ARTIKEL

TIPS MEMENUHI KEBUTUHAN CAIRAN ANAK, AGAR TIDAK DEMAM SAAT BERPUASA

Thursday, 06 April 2023

Tips Memenuhi Kebutuhan Cairan Anak, Agar Tidak Demam Saat Berpuasa

Apakah Ramadan tahun ini si Kecil mulai belajar berpuasa? Pastinya, hal ini sangat menantang bagi Moms. Selain harus bisa memberi pemahaman tentang puasa pada si Kecil, Moms juga harus memastikan agar si Kecil tetap sehat selama menjalankan puasa. Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah bagaimana menjaga agar asupan cairan anak tetep terpenuhi agar tidak dehidrasi apalagi sampai mengakibatkan demam. Berikut ini adalah tips memenuhi kebutuhan cairan anak, agar tidak demam saat berpuasa!

 

  • Patuhi kebutuhan cairan yang dianjurkan

Seperti juga orang dewasa, anak memiliki kebutuhan cairan harian yang perlu dipenuhi. Dilansir dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) anak berusia 4 – 8 tahun memerlukan 1700 mL/hari dan anak 9 – 12 tahun memerlukan 2400 mL/hari pada laki – laki dan 2100 mL/hari pada perempuan. Meski sedang berpuasa, upayakan agar anak tetap mengonsumsi cairan sesuai takaran minum yang dianjurkan.

 

  • Bagi minum dalam beberapa waktu

Apabila si Kecil sudah berhasil berpuasa hingga waktu Magrib, berarti Anda harus membagi waktu minum anak ke dalam beberapa sesi. Misalnya si Kecil bisa minum dua gelas air putih saat sahur, dua gelas air putih saat berbuka, satu gelas setelah shalat tarawih, dan satu gelas sebelum tidur.

 

  • Variasikan jenis minuman

Meskipun air putih memang asupan cairan terbaik untuk tubuh, namun tidak ada salahnya memvariasikan jenis minuman yang dikonsumsi anak selama puasa. Cara ini membuat anak tidak mudah bosan dan lebih termotivasi untuk minum. Misalnya sediakan satu gelas jus buah, satu gelas air kelapa muda, dan satu gelas susu. Namun hindari memberikan minuman yang mengandung soda, kafein (seperti teh), ataupun minuman tinggi gula pada anak.

 

  • Menyediakan menu makanan berkuah

Asupan cairan juga bisa dikonsumsi dari makanan berkuah seperti sup atau soto. Masukkan menu-menu berkuah di dalam hidangan sahur ataupun makan malam. Moms juga bisa menyediakan kuah kaldu (bone broth) untuk dikonsumsi setiap hari oleh si Kecil.

 

Baca Juga: Cegah Anak Demam Saat Belajar Puasa, Yuk Ajak Si Kecil untuk Melakukan Beberapa Hal Berikut Ini, Moms!

 

Mengenali ciri anak dehidrasi

Dilansir dari Kompas.com, ada sejumlah tanda fisik yang bisa diamati jika seorang anak mengalami dehidrasi. Berikut adalah beberapa diantaranya:

 

  • lidah dan bibir kering
  • tidak BAK selama lebih dari 8 jam
  • mata sayu
  • kulit kering dan berkerut
  • napas dalam dan cepat
  • tangan dan kaki terasa dingin
  • suhu tubuh meningkat (demam)

 

Jika anak sampai mengalami dehidrasi saat berpuasa, segera batalkan puasa dan penuhi asupan cairannya. Jija dehidrasi yang dialami anak sampai menyebabkan reaksi demam, segera berikan obat penurun demam untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Artikel Lainnya: Penting, Ketahui Berbagai Pola Demam Pada Anak

  BACA JUGA