ARTIKEL

MEMBERIKAN PAKAIAN DAN SELIMUT TEBAL PADA ANAK DEMAM? ITS A BIG NO, MOMS!

Tuesday, 11 January 2022

SHARE      

Memberikan Pakaian dan Selimut Tebal Pada Anak Demam? Its A Big No, Moms!

Demam yang terjadi pada anak merupakan keluhan yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Namun, selama demam tidak disertai gejala yang serius, kondisi ini termasuk hal yang wajar terjadi sebagai respon alami saat melawan infeksi virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Jika sudah begini, biasanya hampir sebagian besar orangtua akan memberikan pakaian, selimut, dan kaos kaki tebal pada anak untuk meredakan demamnya. Well actually, it’s a BIG NO, Moms!

 

Kesalahan Orangtua dalam Mengatasi Anak Demam

Anggapan bahwa dengan memberikan pakaian atau selimut tebal pada anak saat demam akan membuat panas tubuhnya menurun adalah hal yang keliru. Memberikan pakaian dan selimut dengan bahan yang tebal justru bisa mencegah keluarnya panas dari dalam tubuh dan membuat panas tubuhnya semakin naik. Jika begini, demam akan semakin parah dan proses penyembuhannya bisa semakin lama.  

Sebaliknya, cobalah untuk memberikan Si Kecil pakaian yang nyaman, berbahan tipis dan mudah menyerap keringat, dan hindari penggunaan topi (kupluk) serta kaos kaki saat anak demam. Jika Si Kecil merasa kedinginan, cukup berikan selimut dengan bahan yang tidak terlalu tebal dan menghindari untuk melapisinya dengan kain lainnya secara berlebihan. Dengan begini, panas tubuhnya dapat keluar dengan baik dan suhu tubuhnya perlahan menurun. 

Selain memberikan pakaian dan selimut berbahan tebal, beberapa kesalahan lain yang seringkali dilakukan orangtua dalam mengatasi anak demam antara lain:

  • Mengompres menggunakan air dingin. Cara yang satu ini hanya bisa mendinginkan panas di bagian luar tubuh saja, tidak meredakan demam secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya kompres menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat ya, Moms.
  • Menganggap demam sebagai kondisi kesehatan yang remeh dan tidak perlu penanganan khusus. Well, meski demam merupakan hal yang wajar terjadi dan bukanlah hal yang serius, namun tak jarang juga kondisi ini membuat anak merasa tidak nyaman dan rewel. Jika sudah begini, Moms bisa mulai memberikan obat penurun panas sekaligus pelukan hangat yang bisa membuat Si Kecil menjadi lebih nyaman. 
  • Keliru dalam memberikan produk obat penurun panas untuk anak. Biasanya hal ini terjadi akibat rasa panik yang melanda saat anak demam, sehingga tidak membaca kandungan obat yang tertera di kemasannya. 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Demam Hanya Pada Malam Hari Saja

 

Memberikan Paracetamol Pada Anak Demam

 

Jika mengompres menggunakan air hangat dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh Si Kecil saat demam saja belum bisa membuat panas tubuhnya turun, Moms bisa memberikan obat penurun demam yang mengandung Paracetamol sesuai dosisnya setiap empat jam sekali. Sebelum memberikan obat, pastikan untuk membaca kandungan obat yang tertera pada kemasannya, jangan berikan obat dengan kandungan aspirin yang hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Agar momen minum obat anak menjadi lebih menyenangkan, sebaiknya pilih produk obat penurun panas dalam bentuk sirup dengan rasa yang disukai anak-anak ya 

Untuk memastikan suhu tubuhnya, Moms bisa melakukan pengecekan suhu secara berkala, yaitu setiap 30 menit atau satu jam setelah pemberian obat. Perlu diingat, demam biasanya hanya akan berlangsung selama dua hingga tiga hari lamanya. Jika demam berlangsung lebih lama atau naik turun dan disertai dengan gejala lainnya, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Moms!

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA

Tips Mengatasi Anak Demam Saat Mudik Lebaran

Perjalanan mudik lebaran menyebabkan anak demam di tengah perjalanan. Jika sudah begini, segera lakukan beberapa hal berikut ini ya, Moms.

Artikel29/04/2022

Cegah Anak Demam Saat Belajar Puasa, Yuk Ajak Si Kecil untuk Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini, Moms!

Cegah Anak Demam Saat Belajar Puasa, Yuk Ajak Si Kecil untuk Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini, Moms!

Artikel28/04/2022

Lebih Waspada, Ini Penyebab Anak Demam Saat Puasa

Selain menyebabkan demam, kekurangan cairan dan mineral saat berpuasa juga bisa mengakibatkan anak merasa lemas dan lebih mudah terserang penyakit saat puasa.

Artikel28/04/2022