ARTIKEL

INI 8 CARA MENGATASI ANAK DEMAM DI MALAM HARI DAN PENYEBABNYA PENTING BUNDA KETAHUI

Wednesday, 15 July 2020

Ini 8 Cara Mengatasi Anak Demam Di Malam Hari dan Penyebabnya Penting Bunda Ketahui

Demam yang terjadi pada anak adalah hal yang wajar. Pasalnya, kondisi anak demam hanya di kepala ini merupakan respon tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Terkadang, tak hanya panik, sebagian besar orang tua juga merasa bingung karena seringkali demam ini hanya menyerang anak saat malam hari saja. Kira-kira apa saja penyebab anak demam malam hari dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasannya!

 

Penyebab anak demam di malam hari

Kenapa anak kecil demam di malam hari? Saat anak mengalami sakit, suhu tubuhnya akan cenderung lebih panas di malam hari. Hal ini juga berhubungan dengan pola siklus pengaturan suhu tubuh, saat suhu terendah tubuh terjadi pada pukul 3 hingga 6 pagi dan puncak suhu tubuh tertinggi pada pukul 4 sore hingga 11 malam. Selanjutnya, penyebab anak demam di malam hari bisa terjadi karena hal-hal berikut ini:

1. Adanya Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Seperti yang dilansir dari artikel di laman online Kumparan.com, salah satu penyebab suhu tubuh anak meningkat di malam hari adalah karena gejala pilek atau bisa juga karena adanya infeksi saluran pernapasan atas karena virus maupun bakteri, seperti laring, trakea, bronchitis atau penyakit serius lain. Biasanya demam anak naik turun disertai batuk pilek akibat infeksi saluran pernapasan bisa berlangsung selama lebih dari tiga hari. Oleh karena itu, jika suhu Si Kecil terus meningkat ada baiknya untuk segera memeriksakannya pada dokter ya, Bunda.

2. Bakteri dari Luar

Faktor penyebab anak demam di malam hari saja selanjutnya adalah karena infeksi bakteri dari luar,yaitu bakteri pyrogen. Bakteri inilah yang dapat memicu terjadinya demam pada seseorang. Biasanya, anak-anak akan terpapar bakteri ini pada siang hari saat beraktivitas di luar akibat udara yang lembap maupun tertular dari orang lain, dan tubuh baru memberikan responnya saat malam hari. Inilah yang membuat anak terkadang terlihat sangat aktif saat pagi atau siang hari dan mengalami demam saat sore menjelang malam.

3. Peradangan

Hal selanjutnya yang membuat anak mengalami demam pada malam hari saja adalah karena adanya peradangan pada tenggorokan, telinga, maupun pada sinus. Peradangan ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri dan virus, mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan juga kondisi udara yang terlalu lembap.

4. Infeksi Kulit

Anak-anak yang masih berada dalam usia bermain akan cenderung sangat aktif dalam beraktivitas saat pagi maupun siang hari. Terkadang hal inilah yang membuat mereka mudah terluka saat bermain, misalnya karena terjatuh atau tergores benda tajam. Jika lukanya tidak segera dibersihkan dan diobati menggunakan antiseptic maka bisa memicu masuknya virus dan bakteri yang akan menyebabkan Si Kecil mengalami demam saat malam hari. Untuk itu, selalu dampingi anak saat bermain ya, Bunda.

5. Infeksi Saluran Kemih

Anak sering panas gejala apa? Infeksi saluran kemih juga bisa menjadi penyebab anak demam malam hari saja dan biasanya disertai dengan rasa sakit di saluran kemih terutama saat buang air kecil. Pemicunya pun bisa beragam, mulai dari infeksi bakteri akibat tidak membersihkan area kemaluan dengan baik, sering menahan buang air kecil, kurang minum air mineral, hingga penggunaan celana yang terlalu ketat. Jika Si Kecil mulai menunjukkan gejala tersebut, segera periksakan ke dokter ya, Bunda.

 

Cara mengatasi anak demam di malam hari

Banyak cara mengatasi anak demam di malam hari yang bisa Bunda lakukan dengan mudah mulai dengan mengompres anak hingga memberikannya obat penurun panas. Berikut ini berbagai cara mengatasi anak demam di malam hari yang bisa Bunda upayakan agar anak tetap nyaman dan dapat tidur nyenyak, sehingga cepat pulih dari demam.

1. Mengompres Anak dengan Air Hangat

Saat anak demam, mengompresnya menggunakan air hangat seringkali menjadi solusi utama untuk mengatasinya. Hindari untuk mengompres anak menggunakan air dingin atau air es ya, Bunda. Hal ini dikarenakan tubuh akan semakin meningkatkan suhunya dan demam tak kunjung turun.

Baca Juga: cara mengompres anak demam

2. Mengelap Tubuh Anak dengan Air Hangat

Tujuan mengelap tubuh anak yang demam dengan air hangat sama dengan mengompres, saat bersentuhan dengan tubuh, air hangat akan membuat suhu tubuh sedikit menurun. Caranya pun sama dengan mengompres yaitu dengan cara merendam handuk ke dalam air panas. Lalu, mengelap handuk ke kulit tubuh anak.

3. Pakaiakan Baju yang Tipis dan Nyaman

Cobalah untuk memberikan Si Kecil pakaian yang nyaman, berbahan tipis dan mudah menyerap keringat, dan hindari penggunaan topi (kupluk) serta kaos kaki saat anak demam.

4. Berikan Minum Lebih Banyak

Saat tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis suhu tubuh akan meningkat. Hal ini disebabkan tubuh kesulitan mengatur metabolisme dan kesulitan mengatur suhu tubuh.

5. Mengatur Suhu Ruang

Dengan mengatur suhu ruang senyaman mungkin, sehingga anak tidak kedinginan atau kepanasan. Jika Bunda menggunakan kipas angin, hindari mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh Si Kecil karena dapat membuatnya menggigil kedinginan.

6. Pastikan Anak Cukup Istirahat

Memastikan anak untuk istirahat cukup di rumah. Memeriksa kondisi anak secara berkala di malam hari, mulai dari rutin mengukur suhu tubuhnya setiap 30 menit dan amati juga apakah ada gejala penyerta yang dialami Si Kecil saat demam.

7. Menggunakan Bawang Merah

Caranya dengan memarut bawang merah lalu campurkan dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Kemudian, oleskan ke seluruh tubuh anak.

8. Berikan Bodrexin Demam Anak, Obat Penurun Panas

Meski demam adalah hal yang wajar terjadi pada anak, namun jangan sampai hal ini membuat Bunda merasa cuek dan tidak segera mengatasinya, ya. Selain dengan mengompres menggunakan air hangat, segera berikan obat seperti bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet sebagai langkah pertamanya. Dengan begini, Si Kecil bisa tidur dengan nyenyak dan Bunda pun tak lagi harus merasa panik, deh.

cara mengatasi anak demam di malam hari

Hadir dalam varian rasa jeruk manis yang disukai oleh anak-anak dan sudah dikenal serta dipercaya dari generasi ke generasi menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri setelah imunisasi, dan juga sakit kepala Si Kecil berkat kandungan Paracetamol di dalam bodrexin Demam Sirup dan kandungan Acetosal pada bodrexin Tablet. Namun jika panas anak semakin naik hingga lebih dari 38,5 derajat, segera periksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya.

Dapatkan segera rangkaian produk bodrexin dengan lebih aman dan nyaman secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Kemasan botol sirupnya sangat aman, karena terbuat dari botol plastik yang tidak aman kalau disimpan di rumah lho, Bunda.

  BACA JUGA