ARTIKEL

11 FAKTA SEPUTAR ASI YANG IBU HARUS TAHU

Wednesday, 18 November 2015

SHARE      

11 Fakta Seputar ASI yang Ibu Harus Tahu

Menyusui adalah salah satu momen terindah yang dilakukan saat menjadi ibu. Ikatan moms dengan si kecil terasa makin kuat saat melakukan aktivitas ini. ASI memang terbukti merupakan nutrisi paling lengkap dan sempurna yang dibutuhkan bayi. Aktivitas menyusui juga menyimpan sejumlah fakta unik. Apa sajakah itu?

1. Menyusui mengendalikan berat badan. Menyusui membakar ekstra kalori lho Moms. Berat badan ibu yang menyusui cenderung turun lebih cepat dan lebih mudah kembali ke berat badan semula sebelum melahirkan. Bayi yang disusui juga cenderung terhindar dari obesitas di masa dewasanya nanti.
2. Ukuran payudara tidak berhubungan dengan jumlah ASI yang dihasilkan. Jadi kalau ukuran payudara kecil bisa saja memproduksi ASI yang melimpah.
3. Bayi akan menyusui sampai kenyang bukan sampai ASI di payudara ibu habis. Rata-rata bayi menghabiskan 67% ASI yang tersedia di payudara ibu.
4. Menyusui akan menurunkan risiko kanker paudara, kanker rahim, bahkan osteporosis.
5. Percaya atau tidak, ada kontak batin antara ibu dan anak. Ketika bayi membutuhkan lebih banyak ASI, payudara Moms akan memproduksi lebih banyak ASI.
6. Sentuhan kulit Moms dengan kulit bayi yang berlangsung sering dan intens akan meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan bayi.
7. Payudara kanan cenderung memproduksi lebih banyak ASI.
8. Tubuh dapat membakar hingga 1000 kalori sehari untuk memproduksi ASI. Disarankan Moms yang menyusui untuk mengonsumsi ekstra 500 kalori sehari agar tidak kelaparan.
9. Ibu tidak perlu mengonsumsi susu untuk menghasilkan ASI yang banyak karena minum susu dan produksi ASI tidak berhubungan. Tapi Moms tetap harus menjaga kebutuhan air tubuh dan nutrisi yang seimbang untuk produksi ASI yang berkualitas.
10. Payudara akan membesar saat masa menyusui. Sebesar apa? Tergantung elastisitas kulit masing-masing. Uniknya setelah frekuensi menyusui semakin berkurang seiring bertambahnya usia anak, payudara akan kembali pada ukuran semula.
11. Saat masa-masa awal menyusui, payudara sangat sensitif dalam memproduksi ASI. Tidak hanya saat waktunya menyusui, ada kalanya ASI melimpah saat-saat tidak terduga. Seperti ketika ibu mendengar tangisan bayi (bahkan bayi orang lain sekalipun) atau melihat foto bayi payudara otomatis akan memproduksi ASI segera. Sediakan breast pads ya Moms untuk menjaga kebocoran.

Foto : Shutterstock

  BACA JUGA

3 Tips Agar Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak

Bingung bagaimana Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak? Tak perlu bingung, Moms. Yuk, coba beberapa tips berikut ini.

Artikel26/05/2021

5 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami. Mana yang Ingin Moms Coba?

Mengatasi batuk pada anak secara alami seringkali dijadikan solusi utama bagi kaum orang tua karena dianggap tidak memberikan efek samping yang membahayakan.

Artikel18/05/2021

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Ramuan Herbal Batuk Kering untuk Anak, Apa Saja Ya?

Meracik sendiri ramuan herbal batuk kering dan berdahak untuk anak. Apa saja ya bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk anak?

Artikel10/05/2021