ARTIKEL

CARA MENGATASI ANAK FLU BATUK SAAT NAFSU MAKANNYA MENURUN

Tuesday, 29 November 2022

SHARE      

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Sebab, kondisi ini membuat tenggorokannya terasa sakit dan nyeri saat menelan, baik makanan atau minuman. Belum lagi fakta bahwa flu juga dapat mengganggu kinerja indera penciuman dan perasa, sehingga anak tidak dapat mencium dan merasakan makanan yang diberikan. Jika sudah begini, tak heran jika pada akhirnya mereka menjadi malas untuk makan.

Sebagai orang tua, pastinya kita akan merasa sedih dan bingung saat anak mengalami kondisi tersebut. Di satu sisi kita mengetahui bahwa mereka sangat kesulitan untuk menelan makanan, namun di sisi lain kita juga tidak ingin anak kekurangan nutrisi akibat tidak ada asupan makanan yang bergizi. Well, tak perlu khawatir, Moms. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

  1. Memberikan air minum hangat
    Cara mengatasi anak flu batuk yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuhnya tercukupi dengan baik, salah satunya adalah dengan memberikan air minum hangat. Dilansir dari Kompas.com, air hangat memicu produksi saliva lebih banyak yang mampu membantu melubrikasi tenggorokan, sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman saat flu dan batuk. Tak hanya itu saja, minum air mineral hangat juga membantu mengencerkan mukus sinus atau lendir, sehingga bisa meredakan rasa sesak yang timbul saat batuk.
  2. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak melalui konsumsi broth atau kaldu
    Berhubung anak kesulitan menelan akibat sakit tenggorokan saat flu dan batuk, Moms tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan cara memberikan kuah kaldu atau broth yang terbuat dari campuran bahan makanan, seperti tulang, daging, dan sayuran yang direbus dengan waktu yang lama untuk mendapat sari dari bahan tersebut. Contohnya adalah kaldu ayam, kaldu sapi dan kaldu ikan. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan berkuah, mengonsumsi broth juga dipercaya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga proses penyembuhannya dapat berjalan lebih cepat.
  3. Merawat Si Kecil sesuai love languagenya 
    Memberikan perhatian dan kasih sayang dengan bahasa kasih atau love language Si Kecil. Sebagai contohnya, jika Si Kecil meiliki bahasa kasih ‘quality time’, Moms dan suami bisa menemaninya saat makan dan bermain selama sakit. Dengan begini, mood Si Kecil bisa membaik dan jadi lebih kooperatif deh, Moms!
  4. Buatkan makanan favoritnya
    Meski nafsu makannya menurun, namun bukan berarti kita menyerah ya, Moms. Coba buatkan menu favoritnya atau makanan dengan tekstur yang lembut seperti bubur. Setelah itu, bujuk Si Kecil untuk makan meski hanya beberapa suapan saja. Bila perlu, Moms bisa membantu menyuapinya agar lebih bersemangat untuk makan. Sambil menyuapi Si Kecil, jelaskan juga akan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh melalui makanan. Selain bisa membantu mempercepat pemulihan tubuhnya, cara yang satu ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Namun jika flu dan batuknya cukup mengganggu aktivitas dan membuat istirahatnya tidak nyaman, maka cara mengatasi anak flu batuk lainnya yang bisa segera Moms lakukan adalah dengan memberikan obat flu dan batuk khusus anak-anak. Jika Si Kecil flu yang disertai batuk berdahak, pastikan memilih obat yang dilengkapi dengan kandungan Phenylephrine untuk meredakan demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Namun, jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak, Moms bisa berikan obat yang mengandung DPH (Diphenhydramine) yang bekerja menekan pusat batuk sekaligus sebagai antihistamin untuk meringankan flu dan batuk seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

  BACA JUGA

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022

Penting Diketahui! Aturan Memberikan Obat Flu & Batuk Pada Anak

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dan istirahat pada anak, cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan flu dan batuk yang dialami oleh Si Kecil adalah dengan memberikannya obat.

Artikel27/06/2022

Penyebab Anak Batuk Pilek Terjadi Berulang, Alergi atau Virus Ya?

Tak hanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, batuk pada anak juga bisa terjadi sebagai tanda alergi. Lalu, bagaimana membedakannya?

Artikel17/05/2022