ARTIKEL

DEMAM PADA ANAK TAK KUNJUNG TURUN, PERLUKAH UNTUK TES DARAH?

Wednesday, 21 April 2021

SHARE      

Demam Pada Anak Tak Kunjung Turun, Perlukah untuk Tes Darah?

Demam yang dialami oleh anak adalah hal yang sangat wajar terjadi sebagai respon tubuh dalam memerangi virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya, demam ini pun akan sembuh dalam hitungan hari dengan perawatan yang cukup sederhana di rumah. Namun, bagaimana jika demam ini tak kunjung turun? Perlukah Si Kecil melakukan tes darah?

Jawabannya: perlu.

Namun, pemeriksaan darah pada anak saat demam tak kunjung turun bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Demam berlangsung lebih dari tiga hari.
  • Suhu tubuh mencapai 40 derajat Celcius
  • Si Kecil mengalami penurunan kesadaran selama demam
  • Badan terasa sangat lemas dan lemah
  • Demam terjadi pada bayi usia di bawah tiga bulan
  • Terdapat gejala yang menyertai, seperti perdarahan pada gusi, muntah darah, sakit perut, nafas yang tersengal-sengal, nyeri di bagian belakang mata, nyeri di tulang, otot, sendi, sakit kepala, mual muntah, dan kulit berbintik-bintik merah.

Dilansir dari Klikdokter.com, ada beberapa jenis pemeriksaan darah yang dilakukan saat demam pada anak tak kunjung turun, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pemeriksaan darah rutin, yaitu hemoglobin (Hb), leukosit (sel darah putih), hematocrit, dan trombosit atau sel keping darah.
  • Pemeriksaan darah seperti hitung jenis leukosit, widal, laju endap darah (LED), atau sediaan apus darah tepi atau preparat darah (SADT) mungkin dilakukan sesuai indikasi.
  • Saat muncul gejala demam berdarah, maka dilakukan pemeriksaan kadar trombosit pada anak.
  • Jika demam berlangsung lebih dari satu minggu, maka pemeriksaan darah termasuk Selain itu, jika masih demam lebih dari seminggu, pemeriksaan darah harus segera dilakukan untuk mendeteksi penyakit seperti demam tifoid atau tifus.

Baca Juga: Waspada Musim Pancaroba, Ini Dia Ciri-ciri Demam Berdarah Pada Anak Yang Tidak Boleh Diabaikan!

Namun tak perlu cemas, sebelum memeriksakan demam anak ke dokter, berikut ini beberapa tips yang bisa Moms lakukan di rumah untuk mengatasi demam anak yang tidak kunjung turun

  • Mengompres Menggunakan Air Hangat

Cara mengatasi anak demam adalah dengan mengompres beberapa bagian tubuh seperti dahi dan lipatan pembuluh darahnya (lipatan ketiak dan paha) menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Tujuannya adalah agar panas tubuhnya bisa keluar dari pori-pori tubuh. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam satu hari sampai panasnya berkurang.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Meski sedang demam, pastikan untuk selalu mengajak anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama sebelum makan, setelah memegang barang, setelah menggunakan toilet, atau saat kebetulan berada di dekat orang sakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dipercaya sangat ampuh untuk membunuh kuman dan juga virus yang menempel pada tubuh.

  • Memperhatikan Asupan Nutrisi

Tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan yang mengandung sayur dan juga konsumsi buah-buaham. tak perlu khawatir, Moms bisa memberikan menu favorit Si Kecil, seperti sop ayam, cream soup, atau beberapa menu lain sesuai keinginannya. Selain itu, pastikan juga untuk memisahkan alat makan untuk Si Kecil dengan anggota keluarga lainnya ya, Moms.

  • Memenuhi Kebutuhan Air Mineral

Saat anak demam maka cairan dalam tubuhnya banyak yang hilang. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan air hangat saat Si Kecil demam ya, Moms. Tujuannya adalah untuk mencegah dehidrasi dan juga mempercepat proses penyembuhan demam Si Kecil.

Baca Juga: Penting, Intip Cara Mengatasi Anak Demam Saat Perubahan Cuaca

  • Memberikan Obat Penurun Panas

Usaha lain yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan demam anak adalah dengan memberikannya obat penurun panas seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak.

Selain memiliki kandungan Paracetamol yang bisa menurunkan demam anak, bodrexin Demam Sirup hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk yang disukai oleh anak-anak dan bisa diminum sebelum makan lho, Moms. Dengan begini, anak tak lagi malas minum obat saat mereka demam deh, Moms. Yuk, lengkapi persediaan obat di rumah dengan bodrexin Demam Sirup dengan cara membelinya langsung di minimarket terdekat atau secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia, >Blibli, dan >Lazada.

  BACA JUGA

3 Tips Agar Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak

Bingung bagaimana Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak? Tak perlu bingung, Moms. Yuk, coba beberapa tips berikut ini.

Artikel26/05/2021

5 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami. Mana yang Ingin Moms Coba?

Mengatasi batuk pada anak secara alami seringkali dijadikan solusi utama bagi kaum orang tua karena dianggap tidak memberikan efek samping yang membahayakan.

Artikel18/05/2021

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Ramuan Herbal Batuk Kering untuk Anak, Apa Saja Ya?

Meracik sendiri ramuan herbal batuk kering dan berdahak untuk anak. Apa saja ya bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk anak?

Artikel10/05/2021