ARTIKEL

BOLEHKAH MENGHUKUM ANAK

Monday, 12 October 2015

SHARE      

Bolehkah Menghukum Anak

Anak-anak belum mengerti apa yang mereka lakukan. Tidak jarang mereka berbuat salah. Namun perlukah menghukum mereka? Sebenarnya untuk anak usia balita yang paling tepat bukanlah memberikan “hukuman”, melainkan “konsekuensi”. Konsekuensi diberikan karena anak usia balita sedang dalam tahap belajar mengenal nilai-nilai benar-salah dan baik-buruk.

Lewat pemberian “konsekuensi” anak diajarkan ada akibat dari setiap perilaku yang ia lakukan. Misalnya jika tidak membereskan mainan, maka ia akan sulit menemukan mainan kesayangannya. Namun, menerapkan konsekuensi anak harus dibiasakan dulu. Orangtua pro aktig mengajak anak membereskan mainan sesuai kemampuannya. Selanjutnya anak harus dibiasakan melakukan rutinitas itu sendiri. Setelah pembiasaan, barulah anak bisa diberi pengertian mengenai akibat yang akan terjadi kalau ia tidak melakukan tugasnya (membereskan mainan).

Dengan menerapkan konsekuensi, anak dibiasakan berpikir dulu sebelum bertindak. Dengan demikian, ia belajar mengambil keputusan yang terbaik karena sebelumnya sudah berpikir apa untung ruginya kalau dia begini atau begitu. Jika anak melakukan tugasnya tanpa disuruh, beri ia pujian agar ia merasa dihargai dan dicintai. Pujian juga memotivasi ia untuk terus melakukan tugasnya.

  BACA JUGA

Benarkah Hujan-hujanan Menjadi Penyebab Gejala Flu Disertai Batuk Pada Anak?

apa benar kalau bermain hujan bisa membuat anak flu dan batuk? Kalau sudah begini, lantas apa yang harus Bunda lakukan agar Si Kecil tidak mudah jatuh sakit?

Artikel25/11/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk Selama PSBB Transisi

Flu dan batuk pada anak biasanya terjadi akibat infeksi virus influenza atau Rhinovirus yang membuat mereka mengalami hidung tersumbat, bersin, batuk, dan terkadang disertai demam. Jika hal ini terjadi, yuk simak beberapa hal berikut ini.

Artikel17/11/2020

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020