ARTIKEL

AGAR ANAK TIDAK MUDAH KENA FLU DAN BATUK, HINDARI KONSUMSI MAKANAN INI YA, MOMS!

Thursday, 23 June 2022

SHARE      

Agar Anak Tidak Mudah Kena Flu Dan Batuk, Hindari Konsumsi Makanan Ini Ya, Moms!

Flu dan batuk merupakan dua penyakit yang sangat sering dialami oleh anak-anak. Penyebabnya pun beragam, dan yang paling umum adalah karena terinfeksi virus akibat tertular dari orang lain yang juga sedang mengalaminya. Saat anak terinfeksi virus yang bisa menyebabkan flu dan batuk, hal ini menandakan bahwa daya tahan tubuhnya sedang dalam kondisi yang kurang fit.

                     

Menurunnya daya tahan tubuh pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan cuaca hingga asupan makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil setiap harinya. Oleh karena itu, agar nantinya Si Kecil tidak mudah kena flu dan batuk, yuk hindari untuk memberikan beberapa jenis makanan berikut ini, Moms.

 

Makanan Tinggi Gula

Memiliki rasa manis yang nikmat dan ‘nagih’ merupakan alasan mengapa permen, donat, cokelat, dan kue menjadi camilan favorit bagi anak-anak. Well, tahukah Anda bahwa beberapa makanan manis ini justru bisa menjadi pemicu batuk kering pada anak, loh. Pasalnya, kandungan gula sederhana atau pemanis buatan yang cukup tinggi di dalamnya memberikan berbagai dampak negatif bagi Si Kecil, mulai dari memengaruhi daya tahan tubuh anak, memicu peradangan pada tenggorokan, hingga menyebabkan rasa gatal dan serak pada tenggorokan yang berakhir dengan batuk kering.

 

Makanan Berlemak dan Berminyak

Selain makanan tinggi gula, terlalu sering memberikan makanan berlemak dan berminyak seperti gorengan  atau menu masakan daging merah juga bisa memengaruhi daya tahan tubuh Si Kecil. Tak hanya memicu peradangan pada tenggorokan, makanan berminyak dan berlemak juga bisa memicu timbulnya batuk kering. Umumnya keluhan batuk kering ini hanya berlangsung dalam waktu yang singkat, namun jika dibiarkan bisa membuat batuknya semakin parah, bahkan memicu timbulnya penyakit lain pada anak.

 

Baca Juga: Wedang Jahe, Salah Satu Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

 

Minuman Karbonasi atau Soda

Dilansir dari laman online CNN Indonesia, minuman karbonasi atau soda juga mengandung gula dan kalori yang tinggi, sehingga tidak memberikan gizi yang baik untuk tubuh, sama halnya seperti permen dan makanan manis lainnya. Selain memengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh Si Kecil, minuman manis jenis ini juga berisiko menambah berat badan serta memicu obesitas pada anak.

 

Makanan Cepat Saji

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga sangat menyukai makanan cepat saji karena rasanya yang nikmat dan gurih. Namun sayang, mengonsumsi jenis makanan yang satu ini juga bisa memberikan dampak yang kurang bagus bagi tubuh Si Kecil loh, Moms. Pasalnya, makanan cepat saji memiliki kandungan kalori, lemak jenuh, natrium, dan gula yang cukup tinggi dan tidak ideal untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya selalu konsumsi makanan sehat yang ala rumahan atau pilihlah menu dengan gizi seimbang sebagai solusinya ya, Moms.

 

Namun, jika Si Kecil sedang mengalami flu dan batuk segera berikan obat sesuai kebutuhan dan usianya ya, Moms. Apabila gejala yang Si Kecil rasakan semakin parah, segera periksakan ke dokter.

 

bodrexin batuk pe

 

Artikel Lainnya:

  BACA JUGA