ARTIKEL

SEBELUM MEMBERIKAN OBAT BATUK FLU ANAK, KETAHUI DULU BEBERAPA HAL BERIKUT INI

Wednesday, 24 February 2021

Sebelum Memberikan Obat Batuk Flu Anak, Ketahui Dulu Beberapa Hal Berikut Ini

Memberikan obat batuk flu anak bukanlah hal yang bisa Moms lakukan secara sembarangan. Tak hanya dengan menyesuaikan jenis batuknya, ternyata masih ada beberapa hal penting lainnya yang harus Moms ketahui, lho. Tujuannya tentu agar Si Kecil bisa menikmati manfaat obatnya secara maksimal untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya. Nah, kira-kira apa saja yang Moms mesti tahu, ya?

Memberikan Obat Batuk Flu Anak dengan Rasa yang Disukai

First thing first, cari tahu apakah obat flu & batuk yang akan Moms pilih memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak atau tidak. Pasalnya, sebagian besar anak akan merasa takut dan malas untuk minum obat saat sakit karena rasanya yang pahit dan tidak enak. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih obat flu dan batuk dengan rasa yang disukai anak ya Moms, misalnya seperti bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk manis.

Kandungan Obat yang Aman Diminum Anak

Sebelum memberikan obat pada anak, pastikan bahwa obat yang Moms pilih memiliki kandungan bahan yang aman dikonsumsi oleh anak-anak. Informasi mengenai kandungan obat ini bisa Moms temukan dalam kemasan resminya. Misalnya seperti kandungan Guaifenesin dan Bromhexine dalam bodrexin Flu & Batuk PE  yang sangat ampuh untuk meredakan batuk berdahak. Tak hanya itu, kandungan PE (Phenylephrine) di dalamnya juga ampuh sebagai dekongestan yang sangat efektif untuk melegakan hidung tersumbat saat flu.

obat flu batuk anak

Ada juga kandungan DPH (Diphenhydramine) dalam bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan batuk tidak berdahak dan beberapa gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat.

obat flu batuk anak tidak berdahak

Setelah itu, double check atau teliti kembali dengan mencari tahunya melalui internet atau dengan mengonsultasikannya langsung pada dokter. Dengan begini, anak bisa menikmati khasiat obatnya secara tepat dan maksimal.

Efek Samping Pemberian Obat

Tak hanya kandungan obatnya, Moms juga harus mencari tahu apa saja efek samping yang mungkin timbul setelah anak meminumnya. Umumnya, obat flu dan batuk anak memiliki efek samping yang bisa membuat mereka merasa mengantuk. Oleh karena itu, Moms bisa memberikan obat batuk flu anak mendekati jam tidur siang atau sebelum tidur di malam hari, sehingga anak bisa tetap beraktivitas dengan nyaman.

Pastikan Anak Tidak Alergi Pada Kandungan Tertentu Pada Obat

Sebelum memberikan obat batuk flu anak, pastikan bahwa Si Kecil tidak memiliki alergi terhadap obat-obatan atau kandungan obat tertentu yang mungkin terdapat di dalamnya. Jika tidak, anak mungkin saja akan mengalami beberapa efek samping seperti perut mual, pusing, hingga muntah.

Dosis dan Aturan Pakai

Tak boleh sembarangan, biasakan untuk selalu membaca dosis dan aturan pakai yang tertera dalam kemasan saat memberikan obat batuk flu pada anak. Hal ini dilakukan untuk membantu agar anak mendapatkan dosis obat yang sesuai dan tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan.

Lihat Tanggal Kadaluarsa

Selain membaca dosis dan aturan pakai, biasakan juga untuk meneliti masa kedaluarsa obat di kemasannya untuk menentukan apakah obat yang ada di rumah masih bisa dikonsumsi atau tidak. Meski terkesan sepele, namun hal ini seringkali dilewatkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, Moms bisa menuliskan keterangan masa kadaluarsa menggunakan kertas label untuk ditempelkan di botol obat, atau bisa juga dengan membuat catatan mengenai daftar obat yang ada di rumah.

Yuk, segera lengkapi persediaan obat di rumah dengan bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH yang bisa Moms dapatkan dengan cara membelinya secara langsung di Alfamart terdekat atau memesannya secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia,Blibli dan Lazada. Praktis dan terpercaya, lho!

Source: alodokter, sehatQ

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022