ARTIKEL

4 TIPS AMAN UNTUK MELINDUNGI ANAK DARI POLUSI SAAT HARUS BERAKTIVITAS OUTDOOR

Tuesday, 05 September 2023

4 Tips Aman untuk Melindungi Anak dari Polusi Saat Harus Beraktivitas Outdoor

Polusi udara adalah masalah serius yang dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia, terutama pada anak-anak yang lebih rentan terhadap efek negatifnya. Saat ini kualitas udara di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya cukup memprihatinkan mengingat tingginya angka polusi udara. Sebagai orangtua, Moms pasti berupaya melindungi si Kecil dari dampak polusi udara tersebut, misalnya dengan cara mengurangi aktivitas outdoor. Meski demikian, tidak selamanya anak-anak bisa terus berada di dalam ruangan, ada kalanya mereka harus beraktivitas outdoor. Berikut adalah 4 tips aman untuk melindungi anak-anak dari polusi saat beraktivitas outdoor:

 

1. Gunakan Perlindungan Tambahan

Saat anak-anak harus beraktivitas di luar ruangan, pastikan mereka memakai masker wajah yang tepat, terutama jika tingkat polusi sangat tinggi. Masker dapat membantu mengurangi inhalasi partikel berbahaya.

 

2. Cari Tempat yang Lebih Bersih

Saat memilih tempat untuk beraktivitas di luar, carilah lokasi yang lebih bersih dari polusi. Tempat-tempat seperti taman besar, area yang jauh dari jalan raya dan lingkungan yang banyak pepohonan dapat mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida sehingga cenderung memiliki tingkat polusi yang lebih rendah. Ini dapat membantu meminimalkan risiko paparan polusi udara bagi anak-anak.

 

Baca Juga: Kualitas Udara di Kota Besar Makin Buruk? Waspadai Gangguan Penapasan Pada Anak

 

3. Tingkatkan Pola Hidup Sehat

Sistem kekebalan tubuh anak dapat diperkuat dengan pola hidup sehat. Pastikan si Kecil memiliki pola makan yang seimbang dan kaya akan nutrisi, cukup tidur, dan tetap terhidrasi. Tubuh yang sehat lebih mampu melawan efek negatif dari polusi udara. Selain itu, hindari merokok di sekitar anak-anak dan anjurkan mereka untuk tetap aktif fisik.

 

4. Aktivitas dalam Ruangan yang Berkualitas

Bila tingkat polusi benar-benar tinggi, ada baiknya Moms tidak memaksakan si Kecil untuk beraktivitas di luar ruangan. Carikan alternatif aktivitas dalam ruangan yang tetap menarik dan bermanfaat. Pilih tempat-tempat seperti museum, pusat seni, atau perpustakaan umum, yang tidak hanya akan menghibur anak-anak tetapi juga memberikan edukasi. Dengan demikian perhatian si Kecil akan teralihkan dari aktivitas luar ruangan dan mengurangi paparan polusi.

 

Nah, Moms, semoga tips di atas dapat membantu melindungi si Kecil dari paparan polusi saat harus beraktivitas outdoor. Bila si Kecil tidak dalam kondisi fit, hindari dulu kegiatan luar ruangan karena pada kondisi tersebut tubuh si Kecil rentan terhadap dampak buruk polusi. Semoga Moms dan si Kecil selalu sehat ya!

 

Artikel Lainnya: Gejala ISPA yang Sering Dialami Anak Saat Polusi Udara Memburuk

  BACA JUGA