ARTIKEL

PENTING, INTIP CARA MENGATASI ANAK DEMAM SAAT PERUBAHAN CUACA

Wednesday, 03 March 2021

SHARE      

Penting, Intip Cara Mengatasi Anak Demam Saat Perubahan Cuaca

Anak demam saat perubahan cuaca adalah hal yang cukup membuat sebagian besar orangtua merasa panik. Pasalnya, perubahan cuaca inilah yang membuat udara menjadi lebih lembap dan bisa memicu virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan sangat pesat. Jika sudah begini, risiko terserang penyakit juga menjadi lebih besar, salah satunya adalah demam panas tinggi pada anak. Jika sudah begini, apa yang harus Moms lakukan?

Mengompres Menggunakan Air Hangat

Cara mengatasi anak demam adalah dengan mengompres beberapa bagian tubuh Si Kecil, seperti dahi dan lipatan pembuluh darahnya (lipatan ketiak dan paha) menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Tujuannya adalah agar panas tubuhnya bisa keluar dari pori-pori tubuh. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam satu hari sampai panasnya berkurang.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Meski sedang demam, pastikan untuk selalu mengajak anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama sebelum makan, setelah memegang barang, setelah menggunakan toilet, atau saat kebetulan berada di dekat orang sakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dipercaya sangat ampuh untuk membunuh kuman dan juga virus yang menempel pada tubuh.

Memperhatikan Asupan Nutrisi

Selama demam, biasanya nafsu makan anak akan cukup menurun. Sebagai orang tua, kita harus memutar otak agar anak tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan yang mengandung sayur dan juga konsumsi buah-buaham. tak perlu khawatir, Moms bisa memberikan menu favorit Si Kecil, seperti sop ayam, cream soup, atau beberapa menu lain sesuai keinginannya. Selain itu, pastikan juga untuk memisahkan alat makan untuk Si Kecil dengan anggota keluarga lainnya ya, Moms.

Menjaga Sirkulasi Udara dalam Ruangan

Ruangan dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab demam tinggi pada anak, karena pada kondisi inilah virus dan bakteri bisa berkembang dengan sangat cepat. Oleh karena itu, menjaga sirkulasi udara di dalam kamar Si Kecil adalah hal yang sangat penting. Caranya adalah dengan memasang diffuser atau bisa juga dengan membuka jendela kamar agar Si Kecil tetap bisa menghirup udara segar.

Memberikan Obat Penurun Panas

Usaha lain yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan demam anak adalah dengan memberikannya obat penurun panas seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol yang sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak. Selain menurunkan panas demam, kedua varian ini juga dipercaya mampu meredakan rasa nyeri setelah imunisasi, dan juga sakit kepala Si Kecil berkat kandungan Paracetamol di dalamnya.

Hadir dalam rasa jeruk manis yang disukai anak-anak, momen minum obat anak jadi makin menyenangkan deh, Moms. Oh iya, bisa diminum sebelum makan juga, lho! Yuk, lengkapi persediaannya di rumah dengan cara membelinya secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia,Blibli dan Lazada Gampang banget!

  BACA JUGA

3 Tips Agar Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak

Bingung bagaimana Si Kecil Mau Minum Obat Herbal Batuk Berdahak untuk Anak? Tak perlu bingung, Moms. Yuk, coba beberapa tips berikut ini.

Artikel26/05/2021

5 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami. Mana yang Ingin Moms Coba?

Mengatasi batuk pada anak secara alami seringkali dijadikan solusi utama bagi kaum orang tua karena dianggap tidak memberikan efek samping yang membahayakan.

Artikel18/05/2021

Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Ramuan Herbal Batuk Kering untuk Anak, Apa Saja Ya?

Meracik sendiri ramuan herbal batuk kering dan berdahak untuk anak. Apa saja ya bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk anak?

Artikel10/05/2021