ARTIKEL

CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT PADA ANAK

Thursday, 19 January 2017

SHARE      

Moms, kasihan sekali ya kalau melihat si kecil terserang flu ataupun pilek dan hidungnya tersumbat/ Apalagi jika si kecil masih terlalu kecil dan kesulitan membuang ingusnya sendiri. Sedih rasanya melihat mereka murung dan tidak selincah biasanya. Untuk membantu melegakan pernapasan anak, ada baiknya Moms melakukan langkah-langkah berikut ini.

Membuatkan makanan hangat

Ketika sedang flu, anak akan merasa lebih nyaman jika dibuatkan makan yang hangat dan berkuah. Moms bisa membuatkan sup yang lezat dan bergizi, misalnya sup ayam dengan campuran sayur mayur. Selain membuat anak merasa hangat, kuah sup juga bisa membantu menambah kebutuhan cairan anak. Pastikan juga anak mengonsumsi air putih hangat sebanyak mungkin.

Menghangatkan tubuhnya

Coba hangatkan tubuh si kecil. Hindari memasang pendingin ruangan dengan suhu yg terlalu rendah (suhu ruangan dianjurkan). Usapkan minyak telon atau minyak kayu putih ke sekujur badan si kecil. Jika si kecil kedinginan maka hidungnya bisa semakin tersumbat.

Menguapi hidung

Uap hangat bisa membantu melegakan penapasan si kecil. Biasanya dokter akan menganjurkan anak melakukan proses inhalasi di rumah sakit. Namun, Moms juga bisa melakukan proses penguapan ini di rumah, caranya dengan mengisi baskom dengan air panas, lalu teteskan minyak kayu putih ke dalamnya. Suruh anak untuk menghirup uap hangat dari baskom tersebut.

Membantu membuang ingus

Jika anak sudah berusia 2 tahun ke atas, mungkin Moms sudah bisa melatih anak membuang ingus sendiri. Namun, untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda harus membantunya membuang ingus. Pertama, teteskan larutan air gax1ram ke dalam hidung anak. Siapkan wadah untuk membuang ingus bayi. Kemudian, isap ingus dari hidung bayi Anda secara perlahan menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil). Lalu teteskan cairan saline (air garam yang dijual di apotik) ke hidung anak agar ingus lebih encer dan mudah keluar. Isap lagi dengan alat pengisap hidung anak.

Mengatur posisi tidur

Atur bantal tidur anak lebih tinggi daripada biasanya. Sebab, berbaring terlentang tanpa bantal biasanya membuat anak semakin sulit bernafas. Jika hidung anak tersumbat sebelah, tidurkan anak dalam posisi miring yang berkebalikan dengan sisi hidung yang tersumbat. Jika hidung kiri yang tersumbat, maka miringkan tubuhnya ke kanan dan sebaliknya.

Memijat daerah T

Pijat daerah T dari wajah anak (hidung dan dahi). Tekanan lembut di bagian ini bisa meringankan hidung yang tersumbat dan juga rasa pusing yang dirasakan anak.

Agar lekas sembuh, jangan lupa untuk berikan bodrexin Pilek Alergi PE atau bodrexin Flu&Batuk PE atau bodrexin Flu&Batuk Tidak Berdahak PE tergantung pada jenis sakit yang diderita anak. Sirup rasa jeruknya disukai anak sehingga Moms tidak akan kesulitan membujuknya minum obat.

  BACA JUGA

Jasa Ibu Kartini

Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, mengapa demikian? Yuk baca ceritanya di sini!

Artikel20/04/2018

Perlukah Memberikan Vaksin Flu untuk Buah Hati ?

Mungkin Moms bertanya-tanya apakah Buah Hati Anda memerlukan vaksin flu?

Artikel26/03/2018

Jadwal Imunisasi Si Buah Hati

Sudahkah Si Buah Hati mendapatkan imunisasi lengkap?

Artikel16/03/2018