ARTIKEL

11 FAKTA SEPUTAR ASI YANG IBU HARUS TAHU

Wednesday, 18 November 2015

11 Fakta Seputar ASI yang Ibu Harus Tahu

Menyusui adalah salah satu momen terindah yang dilakukan saat menjadi ibu. Ikatan moms dengan si kecil terasa makin kuat saat melakukan aktivitas ini. ASI memang terbukti merupakan nutrisi paling lengkap dan sempurna yang dibutuhkan bayi. Aktivitas menyusui juga menyimpan sejumlah fakta unik. Apa sajakah itu?

1. Menyusui mengendalikan berat badan. Menyusui membakar ekstra kalori lho Moms. Berat badan ibu yang menyusui cenderung turun lebih cepat dan lebih mudah kembali ke berat badan semula sebelum melahirkan. Bayi yang disusui juga cenderung terhindar dari obesitas di masa dewasanya nanti.
2. Ukuran payudara tidak berhubungan dengan jumlah ASI yang dihasilkan. Jadi kalau ukuran payudara kecil bisa saja memproduksi ASI yang melimpah.
3. Bayi akan menyusui sampai kenyang bukan sampai ASI di payudara ibu habis. Rata-rata bayi menghabiskan 67% ASI yang tersedia di payudara ibu.
4. Menyusui akan menurunkan risiko kanker paudara, kanker rahim, bahkan osteporosis.
5. Percaya atau tidak, ada kontak batin antara ibu dan anak. Ketika bayi membutuhkan lebih banyak ASI, payudara Moms akan memproduksi lebih banyak ASI.
6. Sentuhan kulit Moms dengan kulit bayi yang berlangsung sering dan intens akan meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan bayi.
7. Payudara kanan cenderung memproduksi lebih banyak ASI.
8. Tubuh dapat membakar hingga 1000 kalori sehari untuk memproduksi ASI. Disarankan Moms yang menyusui untuk mengonsumsi ekstra 500 kalori sehari agar tidak kelaparan.
9. Ibu tidak perlu mengonsumsi susu untuk menghasilkan ASI yang banyak karena minum susu dan produksi ASI tidak berhubungan. Tapi Moms tetap harus menjaga kebutuhan air tubuh dan nutrisi yang seimbang untuk produksi ASI yang berkualitas.
10. Payudara akan membesar saat masa menyusui. Sebesar apa? Tergantung elastisitas kulit masing-masing. Uniknya setelah frekuensi menyusui semakin berkurang seiring bertambahnya usia anak, payudara akan kembali pada ukuran semula.
11. Saat masa-masa awal menyusui, payudara sangat sensitif dalam memproduksi ASI. Tidak hanya saat waktunya menyusui, ada kalanya ASI melimpah saat-saat tidak terduga. Seperti ketika ibu mendengar tangisan bayi (bahkan bayi orang lain sekalipun) atau melihat foto bayi payudara otomatis akan memproduksi ASI segera. Sediakan breast pads ya Moms untuk menjaga kebocoran.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

Nafas Anak Pendek Saat Batuk, Kapan Perlu Waspada?

Batuk pada anak seringkali merupakan respons alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi saluran pernapasan. Perlu diwaspadai jika anak mengalami nafas pendek dan cepat saat batuk.

Artikel14/02/2024

Anak Lemas Saat Demam, Ini Tips Memulihkan Energinya!

Demam pada anak seringkali diiringi oleh gejala lemas, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan. Dengan perawatan yang tepat, kita dapat membantu anak pulih lebih cepat dan mengembalikan energinya.

Artikel07/02/2024

Tips Menyimpan Obat Flu Batuk Berbentuk Dry Syrup

Penyimpanan obat flu batuk berbentuk dry syrup yang tepat sangat penting untuk mencegah obat dari kerusakan serta membantu mencegah kontaminasi dan memperpanjang masa kedaluwarsa obat.

Artikel24/01/2024