yang sedang kekinian, deh!

 

Artikel Lainnya: Berencana untuk Bepergian di Akhir Pekan, Namun Flu Batuk Pada Anak Belum Sembuh? Simak Solusinya Berikut Ini!

 

5. Mengonsumsi vitamin

Selain memenuhi kebutuhan gizi dari makanan, Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin C dan vitamin D untuk menjaga daya tahan tubuh anak tidak mudah kena flu dan batuk. Hal ini sangat penting untuk dilakukan selama pandemi dan Si Kecil kembali ke sekolah nih, Moms!

 

6. Ajak untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga saat hari libur

Membiasakan atau melatih anak bergerak seperti melakukan aktivitas fisik juga bisa membantu meningkatkan imun. Sebab, melalui aktivitas fisik atau olahraga seperti bersepeda, berenang, jalan sehat, bulutangkis, atau jenis olahraga lainnya, anak menjadi lebih aktif, tubuhnya tidak mudah terserang penyakit. Berhubung anak harus sekolah tiap paginya, maka waktu yang paling tepat untuk mengajaknya beraktivitas fisik adalah saat akhir pekan. Tak hanya anak tidak mudah kena flu dan batuk, cara ini juga cocok untuk meningkatkan bonding dengan keluarga, loh!

 

Sebagai langkah siaga menghadapi anak sakit saat musim hujan, jangan lupa sediakan selalu kebutuhan obat flu dan batuk untuk anak di rumah. Dengan begini, keluhan flu dan batuk pada anak bisa segera diatasi, sehingga dan proses penyembuhannya pun menjadi lebih cepat.

 

Baca Juga:

  BACA JUGA

Benarkah Cuaca Panas dan Hujan Berkaitan dengan Kesehatan Anak-Anak?

Cuaca ekstrem seperti panas yang berlebihan atau hujan deras dapat menjadi perhatian karena mungkin mempengaruhi kesehatan anak

Artikel05/06/2023

8 Tips Menghindari Flu, Batuk, dan Pilek Saat Musim Hujan Datang

Bunda, tak terasa saat ini kita sudah hampir berada di penghujung tahun, yang artinya kita juga akan menghadapi musim hujan yang akan datang.

Artikel25/09/2020

Musim Hujan Tiba! Lakukan Hal ini Agar Flu & Batuk Anak Cepat Reda!

Namun jika si buah hati sudah kadung terserang Flu & Batuk, apa yang harus dilakukan? Berikut tipsnya agar anak cepat sembuh

Artikel22/09/2017